Ingin Beli Aki Mobil Toyota Avanza, Ini Pilihan Dan Harganya

21/02/2021

Terdapat beragam jenis aki mobil yang dijual di pasaran. Nah dalam pembelian perlu menyesuaikan dengan kendaraan dan rekomendasi pihak pabrikan. Pasalnya dengan pemilihan aki mobil yang tepat maka kinerja mobil jadi maksimal. Nah pada pembahasan kali ini mengenai Avanza, untuk pilihan aki mobil Toyota Avanza cukup banyak.

Dari segi harga dan pilihan aki mobil Toyota Avanza tidak hanya satu saja. Bahkan dari segi jenis ada aki kering dan aki basah yang memiliki perbedaan komponen di dalamnya. Jika berniat mengganti aki pada mobil Avanza yang dimiliki, sebaiknya memperhatikan kebutuhannya. Hal tersebut karena fungsinya yang vital seperti menghidupkan lampu, menstarter mesin mobil, mengaktifkan sistem audio dan lainnya.

Tidak hanya sampai disitu, aki mobil juga punya yang namanya usia pemakaian. Jika sudah saatnya atau melebihi dari waktu yang ditentukan maka persiapan melakukan penggantian aki harus diperhatikan. Sebelum melakukan pembelian, sebaiknya ketahui dahulu aki apa saja yang bisa dipasangkan di mobil Avanza, dengan begitu saat nantinya melakukan penggantian mobil akan dalam kondisi prima.

Gambar ini menunjukkan Toyota Avanza tampak bagian depan

Toyota Avanza mobil sejuta umat untuk temani perjalanan sekeluarga

>>> Baca Juga, Beberapa Tips Mudah Menjaga Aki Mobil Toyota Avanza Dapat Tahan Lama

1. Ukuran Aki Mobil Avanza

Toyota Avanza biasanya mengandalkan aki dengan ukuran NS40 dan kapasitas aki nya adalah 32 Ampere. Memang tergolong kecil sih, namun kelistrikan kendaraan bisa tercukupi dengan spek aki tersebut. Meskipun begitu, beberapa pemilik kadang memasangkan aki dengan kapasitas lebih besar seperti NS40Z yang mempunyai kapasitas 35 Ampere atau NS60 yang berkapasitas 45 Ampere.

Hal tersebut ternyata boleh asalkan terdapat tambahan aksesoris yang butuh daya listrik seperti pemasangan audio system yang telah dilengkapi subwoofer atau lampu utamanya diganti HID. Soal batas usia aki biasanya mencapai 2 sampai 3 tahunan, akan tetapi tak jarang aki yang umurnya dibawah tersebut atau melebihinya. Hal tersebut berhubungan dengan perawatan yang dilakukan oleh pemilik mobil.

2. Aki Untuk Avanza Ada Banyak Pilihan Merek

Ketika membeli aki mobil Toyota Avanza memang speknya perlu disesuaikan dengan kendaraannya. Untuk toko aki mobil biasanya mempunyai tipe yang lengkap dan juga mereknya seperti untuk tipe NS60, NS40Z ataupun NS40. Sementara untuk mereknya juga cukup banyak seperti Amaron, Delkor, Incoe, Rocket, G-Force, Yuasa dan juga GS. Kalau membicarakan soal aki mana yang paling sering digunakan pada Avanza ada beberapa merek saja yaitu Incoe, G-Force, Yuasa dan GS. Hal tersebut karena harganya terjangkau dan soal kualitas sudah banyak dikenal.

3. Memilih Toko Aki Mobil Harus Selektif

Dalam pemilihan toko terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti harga jual aki, layanan serta kualitas dan garansinya. Jadi tidak hanya terpaku dengan harga murah saja, karena bisa saja mendapatkan aki rekondisi. Oleh sebab itulah memilih toko yang sudah terpercaya dan memiliki layanan yang baik serta kualitasnya terjamin sangat berpengaruh terhadap keaslian aki yang dibeli. Tidak hanya itu saja, garansi aki juga penting untuk diperhatikan. Biasanya untuk aki baru garansinya minimal 1 tahun, apabila kurang dari itu atau tidak ada garansi lebih baik memilih toko lain untuk keamanan. Sobat bisa membeli ai di toko onderdil langganan Sobat atau di jaringan Shop and Drive.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan aki GS tertata dengan rapi

Pilih toko yang memberikan garansi minimal 1 tahun

>>> Lihat Juga, Hati-Hati Saat Beli Aki, Berikut Perbedaan Aki Baru Dan Rekondisi

4. Harga Aki

Berikut ini merupakan beberapa aki mobil beserta harganya untuk mobil Toyota Avanza:

AKI

HARGA

Aki GS NS40 MF

Rp. 700.000 - Rp. 850.000

Aki GS NS40 Premium

Rp. 650.000 - Rp. 690.000

Aki GS NS40 Hybrid

Rp. 650.000 - Rp. 720.000

Aki Yuasa NS40 MF

Rp. 800.000 - Rp. 920.000

Aki Yuasa NS40

Rp. 640.000 - Rp. 730.000

Aki INCOE NS40

Rp. 460.000 - Rp. 510.000

Aki GS NS40Z MF

Rp. 800.000 - Rp. 910.000

Aki Yuasa NS40Z

Rp. 670.000 - Rp. 750.000

Aki GS NS60 MF

Rp. 900.000 - Rp. 1.000.000

Nb. Biasanya pada saat melakukan pembelian di jaringan Shop and Drive hanya tersedia merk Incoe dan GS saja. Akan tetapi bila membeli di toko khusus aki mobil akan memiliki kelengkapan aki yang dijual.

5. Ada Resiko Membeli Aki Bekas

Tidak hanya mobil yang ada bekasnya, aki juga ada yang dijual dalam kondisi bekas. Dari segi harga tentunya lebih murah. Yang perlu diperhatikan adalah saat menemui penjual yang jujur maka harga aki bekasnya wajar. Namun yang bisa membuat buntung yaitu aki bekas diklaim aki baru sehingga harganya hanya terpaut sedikit saja.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan aki mobil ditumpuk dalam jumlah banyak

Aki bekas usianya lebih pendek daripada aki baru

Yang perlu diperhatikan lagi saat membeli aki mobil Toyota Avanza yaitu penggunaan aki bekas tentunya hanya bertahan sementara saja dan tidak memiliki umur yang panjang. Biasanya hanya bertahan sampai beberapa bulan saja. Dengan begitu perlu dipertimbangkan untuk membeli aki baru dengan usia pakai minimal 2 tahun atau kondisi bekas dengan umur yang hanya beberapa bulan saja.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International