Ingin Memperbaiki Motor Pintu Geser Toyota Alphard 2004, Ini Penjelasannya!

04/01/2019

Mobil merupakan tunggangan yang sangat nyaman, apalagi dengan fitur modern tentu akan membuat pengemudi dan penumpangnya betah berada di dalam kendaraan. Selain itu, dengan fitur mumpuni segala kemudahan akan didapatkan. Seperti pada Toyota Alphard yang memiliki pintu geser untuk memudahkan penumpang untuk keluar masuk ke dalam kendaraan. Namun masalah kadang terjadi seperti pada motor pintu geser Toyota Alphard 2004.

Toyota Alphard 2004 merupakan salah satu kendaraan yang cukup nyaman dan banyak diminati. Dengan adanya fitur pintu geser memungkinkan penumpang keluar masuk meskipun berada di parkiran yang sempit. Dalam fitur ini terdapat motor pintu geser Toyota Alphard yang kadang kala bisa mengalami kerusakan. Biasanya terjadinya hal tersebut dikarenakan oleh kondisi motor yang sudah lemah dan perlu dilakukan penggantian dengan yang lebih berkualitas (genuine).

Gambar ini menunjukkan Toyota Alphard warna putih tampak samping

Toyota Alphard merupakan mobil mewah dengan fitur mumpuni

Jadi biasanya hal ini terjadi karena penggunaan motor pintu geser yang tidak genuine. Dengan beberapa kali pemakaian lama kelamaan pintu geser akan terlihat bergerak lambat dan kondisi motor menjadi panas ketika disentuh. Nah jika begitu, pemilik harus mengetahui gejala motor yang lemah. Sehingga dapat segera dilakukan perbaikan dan penggantian dengan yang lebih bagus.

>>> Baca Juga, Tips Merawat AC Toyota Alphard Agar Tetap Bekerja Dengan Maksimal

Berikut ini merupakan beberapa gejala motor sliding door yang biasanya dialami oleh Toyota Alphard.

  • Pintu geser bergerak lebih lambat.
  • Ketika posisi pintu berada di tengah dan agak ke depan, maka pintu akan bergerak ke depan dan kadang ke belakang saat dioperasikan memakai remote.
  • Ketika motor sliding door dalam kondisi lemah, maka dapat berakibat pintu mobil tidak dapat melepaskan diri dari lock yang berada di bagian bawah. Untuk membukanya dengan menahan handle sebentar sampai lock bagian bawah dapat terlepas dari lock. Barulah setelah terlepas pintu Toyota Alphard dapat digeser.

Gambar ini menunjukkan Toyota Alphard dan terdapat 2 orang satu pria dan satu wanita di dalam mobil

Fitur pintu geser memudahkan penumpang untuk keluar masuk kendaraan

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Selain itu, akibat motor pintu geser Toyota Alphard yang lemah dapat menimbulkan beberapa masalah. Adapun masalah tersebut seperti ketika pintu dalam kondisi tertutup dan mau dilakukan pembukaan baik dengan cara manual ataupun memakai tombol remote sliding door malah bergerak maju. Begitu juga ketika pintu dalam kondisi terbuka dan akan dilakukan penutupan, pintu geser malah bergerak ke belakang.

Perlu diketahui, bahwa motor yang dimiliki Toyota Alphard jumlahnya ada 5 buah. Dari kelima buah motor tersebut mempunyai fungsi masing-masing yang berupa:

1. Untuk mengunci pintu  mobil dari central lock yang letaknya berada di bawah handle.

2. Untuk mengoperasikan handle saat ingin mengendalikan pintu mobil dengan memakai remote. Untuk letaknya berada di bawah dan agak ke depan di bagian pintu mobil.

3. Untuk power window supaya tidak dapat dilihat dari bagian luar.

4. Untuk mengendalikan pintu geser seperti memajukan  dan memundurkannya.

5. Untuk mengunci pintu pada bagian belakang ketika pintu dilakukan penutupan yang menjadi satu dengan lock Assy.

Pada kelima motor yang fungsinya telah disebutkan di atas, terdapat satu motor yang bertugas untuk sliding. Apabila tenaga motor ini kurang maka akibatnya adalah urutan dari kerja sliding menjadi tidak bekerja dengan baik seperti seharusnya.  Meskipun sebenarnya terdapat beberapa penyebab yang bisa membuat pintu geser error atau macet, namun yang paling sering adalah karena motornya.

>>> Baca Juga, Cara Sederhana Merawat Pintu Geser Toyota

Gambar ini menunjukkan salah satu komponen dari pintu geser mobil Toyota Alphard

Toyota Alphard 2004 memiliki 5 motor dengan fungsi yang berbeda

Untuk masalah motor pintu geser Toyota Alphard bisa dilakukan perbaikan. Apabila dilihat dari fisiknya carbon brush terbilang cukup bagus. Pada bagian lilitan atau gulungan kawat email rotor juga terlihat cukup baik. Dalam hal ini maksudnya tidak ada perbedaan dari segi warnanya dan tidak memiliki short antara inti besi rotor dengan kawat. Akan tetapi apabila pada sambungan antara komutator dan kawat terlihat gosong karena disebabkan oleh panas, maka itu bisa menjadi tanda bahwa bagian tersebut tidak terhubung dengan cukup baik.

Untuk langkah memperbaikinya adalah dengan merapatkan sambungan antara komutator dengan kawat email. Tujuannya adalah supaya arus listrik yang mengalir menjadi lebih maksimal dan motor pintu geser Toyota Alphard dapat kembali melakukan tugasnya dengan baik.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

 

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca