Ingat! Mobil Jarang Dipakai Juga Butuh Perawatan

20/08/2018

Bagi pengusaha kaya atau seseorang yang memiliki beberapa Mobil lebih dari satu, pasti tidak akan menggunakannya semua. Kadang terdapat Mobil yang disukai dan ada yang hanya berdiam di garasi Mobil. Namun bukan berarti Mobil yang berada di garasi dan jarang dibawa keluar akan tetap dalam kondisi yang baik. Karena Mobil jarang dipakai dalam jangka lama tanpa menghidupkan, justru dapat merusak Mobil tersebut.

Masalah yang bisa terjadi seperti aki yang melemah, ban peyang serta lainnya. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dapat melakukan pemanasan dengan menyalakannya 5 sampai 10 menit di pagi hari dan menjalankannya 2 atau 3 minggu sekali. Dengan begitu kondisinya tetap terjaga dan performa mesin tidak berkurang. Meskipun kadang terdapat Mobil yang jarang dipakai dalam waktu lama tidak terjadi masalah. Namun kita tidak tahu kapan akan mengalaminya, oleh sebab itu sebelum terjadi kerusakan lebih baik melakukan perawatan.

Untuk menjaga kondisi Mobil jarang dipakai bisa membawanya berjalan dalam jarak kira-kira 15 km. Lakukan dengan kecepatan berada di sekitar angka 80 km/jam. Dengan cara ini tidak hanya untuk memanaskan mesin saja, namun juga bisa menjadi olahraga bagi kendaraan supaya mesin yang dimiliki tetap sehat dan siap dijalankan kapan saja.

Gambar ini menunjukkan 2 buah Mobil sedang berada di dalam garasi rumah

Mobil yang didiamkan saja di garasi rumah juga membutuhkan perawatan

>>> Baca juga, Hati-hati! Ban Meletus Secara Tiba-Tiba Di Jalan Bisa Beresiko Bahaya

Dalam menghidupkan mesin selama 10 menit dengan langsam memang sudah cukup untuk pemanasan mesin hingga mencapai suhu maksimalnya. Namun untuk menjaga performa yang dimiliki seperti rem, suspensi, transmisi, oli, power steering dan komponen serta cairan mesin lainnya terbilang belum cukup.

Oleh sebab itu dengan teknik di atas yakni menjalankannya sejauh 15 km dapat menghangatkan kembali mesin yang telah lama tertidur. Dengan begitu kondisi komponen akan terjaga dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Banyak keluhan yang datang dari pemilik Mobil, yang mana Mobil jarang dipakai biasanya membuat kinerja aki menjadi menurun. Dalam hal ini memang dibutuhkan pengisian ulang, kalau Cuma memanaskannya beberapa menit bisa dibilang masih belum cukup. Bahkan hanya dijalankan satu sampai 2 hari juga masih kurang untuk membuat aki terisi dayanya kembali sampai penuh. Setidaknya dalam sepekan penuh kendaraan diajak berjalan supaya aki dapat terisi dengan maksimal barulah disimpan kembali di garasi rumah.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang mencoba memegang Kunci Mobil

Melakukan pemanasan Mobil di pagi hari dapat menjaga kondisi aki tidak mudah tekor

Meskipun mesin tidak dinyalakan dalam jangka waktu yang lama dan tetap berada di garasi rumah, daya listrik pada aki akan mengalami penurunan. Hal tersebut dikarenakan terdapat sistem elektronik lain yang menyedot daya aki meskipun dalam kondisi mesin mati. Seperti misalnya alarm, immobilizer dan fitur lainnya yang tetap aktif. Dengan begitu pemilik harus benar-benar memperhatikan masalah ini supaya tidak kecewa di kemudian hari.

>>> Mungkin tertarik, Beberapa Persiapan Pada Mobil Sebelum Perjalanan Jauh Yang Perlu Diperhatikan

Kok bisa kecewa?

Niat utama untuk menyimpan kendaraan kadang supaya tetap awet dan tidak terjadi masalah. Namun jika tidak dilakukan perawatan maka bisa menimbulkan kerusakan. Dengan ini kekecewaan akan timbul karena tidak memakai nya malah disimpan saja.

Gambar ini menunjukkan seorang pengemudi wanita sedang melihat keluar dari jendela Mobilnya

Bawalah berkendara sejauh 15 km untuk menjaga performa Mobil tetap terjaga

Jadi bagi Anda yang mempunyai Mobil jarang dipakai, sebaiknya melakukan perawatan. Minimal pemanasan di pagi hari dan dibuat jalan-jalan seminggu sekali. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi khawatir Mobil bermasalah karena tidak dipakai.

Demikianlah informasi mengenai masalah Mobil jarang dipakai juga bisa mengalami kerusakan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Odometer Tinggi, Lakukan Hal Ini Untuk Jaga Performa Mobil Toyota

    Odometer Tinggi, Lakukan Hal Ini Untuk Jaga Performa Mobil Toyota

    Abdul

    Pada saat odometer tinggi memungkinkan mobil berpotensi kerusakan dimana saja dan kapan saja. Oleh sebab itulah pemilik perlu lebih waspada, yang terpenting adalah melakukan perawatan secara berkala dengan tertib.

  • Beberapa Alasan Mobil SUV Toyota Digemari Di Indonesia

    Beberapa Alasan Mobil SUV Toyota Digemari Di Indonesia

    Abdul

    Mobil SUV menjadi salah satu segmen yang cukup digemari di Indonesia, begitupun untuk besutan Toyota. Kenapa bisa begitu? Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa alasan mobil SUV Toyota digemari di Indonesia.

  • Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Abdul

    Seiring berjalannya waktu permintaan mobil premium semakin meningkat. Saat ini mobil premium tidak hanya didominasi oleh mobil tipe sedan. Untuk menunjang jumlah penumpang yang lebih banyak, tak sedikit pabrikan meluncurkan kabin mobil yang lebih lapang, sehingga konsumen memiliki beragam pilihan untuk segmentasi mobil premium. Kali ini pembahasan mengenai Perbedaan Toyota Vellfire vs Alphard.

International