Ingin Menguras Air Radiator Toyota Avanza Veloz Dengan Mudah Begini Caranya!

17/12/2018

Menjaga kondisi mobil merupakan salah satu hal wajib yang perlu dilakukan pemiliknya. Jika tidak maka kondisinya akan kurang maksimal dan beresiko menyebabkan kerusakan. Salah satu mobil yang cukup laris di pasaran adalah Avanza Veloz. Kendaraan ini besutan Toyota dan masuk dalam segmen MPV. Dalam melakukan perawatan, menguras air radiator Toyota Avanza Veloz juga diperlukan.

Seiring dengan pemakaian, maka lama kelamaan air radiator akan habis masa pakai juga. Jika dibiarkan tanpa adanya pergantian maka dapat menjadikan performa mobil menurun. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah menguras air radiator Toyota Avanza Veloz.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Veloz

Radiator pada mobil bertugas mendinginkan mesin kendaraan

Dalam melakukan pengurasan tidak boleh dilakukan sembarangan. Pasalnya terdapat langkah-langkah yang harus dijalankan supaya dapat berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan masalah. Apalagi untuk mobil jaman sekarang sudah mempunyai katup yang berguna untuk mengeluarkan udara yang berada dalam sistem. Untuk mobil Toyota yang sudah memilikinya adalah Avanza Veloz dan juga Toyota Calya.

Dalam menguras air radiator Toyota Avanza Veloz perlu dilakukan setelah mobil menempuh jarak 80 ribu km. Untuk ukuran tersebut sebenarnya tidak angka yang pasti tergantung jalanan yang sering dilalui dan juga sering atau tidaknya kendaraan digunakan. Apabila jalanan yang dilewati sering macet, maka melakukannya bisa lebih dipercepat.

Gambar ini menunjukkan tutup pembuangan air radiator Toyota Veloz

Keluarkan air radiator dengan membuka tutup model kupu-kupu di bagian bawah kendaraan

Selain masalah tersebut, dalam menggunakan air radiator tidak boleh sembarangan. Hal tersebut juga disarankan oleh Almus Hidayat selaku Sales Manager PT Welty Mega Sejahtera juga merupakan distributor Wealthy yang punya varian Radiator Coolant Hybrid.

“Setidaknya harus anti-korosi untuk mencegah karat, plus ramah lingkungan karena akan terbuang di saluran air,” saran nya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Lantas bagaimana cara untuk menguras air radiator Toyota Avanza Veloz? Mari kita simak ulasannya di bawah:

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuang atau mengeluarkan air radiator terlebih dahulu. Untuk caranya dengan membuka tutup yang mempunyai model kupu-kupu yang terletak di bagian bawah sebelah kanan. Tutup tersebut dapat dilihat dengan jelas dari arah depan. Dalam proses pembukaan dalam kondisi mesin dingin demi keamanan. Karena jika panas maka beresiko air panas akan menyemprot. Setelah itu dilanjutkan dengan membuka tutup radiator. Tujuannya adalah agar air di dalam dapat keluar dengan maksimal. Jika masih ada air yang menetes biarkan saja hingga benar-benar habis.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang memegang tutup radiator mobil Avanza Veloz

Agar air radiator dapat keluar dengan meksimal buka juga tutup radiator

>>> Lihat juga, Mengetahui Perbedaan Toyota Avanza Semua Tipe Yang Perlu Diperhatikan

Jika sudah tidak ada air yang menetes, dilanjutkan dengan menutup kembali tutup model kupu-kupu tempat pembuangan air. Barulah diisikan radiator coolant yang memang dikhususkan. Tidak disarankan menggunakan air keran supaya hasil lebih maksimal. Dalam pengisian tuangkanlah sampai air memenuhi bibir radiator kemudian ditutup. Biasanya untuk radiator coolant ukuran 5 liter akan menyisakan sedikit dalam botol.

Setelah itu nyalakan mesin supaya hangat atau hingga kipas pendingin mulai menyala. Tujuannya adalah supaya air radiator dapat melakukan sirkulasi dengan sempurna yang berhubungan dengan air radiator dalam water jacket.

Dilanjutkan dengan memastikan bahwa sudah tidak terdapat angin yang masuk menuju sistem. Caranya dengan membuka tutup kupu-kupu yang lokasinya berada di dekat intake, tepatnya di bawah boks filter udara. Kemudian sobat dapat menginjak pedal gas agar air radiator dapat bersirkulasi dengan baik, dalam hal ini lakukan sampai air yang keluar sudah tidak dibarengi dengan gelembung udara.

>>> Baca juga, Beberapa Tips Mencegah Kebocoran Radiator Pada Mobil

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang mengisi air radiator pada mobil

Gunakan cairan coolant khusus untuk kinerja maksimal

Untuk memastikan air radiator tidak berkurang atau dalam volume maksimal, maka dinginkan mesin kembali dan buka tutup radiator. Jika berkurang isi kembali sampai penuh dan tutup rapat-rapat radiator. Jangan lupa mengisikannya ke bagian tabung reservoir sampai batas maksimal yang biasanya telah diberi tanda, ikuti saja batas maksimal jangan diisi sampai penuh.

Demikianlah informasi tentang cara menguras air radiator Toyota Avanza Veloz. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Melihat Beberapa Keunggulan TNGA Pada Mobil Toyota

    Melihat Beberapa Keunggulan TNGA Pada Mobil Toyota

    Abdul

    Terdapat keunggulan TNGA pada mobil Toyota yang perlu diketahui pemiliknya. Selain untuk menambah wawasan juga meyakinkan penggunanya terkait keunggulan yang dimiliki mobilnya. Dengan begitu pemilik akan merasa bangga dengan mobil yang dimiliki.

  • Beberapa Fitur Safety Mobil Toyota Bantu Kendalikan Mobil Saat Berkendara

    Beberapa Fitur Safety Mobil Toyota Bantu Kendalikan Mobil Saat Berkendara

    Abdul

    Mobil memiliki beragam fitur mumpuni di dalamnya. Semakin berkembangnya zaman, teknologi semakin canggih dan fitur jadi modern. Kemudahan bisa didapatkan dengan dukungan tersebut. Bahkan saat ini sudah ada fitur safety mobil Toyota yang dapat bantu mengendalikan mobil.

  • Ingin Membeli Toyota Vios Gen 1, Ketahui Hal Ini Terlebih Dahulu

    Ingin Membeli Toyota Vios Gen 1, Ketahui Hal Ini Terlebih Dahulu

    Abdul

    Sebelum membeli mobil Toyota Vios gen 1 diharapkan memperhatikan beberapa hal. Tujuannya supaya tidak kecewa ketika telah deal dan membawa pulang. Selain itu bisa juga sebagai salah satu penekanan supaya benar-benar yakin dengan pilihannya.

International