Ingin Membeli Toyota Vios Gen 1, Ketahui Hal Ini Terlebih Dahulu

27/11/2020

Sebelum membeli mobil Toyota Vios gen 1 diharapkan memperhatikan beberapa hal. Tujuannya supaya tidak kecewa ketika telah deal dan membawa pulang. Selain itu bisa juga sebagai salah satu penekanan supaya benar-benar yakin dengan pilihannya.

Toyota Vios pertama kali dihadirkan untuk menggantikan Soluna pada tahun 2003. Pertama kali datang ke Indonesia mengandalkan mesin 1NZ-FE 1.500 cc yang mendapatkan 2 pilihan transmisi yakni otomatis 4 speed dan manual 5 speed. Untuk tipenya ada E dan G. Sobat juga bisa membeli Toyota Vios Gen 1 dengan harga yang terjangkau.

Untuk generasi pertamanya ini menggunakan kode XP40 yang menunjukkan aksinya sampai tahun 2007. Setelah itu dihadirkan generasi keduanya. Sedikit sejarah tentang Vios generasi awalnya ini, pertama kali muncul untuk menggantikan Soluna dan tahun 2006 mendapatkan facelift dengan penyegaran pada sisi lampu dan grill nya. Untuk model 2007 merupakan model change kemudian digantikan dengan generasi kedua.

Gambar ini menunjukkan Toyota Vios generasi pertama tampak depan

Sebelum beli Toyota Vios generasi pertama ada yang perlu diketahui

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil Toyota Vios generasi pertama:

1. Riwayat Servis

Dari segi perawatan, Vios generasi pertamanya ini tidak terlalu rumit dalam perawatan. Namun jika ada rekam jejaknya dalam hal perawatan maka menjadi salah satu bukti bahwa kondisinya terawat.

2. Suspensi

Hal selanjutnya yang menjadi perhatian saat membeli Toyota Vios Gen 1 adalah suspensinya.Diambil dari beberapa sumber, untuk soal Toyota Vios generasi pertama kurang begitu kokoh. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa mobil tersebut rentan muncul suara berisik dari bagian suspensi depan meskipun pemakaian normal. Bila secara menyeluruh, suspensi yang dimiliki tergolong keras. Jadi Sobat perlu memperhatikan bagian suspensinya ketika berniat membeli mobil besutan Toyota satu ini.

>>> Baca Juga, Tiga Hal Teknis Ini Membuat All New Toyota Vios E CVT 2019 Lebih irit

GFambar ini menunjukkan interior Toyota Vios generasi pertama

Panel instrumen berada di bagian tengah dashboard

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

3. Dashboard Mobil

Pada bagian dashboard mobil menggunakan center cluster. Yang mana di bagian panel instrumennya ditempatkan di bagian tengah. Ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri, untuk kelebihan mempunyai visibilitas yang lebih baik. Sementara kekurangannya adalah perlu melirik  ketika ingin melihat informasi di panel instrumen.

4. Penggunaan Bahan Bakar

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika membeli Toyota Vios Gen 1 adalah bahan bakarnya yang tergolong hemat. Dari segi mesin sama dengan yang dimiliki oleh Yaris, namun soal bahan bakar lebih bersahabat Vios.

>>> Baca Juga, Tips Modifikasi Toyota Vios Keren Tapi Aman

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Vios Gen 1

Sampai saat ini mobil Vios gen 1 masih memiliki cukup banyak peminat

5. Odometer

Bagian odometer menjadi salah satu pertimbangan saat membeli mobil ini. Mengingat umurnya yang sudah cukup tua dan hemat bahan bakar, tentunya mobil ini akan dipakai sebagai kendaraan keseharian. Oleh sebab itulah biasanya mobil bekas sudah memiliki total kilometer yang sudah dicapai cukup banyak. Meskipun begitu, jika perawatan dilakukan dengan baik maka bukan tidak mungkin mendapatkan mobil dengan kondisi yang baik. Dengan begitu, saat membeli Toyota Vios Gen 1 perlu pengecekan dengan seksama.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Merawat Mesin Diesel Modern Toyota Tidak Rumit, Begini Tipsnya

    Merawat Mesin Diesel Modern Toyota Tidak Rumit, Begini Tipsnya

    Abdul

    Mesin mobil ada yang menggunakan mesin diesel dan juga konvensional. Untuk mesin diesel berbahan bakar solar sementara mesin konvensional menggunakan bensin. Meskipun begitu semuanya membutuhkan perawatan. Nah kali ini kami akan memberikan informasi mengenai tips merawat mesin diesel modern Toyota agar dapat bekerja dengan optimal.

  • Mengenal Komponen Bahan Bakar Dan Kontrol Mesin Diesel Common Rail Toyota

    Mengenal Komponen Bahan Bakar Dan Kontrol Mesin Diesel Common Rail Toyota

    Abdul

    Terdapat beberapa komponen yang mendukung kinerja dari mesin diesel common rail Toyota. Tentunya komponen-komponen tersebut memiliki fungsi masing-masing sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi pengendara yang sedang mengendalikannya. Dengan fungsi saling berhubungan membuat kinerja mesin jadi optimal.

  • 2 Hal Penting Merawat Toyota Corona Yang Kadang Disepelekan

    2 Hal Penting Merawat Toyota Corona Yang Kadang Disepelekan

    Abdul

    Bukan membahas tentang Corona yang menjadi pandemi tapi kali ini kami memberikan info tentang merawat Toyota Corona. Yang mana mobil ini merupakan kendaraan sedan lawas yang terkenal akan kelebihan yang dimiliki. Produksinya berhenti sudah lama yakni tahun 1998 dan digantikan oleh Camry yang sama-sama terkenal dengan fitur yang diberikan.

International