Ingat, Menaati Peraturan Lalu Lintas Di Jalan Sangat Diperlukan!

12/10/2018

Jalanan bukan milik sendiri, ketika berkendara akan bersamaan dengan pengendara lainnya. Oleh sebab itu tetap menjaga kenyamanan dan keselamatan berkendara sangat diperlukan. Salah satu yang dapat dilakukan adalah menaati peraturan lalu lintas yang telah diberikan.

Dengan menaati peraturan lalu lintas tentu akan memberikan rasa nyaman kepada diri sendiri dan pengguna jalan lain. Selain itu diharapkan dapat mengurangi terjadinya kecelakaan yang bisa saja terjadi di jalan raya. Di Indonesia sendiri banyak sekali pelanggar yang kerap tidak menghiraukan peraturan yang telah diberikan.

Masalah tersebut terbukti dalam persidangan saat pengendara dikenakan sanksi tilang. Jadi saat persidangan berlangsung lebih dari 1.000 orang mengikutinya. Pelanggaran yang dilakukan berakam, ada yang tidak punya SIM, surat ketinggalan, menabrak marka dan hal lainnya. Tentunya hal ini perlu dijadikan motivasi kedepannya supaya lebih tertib dan tidak melakukan pelanggaran.

>>> Baca juga: Begini Prosedur Mengurus STNK Yang Hilang Dan Persyaratannya

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil sedang melintasi tikungan di jalan

Kelengkapan pada kendaraan sangatlah penting untuk keselamatan

Sebagai contoh adalah kota Malang, yang mana dari pihak Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Malang Kota AKP David T Prasojo menanggapi masalah tersebut dengan memberikan tips kepada para pengendara.

"Kota Malang ini, kota pendidikan. Banyak pendatang, dari berbagai macam daerah dan etnis. Banyaknya pendatang ini juga berdampak kepada banyaknya kendaraan di Kota Malang, sehingga tidak aneh lalu lintas di Kota Malang padat," ujar David.

>>> Cari tempat terpercaya untuk membeli mobil bekas dan baru buatan Toyota? Jangan ragu klik di sini

Berikut ini merupakan beberapa tips yang diberikan oleh pihak pihak Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Malang Kota AKP David T Prasojo supaya aman berlalu lintas di jalan raya dan dapat mematuhi peraturan lalu lintas.

Gambar ini menunjukkan seorang Polisi membawa kertas berdiri di depan mobil warna putih

Kelengkapan surat juga perlu dibawa saat berkendara

  • Pada saat berkendara baik menggunakan mobil ataupun motor diharapkan untuk melihat kelengkapan dari kendaraan. Dalam hal ini maksudnya adalah kelengkapan bagian kendaraan meliputi cover body, spion. Intinya mengikuti standar pabrikan, apalagi dari pihak produsen telah memberikan desain terbaik untuk para konsumennya sehingga merasa nyaman dan aman selama perjalanan.
  • Ketika akan menempuh perjalanan sebaiknya memperhatikan kondisi tubuh. Jika dirasa sedang tidak enak badan sebaiknya membatalkan perjalanan atau meminta teman yang dapat mengganti mengemudikan kendaraan. Jadi saat menempuh perjalanan diharapkan kondisi tubuh fit supaya selamat sampai tujuan dan tidak mengalami hal yang tidak diinginkan.
  • "Ketiga, berkendaralah dengan rasa empati. Berkendara dengan empati itu antara lain tidak ugal-ugalan, dan tidak mudah emosi. Kalau melihat ada orang lain ugal-ugalan, janganlah kita ikut ugal-ugalan," imbuh David.

>>> Baca juga, Langkah Mudah Memasang Peredam Jenis Aspal Pada Mobil Toyota Yang Bisa Dicoba

Selain menaati peraturan lalu lintas, dari pihak David menambahkan, bahwasanya selama melakukan perjalanan harus selalu mempunyai sikap santun. Jadi sesama pengendara harus saling menghormati dan menjaga keselamatan dan kenyamanan bersama.

"Meski berbeda suku, tetapi kalau sama-sama santun dalam berkendara, memakai etika, saya kira bisa mendorong minimnya angka pelanggaran lalu lintas, ataupun kecelakaan," tegasnya.

Gambar ini menunjukkan lampu lalu lintas menyala merah dan terdapatbeberapa anak di jalan

Patuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Bahkan dari pihak David juga menegaskan untuk tidak hanya mengenal rambu lalu lintas saja, akan tetapi menaati peraturan lalu lintas yang sudah terlihat jelas dengan rambu jalan sangat diperlukan. Jika melanggarnya dapat beresiko menimbulkan bahaya dan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Sebagai contoh adalah lampu lalu lintas, yang mana banyak yang tahu kalau lampu sedang menyala merah itu tandanya berhenti. Akan tetapi kadang ada pengendara yang nekat melintasinya sehingga berakibat fatal apabila berpapasan kendaraan lain yang sedang berada di jalurnya. Oleh sebab itu menaati peraturan lalu lintas sangat diperlukan.

Demikianlah informasi mengenai pengendara harus menaati peraturan lalu lintas di jalan supaya tetap aman. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca