Ingin Mengganti Ban Baru! Berikut Strateginya Yang Disesuaikan Dengan Budget

03/08/2018

Komponen pada Mobil tidak akan selamanya digunakan, karena tentu mempunyai batas masa pakai. Begitu juga dengan ban Mobil yang lama kelamaan akan aus dan gundul. Jika sudah begitu maka melakukan pergantian dengan yang baru perlu dilakukan supaya dapat berkendara lebih nyaman dan aman. Namun jika mengganti ban baru langsung 4 sekaligus akan memerlukan biaya yang besar.

Jika dilihat dari segi keidealan memang mengganti ban baru harus semuanya, baik pada bagian depan ataupun belakang. Namun jika dana yang dipunya tidak mencukupi, maka bisa merepotkan apabila harus mengganti semuanya. Akan tetapi mengganti sepasang adalah solusi yang disarankan.

Berdasarkan mitos yang beredar, ketika melakukan pergantian ban sepasang sebaiknya ditempatkan di bagian poros roda depan. Adapun alasannya adalah ban depan merupakan poros kemudi yang digunakan untuk mengontrol arah laju Mobil seperti misalnya membelok. Sehingga ban depan memerlukan daya cengkram dan grip yang lebih baik.

Gambar ini menunjukkan tumpukan ban dengan model sama dan terlihat dibelakang senya sebuah Mobil tanpa ban

Ban Mobil yang masih baik akan menambah kenyamanan dan juga lebih stabil saat berkendara

Akan tetapi mitos tersebut terbilang kurang pas, namun hal tersebut juga tidak sepenuhnya salah. Dalam melakukan pergerakan, laju Mobil tidak hanya berpacu pada roda depan saja. Faktor lain juga ambil bagian dalam hal ini seperti misalnya jalanan yang dilewati, perilaku berkendara, berat kendaraan dan lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tips dan trik yang bermanfaat lainnya

Dalam mengganti ban baru pada kendaraan alangkah baiknya jika pergantian dilakukan pada ban belakang. Hal ini dilakukan supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat roda bagian belakang memerlukan gigitan yang lebih ketika melakukan manuver. Sebagai contoh saat melintasi jalanan yang agak licin dan ban depan masih bagus sedangkan belakang sudah gundul. Dengan begitu akan sangat membahayakan jika tidak ada gigitan pada ban belakang.

Dengan ban belakang yang masih dalam kondisi bagus, tentunya terjadinya Mobil sliding dapat diminimalisir, mengingat hal ini dapat menjadikan Mobil hilang kendali. Namun apabila diperkenankan memberi saran, alangkah baiknya menyediakan budget untuk melakukan penggantian ban secara menyeluruh. Dengan begitu perjalanan tetap aman dan nyaman tanpa ada kekhawatiran terjadi masalah yang disebabkan karena ban gundul.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi harga Mobil terbaru segala merek yang ditawarkan oleh Cintamobil.com

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang mengencangkan baut rida dengan alat khusus

Jika membeli ban Mobil hanya sepasang disarankan memasangnya di poros belakang terlebih dahulu

Memang harga untuk mengganti ban baru secara keseluruhan membutuhkan budget yang tidak sedikit. Namun jika belum mencukupi, membeli ban vulkanisir bisa dijadikan alternatif. Namun dalam pemilihan ban vulkanisir juga tidak boleh sembarangan. Pastikan bahwa ban vulkanisir memiliki kualitas yang tinggi serta pengerjaannya dilakukan oleh perusahaan ternama yang telah menggunakan peralatan lengkap dan juga modern. Dengan begitu kondisi ban akan lebih baik jika dibandingkan dengan penjual ban vulkanisir di pinggir jalan.

Dalam penggunaan ban vulkanisir perlu memperhatikan beberapa hal, seperti misalnya kekuatannya yang hanya mencapai 2/3 saja jika dibandingkan dengan ban baru. Penggunaannya juga dilakukan hanya sementara sambil menunggu uang terkumpul untuk membeli ban baru dengan kualitas yang bagus. Jika sudah mencukupi sebaiknya langsung digunakan membeli ban dalam kondisi baru, jangan menunggu sampai ban vulkanisir gundul demi langkah keamanan dan kenyamanan.

>>> Mungkin tertarik, Ingin Ban Mobil Toyota Tetap Prima, Perhatikan Hal Berikut Ini

Gambar ini menunjukkan 5 buah ban Mobil dengan model yang berbeda sedang tergeletak berjejeran

Memilih ban vulkanisir bisa menjadi alternatif dalam mengganti ban Mobil sebelum mencukupi untuk membeli yang baru

Pada saat berkendara menggunakan ban vulkanisir, sangat disarankan untuk tidak melakukan akselerasi yang tidak penting. Selan itu perhatikan juga laju kendaraan, sebaiknya mengurangi kecepatan jangan terlalu memacu kendaraan seperti saat menggunakan ban baru. Pasalnya saat menggunakan ban vulkanisir kenyamanan akan berkurang  dan kestabilan juga berkurang.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai strategi mengganti ban baru sesuai budget. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ingin beli Mobil bekas dengan harga bagus, kunjungi situs jual beli Cintamobil.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mobil Terjadi Masalah Di Jalan Tol, Lakukan Hal Ini

    Mobil Terjadi Masalah Di Jalan Tol, Lakukan Hal Ini

    Abdul

    Jalan tol menjadi pilihan favorit masyarakat yang ingin bepergian dengan jarak cukup jauh. Selain bisa lebih cepat, kondisi jalan juga baik dan nyaman saat dilewati. Namun masalah di jalan tol kadang bisa terjadi tanpa diketahui kapan dan lokasi tepatnya, yang pasti kita harus lebih waspada.

  • Mengatur Rencana Keuangan, Tips Memasukkan Asuransi Mobil Di Dalamnya

    Mengatur Rencana Keuangan, Tips Memasukkan Asuransi Mobil Di Dalamnya

    Abdul

    Kebutuhan sehari-hari kadang menuntut kita untuk mengeluarkan setiap harinya. Hal tersebut terbilang wajar karena memang kebutuhan haruslah didahulukan. Namun yang perlu jadi pertimbangan adalah pengeluaran lain selain kebutuhan ekonomi keluarga. Jadi sebuah keluarga perlu mempunyai rencana keuangan supaya dapat teratur dan cukup untuk semua kebutuhan.

  • Antisipasi Bahaya Aquaplaning Saat Melintasi Genangan Air, Lakukan Hal Berikut!

    Antisipasi Bahaya Aquaplaning Saat Melintasi Genangan Air, Lakukan Hal Berikut!

    Fatchur Sag

    Bahayanya Aquaplaning saat melintasi genangan air, bikin mobil kehilangan kontrol hingga terjadi kecelakaan fatal. Lakukan langkah-langkah berikut untuk menghindarinya!