Ingin Membeli Toyota Avanza Generasi Pertama, Baca Panduan Ini Terlebih Dahulu

09/10/2019

Pastinya Sobat semua tahu dengan mobil sejuta umat di Indonesia, yap benar Toyota Avanza. Sejak peluncuran perdananya di tahun 2003 dan menjadi model tahun 2004, mobil dalam segmen LMPV tersebut telah memikat hati masyarakat. Bagi Sobat yang ingin membeli Toyota Avanza generasi pertama, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Perlu diketahui, mobil ini terkenal tahan banting. Produknya disukai dari masyarakat pedesaan dan perkotaan, meskipun ada yang kurang suka dengan mobil ini, namun hal tersebut wajar. Keiritan bahan bakar dan harga jual yang stabil menjadi nilai plus untuk mobil ini. Memang pada tahun 2011 telah berhenti, namun masih banyak yang ingin membeli Toyota Avanza generasi pertama.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Avanza 2003 tampak samping dan belakang

Sejak pertama diluncurkan Toyota Avanza memiliki banyak penggemar

>>> Baca Juga, Ternyata Ini Alasan Bantingan Suspensi New Toyota Avanza Lebih Lembut Dari New Toyota Veloz

Untuk Toyota Avanza Gen 1 dibekali dengan 2 pilihan mesin yang berkapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc. Mesin pertama menggunakan tipe K3-VE 1.300 cc. Tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 94 PS/6.000rpm, sedangkan torsi puncak yang dihasilkan adalah 120 Nm/4.400 rpm. Sementara untuk mesin kedua yang menggunakan tipe 3SZ-VE 1.500 cc mempunyai tenaga maksimal adalah 109 Ps/6.000 rpm.

Hal yang perlu diperhatikan saat membeli Toyota Avanza generasi pertama

Selain mesin, Avanza Gen 1 juga memiliki 2 pilihan trim yakni E dan G serta ada satu lagi limited edition yakni tipe S. Pada saat membeli Toyota Avanza generasi pertama, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tujuannya adalah supaya mendapatkan mobil yang benar-benar dalam kondisi baik.

1. Riwayat Servis

Toyota Avanza tergolong mobil yang tidak rumit dalam perawatan. Akan tetapi servis record dapat dijadikan nilai tersendiri yang menunjukkan bahwa mobil dalam kondisi yang baik.

“Setidaknya selama 3 tahun pertama terpantau bahwa mobil tersebut dirawat dengan baik oleh bengkel resmi,“ sebut M Hamid selaku staf Service Advisor Tunas Toyota, Jatiwaringin, Jakarta Timur.

2. Odometer

Toyota Avanza merupakan salah satu mobil yang konsumsi bahan bakarnya irit dan juga tahan banting. Sehingga banyak yang menggunakan mobil ini untuk digunakan bepergian dengan jarak yang jauh. Saat membeli Toyota Avanza generasi pertama sebaiknya perhatikan odometer. Apabila jumlah pada odometer semakin banyak maka menandakan mobil Avanza semakin capek. Jadi usahakan mendapat mobil dengan jarak tempuh yang sedikit.

3. Interior

Memang mobil Toyota Avanza Gen 1 bahan material pada interiornya tergolong bukan yang terbaik. Bahkan pada beberapa bagian di interior mudah patah seperti pada kisi-kisi AC mobil. Meskipun begitu, saat ingin membeli mobil Avanza generasi pertama sebaiknya memilih mobil yang kondisi interiornya masih baik.

>>> Ingin membeli atau menjual Toyota Avanza? Simak harga pasarannya di sini

Gambar ini menunjukkan mesin Toyota Avanza 2003

Hadir 2 pilihan mesin untuk memenuhi kebutuhan berkendara

4. Mesin

Salah satu faktor penting pada kendaraan adalah mesin. Jadi saat membeli mobil pastikan mesinnya masih bagus dan tidak ada suara yang mencurigakan keluar dari bagian mesin. Pastikan juga bahwa tidak ada kebocoran dari bagian mesin, karena jika ada bisa jadi ada masalah yang perlu segera ditangani. Kebocoran biasanya akan ditunjukkan dengan menetesnya oli dari bagian mesin.

>>> Ternyata ini dia fungsi tersembunyi dari coakan pelek di Toyota Avanza 1.5 G dan Toyota Veloz

Sebelum memutuskan membeli Toyota Avanza generasi pertama, sebaiknya ketahui dahulu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Berikut diantaranya:

Kelebihan

  • Double blower kecuali tipe E
  • Irit bahan bakar
  • Harga jual stabil
  • Sparepart mudah ditemukan
  • Desain tidak membosankan
  • Kabin cukup lega
  • Tampilan interior tidak ketinggalan jaman
  • Mesin tangguh dan kaki-kaki kokoh

Kekurangan

  • Minim fitur keselamatan
  • Pelat bodi cukup tipis
  • Suspensi limbung tidak nyaman
  • Kursi belakang sempit                                                       

Hal yang perlu diwaspadai saat akan membeli mobil Avanza Gen 1

Ketika telah mengetahui kelebihan dan kekurangan, masih ada hal yang perlu diwaspadai saat akan membeli mobil Avanza Gen 1 berupa:

1. Bodi Mobil

Bodi mobil Avanza Gen 1 terbilang tipis, sehingga saat penyok karena tertabrak atak menabrak maka untuk perbaikannya tergolong sulit ke posisi semula.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan interior dashboard dan kemudi Toyota Avanza 2003

Fitur mumpuni di jamannya sehingga banyak yang tertarik

2. Odometer

Ketika mendapat odometer yang angkanya sedikit jangan girang dulu. Periksalah pada bagian odometer apakah ada bekas congkelan atau hal yang mencurigakan. Karena salah satu reputasi yang dimiliki mobil ini adalah odometer yang dimanipulasi. Periksa juga pada bagian-bagian yang kerap digunakan seperti pada pedal dan juga tuas transmisi.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang tips membeli Toyota Avanza generasi pertama. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Simak juga tips dan trik menarik lainnya hanya di Konsultan Mobil HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca