Ingat! Membawa Perlengkapan Perjalanan Jauh Dengan Mobil Sangat Diperlukan

08/10/2018

Berkendara menggunakan mobil dengan jarak tempuh cukup jauh membutuhkan beberapa persiapan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum persiapan lain adalah kesehatan. Apabila tubuh sehat, maka bepergian ke suatu tempat akan lebih mudah dan nyaman. Setelah itu barulah mempersiapkan perlengkapan perjalanan jauh dengan mobil.

Segala sesuatunya memang perlu persiapan, seperti perlengkapan perjalanan jauh dengan mobil. Dengan melakukan persiapan yang matang maka perjalanan menjadi lebih tenang dan berguna untuk meminimalisir terjadinya masalah.

Berikut ini merupakan beberapa perlengkapan perjalanan jauh dengan mobil yang perlu dipersiapkan.

1. Tool kit

Gambar ini menunjukkan beberapa kunci dan peralatan lain untuk perbaikan ringan kendaraan

Peralatan di dalam Mobil dapat digunakan saat terjadi masalah pada mesin saat di jalan

Barang pertama yang perlu dibawa saat perjalanan adalah tool kit. Dalam perlengkapan ini berupa kunci pas, L, ring, obeng, kunci Inggris dan lainnya. Selain itu kabel jumper juga bisa masuk dalam tool kit. Dengan membawa perlengkapan tersebut dapat digunakan untuk mengatasi hal kecil saat berada di perjalanan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

2. Dongkrak dan ban serep

Gambar ini menunjukkan ban mobil yang tergeletak dengan mobil sedanh di dongkrak

Ban serep dan dongkrak sangat berguna ketika ban bocor atau gembes

Perlengkapan perjalanan jauh dengan mobil yang harus dibawa adalah dongkrak. Yang mana alat ini untuk mengangkat kendaraan saat akan melakukan pergantian ban. Pada saat ban bocor atau kempes maka fungsi dongkrak dan ban serep sangat diutamakan. Tidak hanya itu, tool pembuka ban juga mendukung proses pelepasan serta pemasangan ban serep.

3. Peralatan dan komponen cadangan

Gambar ini menunjukkan 2 buah busi mobil yang satu baru dan yang satu lama

Persediaan kompoenen untuk mengganti salah satu bagian mobil yang mati di jalan

Selain membawa peralatan untuk membuka atau mengencangkan, cadangan komponen juga bisa disiapkan. Sehingga saat terjadi masalah dapat segera dilakukan pergantian. Komponen ini meliputi busi, bohlamp dan komponen pengganti lainnya. Selain itu beberapa peralatan juga diperlukan seperti kain lap, jas hujan, charger hp, kompas dan lainnya.

>>> Lihat juga, Begini Cara Melepas Ban Serep Toyota Innova Venturer Dan Memasangnya

4. Kotak P3K

Kotak P3K cukup penting saat kesehatan pengendara dan penumpang agak terganggu. Tidak hanya itu saja, ketika terjadi goresan saat menempuh perjalanan dapat dilakukan pertolongan pertama seperti memberi plaster. Persiapan lain untuk mengatasi mabuk kendaraan seperti antimo, antangin dan minyak kayu putih juga  masuk dalam kotak P3K.

Gambar ini menunjukkan 2 buah kotak P3K warna hitam tergantung dalam kabin

Saat perjalanan ada gangguan kesehatan seperti pusing dan lainnya maka kotak P3K menjalankan perannya

Bawa juga obat-obatan yang khusus dan cocok buat sobat. Dengan begitu ketika terasa kesehatan kurang baik dapat segera meminum obat.

5. Makanan dan minuman

Perlengkapan perjalanan jauh dengan mobil selanjutnya adalah makanan dan minuman. Mengingat perjalanan yang ditempuh tidaklah dekat, maka persiapan makanan dan minuman sangatlah diperlukan. Memang di jalan ada warung atau toko yang bisa dihampiri untuk membelinya, akan tetapi kadang kita melewati jalan yang jauh dari perkampungan dan tidak ada toko atau warung.

Gambar ini menunjukkan kopi dan hanphonedalam notol yang diletakkan di atas dasbor

Makanan dan minuman juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa kantuk saat berkendara

Dengan membawa makanan serta minuman, tentu masalah kelaparan di jalan bisa dihindari. Tidak hanya itu saja, cemilan juga bisa mengurangi rasa kantuk ketika sedang berkendara.

>>> Baca juga, Hati-hati Area Blind Spot! Ketahui Tips Mengatur Kaca Spion Mobil Untuk Meminimalkannya

6. Senter

Ketika menempuh perjalanan jauh, kita tidak akan tahu apa yang terjadi di jalan. Bisa saja mulus tanpa hambatan atau juga mengalami masalah. Dengan membawa senter saat menempuh perjalanan, bisa digunakan untuk penerang ketika mesin mengalami masalah selama perjalanan di malam hari.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang senter disorotkan pada speedometer

Saat mobil mengalami masalah di malam hari, maka dibutuhkan senter untuk perbaikan

Dengan adanya senter, tentu perbaikan dapat dilakukan  karena ada cahaya yang dapat membantu penglihatan.

Selain perlengkapan perjalanan jauh dengan mobil yang harus dibawa, terdapat hal lain yang perlu diperhatikan. Jadi, ketika akan menempuh jarak jauh dengan mobil sebaiknya mengecek kondisinya terlebih dahulu. Sobat bisa membawa ke bengkel resmi ataupun ke bengkel langganan yang sudah terpercaya. Dengan begitu dapat diketahui apakah mobil siap menempuh perjalanan jauh atau perlu penggantian komponen.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Ini Dia Caranya Merawat Panel Interior Agar Terlihat Bersih dan Mengkilap

    Ini Dia Caranya Merawat Panel Interior Agar Terlihat Bersih dan Mengkilap

    Hafizh Fauzan

    Untuk bisa merawat panel interior mobil Toyota dengan baik dan benar ternyata tidak sulit, dan inilah cara-caranya.

  • Tips Mudik Dengan Toyota Calya, Ini Hal Yang Harus Anda Tahu

    Tips Mudik Dengan Toyota Calya, Ini Hal Yang Harus Anda Tahu

    Franky Pratama

    Mudik dengan Toyota Calya? Siapa takut? Itulah kesan yang harus disimpan dalam ingatan teman-teman semua, mengenai ketangguhan mobil Low Cost Green Car (LCGC) ini. Toyota Calya adalah salah satu mobil keluarga yang sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Namun, masih saja ada yang mempertanyakan apakah Toyota Calya bisa diajak untuk mudik dalam perjalanan jauh. Berikut hal-hal yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Waspadalah, Ini Penyebab Aki Mobil Tekor Yang Wajib Diketahui

    Waspadalah, Ini Penyebab Aki Mobil Tekor Yang Wajib Diketahui

    Fatchur Sag

    Aki mobil tekor bisa membuat jengkel dan 'menderita'. Karenanya pemilik mobil perlu melakukan antisipasi sejak jauh-jauh hari agar hal ini tidak terjadi. Berikut beberapa penyebab aki mobil tekor yang wajib diketahui!