Ingin Membeli Toyota Etios Valco Bekas, Begini Tipsnya!

12/01/2019

Membeli mobil bekas Toyota Etios Valco bisa menjadi salah satu pilihan buat sobat yang memiliki budget pas-pasan. Mobil ini dihadirkan pada tahun 2012 dengan masuk kategori jenis small hatchback. Jika ingin membelinya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, tidak boleh sembarangan asal membeli karena bisa menimbulkan kekecewaan di kemudian hari. Sobat bisa melihat tips membeli Toyota Etios Valco bekas yang akan kami berikan informasinya pada segmen kali ini.

Toyota Etios Valco dihadirkan di Indonesia dengan 3 varian oleh PT. Toyota Astra Motor yakni J, G dan E. Jika dilihat pada bagian eksteriornya terlihat biasa saja, malahan tertuju pada desain yang klasik. Untuk lampu utama dibuat berbentuk bulat besar. Untuk bodinya juga terlihat besar jika dibandingkan dengan mobil lain dalam kelasnya. Berikut ini merupakan beberapa tips membeli Toyota Etios Valco bekas yang dapat dijadikan pertimbangan.

1. Cek Eksterior dan Interior

Gambar ini menunjukkan bagian depan Toyota Etios Valco warna silver

Toyota Etios Valco merupakan mobil Hatchback harga terjangkau dan cukup nyaman

Saat menemukan Toyota Etios Valco bekas sebaiknya memeriksanya terlebih dahulu sebelum memastikan membeli mobil bekas. Tampilan mobil juga berpengaruh dengan kehidupan keseharian. Jika bagian eksterior maupun interior masih bagus dan layak, maka sobat tidak perlu melakukan beberapa ubahan ataupun modifikasi.

>>> Lihat Juga, Jangan Takut, Begini Tips Melewati Tanjakan Ekstrim Dengan Mobil Toyota Matik!

2. Melakukan Test Drive

Toyota Etios Valco mengandalkan mesin dengan kapasitas 1.197 cc yang berkonfigurasi dengan 4 silinder. Mengandalkan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 79 dk dan torsinya mencapai 104 Nm. Untuk pedal gas yang dimiliki terbilang lumayan dalam. Jadi jika berniat membelinya dalam kondisi bekas sebaiknya melakukan test drive terlebih dahulu untuk merasakan secara langsung kondisi kendaraannya. Cobalah melewati tanjakan dan turunan agar diketahui performa yang dimiliki, apakah masih bagus atau tidak.

3. Cek Kondisi Wiper Belakang

Gambar Ini menunjukkan bagian belakang Toyota Etios Valco warna biru dan terlihat wiper belakang

Jika wiper belakang berdenyit maka bisa jadi karetnya yang rusak

Selanjutnya adalah dengan memeriksa kondisi wiper mobil baik pada bagian depan ataupun belakang. Hanya saja bagian yang sering bermasalah adalah wiper belakang. Cobalah memeriksanya dengan menggerakkan, apakah muncul suara berdecit atau tidak. Jika ternyata saat diaktifkan muncul suara berdecit, hal tersebut menandakan bahwa perlu dilakukan penggantian karet wiper.

>>> Lihat Juga, Beberapa Pengecekan Pada Komponen Toyota Etios Valco Ala Komunitas

4. Cek Bahan Bakar

Tips membeli Toyota Etios Valco bekas selanjutnya adalah dengan memeriksa bahan bakar yang dipakai. Pasalnya untuk Toyota etios Valco telah memakai teknologi yang cukup modern, sehingga untuk bahan bakar yang digunakan adalah tanpa timbal. Hal tersebut sangat direkomendasikan, karena berkaitan dengan performa mobil.

Apabila memakai bahan bakar dengan RON yang berada di bawah 92 maka dapat beresiko menyebabkan gangguan pada kinerja mesin. Oleh sebab itu tidak ada salahnya menanyakan secara langsung kepada penjual mengenai bahan bakar yang diisikan. Untuk  minimal RON yang disarankan adalah 90.

>>> Cari Mobil bekas Toyota, lihat di sini siapa tahu ada yang cocok

5. Cek Kelengkapan Surat

Gambar ini menunjukkan BPKB dan STNK yang diletakkan di atas keyboard

Kelengkapan dokumen merupakan salah satu hal yang wajib pada kendaraan

Setelah semuanya dipastikan baik, selanjutnya adalah memeriksa dokumen Toyota Etios Valco yang dimiliki. Jika tidak ada maka akan sangat merepotkan, karena jika ada operasi bisa dianggap sebagai barang curian dan dapat dipidanakan. Oleh sebab itu sangatlah penting dalam pemeriksaannya, pastikan nama  dan nomor rangka serta plat sama antara mobil dan STNK serta BPKB. Selain itu periksa keasliannya dan pajak masih jalan supaya tidak repot untuk pengurusan pajak lainnya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips membeli Toyota Etios Valco bekas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ingin beli Mobil bekas dengan harga bagus, kunjungi situs jual beli Cintamobil.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Bisa Saja, Begini Menghilangkan Lecet Pada Bumper Toyota Agya Dengan Mudah

    Bisa Saja, Begini Menghilangkan Lecet Pada Bumper Toyota Agya Dengan Mudah

    Abdul

    Berkendara menggunakan mobil tidak sepenuhnya mulus tanpa hambatan. Kadang kita temui kondisi yang tidak terduga seperti kemacetan ataupun jalanan yang rusak. Umumnya yang bikin geram adalah terjadi kemacetan yang panjang dan jarak antara kendaraan yang minim. Resiko yang kadangkala terjadi adalah bersenggolan antar kendaraan. Tentunya hal tersebut bisa berakibat lecet pada bumper mobil. Bagi pemilik Agya jangan khawatir, terdapat beberapa tips untuk menghilangkan lecet pada bumper Toyota Agya.

  • Merawat Velg Mobil Toyota Itu Mudah, Begini Caranya!

    Merawat Velg Mobil Toyota Itu Mudah, Begini Caranya!

    Abdul

    Velg mobil merupakan bagian yang merupakan tempat dari ban mobil. Bagian ini berhubungan dengan as roda yang menjadikannya dapat berputar bersama ban sesuai dengan irama mesin. Merawat velg mobil Toyota sangatlah diperlukan, supaya kondisinya lebih awet dan tidak mudah rusak.

  • Oh Ini Alasan Toyota Sienta Disukai Oleh Mamah Muda

    Oh Ini Alasan Toyota Sienta Disukai Oleh Mamah Muda

    Abdul

    Mobil merupakan tunggangan yang nyaman bagi siapa saja. Bahkan sekarang tidak peduli laki-laki atau perempuan bisa memilikinya dan mengemudikannya di jalanan. Terdapat banyak macam kendaraan yang dijual dari mulai keluaran lama hingga terbaru. Tidak hanya itu saja, tahukah sobat bahwa Toyota Sienta disukai oleh mamah muda.