Ingat! Ini Perlengkapan Darurat Saat Berkendara Yang Harus Ada Dalam Mobil

11/09/2018

Melakukan perjalanan bersama keluarga atau teman bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan. Akan tetapi bisa juga menjadi sesuatu yang menyebalkan karena masalah di jalan. Kejadian tak terduga dijalanan seperti ban bocor dan hal lainnya kada mengurangi mood berkendara. Oleh sebab itu dibutuhkan perlengkapan darurat saat berkendara yang harus ada di Mobil.

Resiko terjadinya masalah di jalan tidak bisa diprediksi kapan dan dimana. Dengan begitu membawa perlengkapan darurat saat berkendara sangatlah diperlukan. Sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan dapat segera diatasi dan perjalanan pun dilanjutkan.

Berikut ini merupakan beberapa perlengkapan darurat saat berkendara yang harus terdapat pada Mobil.

1. Kunci roda dan dongkrak

Gambar ini menunjukkan sebuah dongkrak warna kuning diletakkan di bawah Mobil dekat ban

Penggunaan kabel jumper aki membutuhkan bantuan kendaraan lain

Salah satu hal yang kerap terjadi dan merupakan sesuatu yang biasa adalah ban bocor. Masalah ini tidak bisa diduga, entah terkena paku ataupun terkena batu yang runcing dan hal lainnya. Pada saat inilah dongkrak dan juga kunci roda benar-benar bermanfaat.

>>> Lihat juga, Tingkatkan Keamanan, Lihat Tips Mengemudi Mobil Di Malam Hari Supaya Aman Dan Nyaman

2. Kabel jumper aki

Gambar ini menunjukkan gulungan kabel jumper warna hitam dan merah dengan ujung penjepit

Dengan kabel jumper memungkinkan pemilik meminta bantuan pada pengendara lain

Perlengkapan darurat saat berkendara yang perlu disiapkan di dalam Mobil selanjutnya adalah kabel jumper. Alat ini berguna saat terjadi Mobil mogok karena aki bermasalah. Dengan kabel jumper memungkinkan pemilik meminta bantuan pada pengendara lain untuk mengaliri  listrik dari kendaraannya. Sehingga mesin dapat kembali menyala dan melanjutkan perjalanan atau menuju ke bengkel terdekat.

Kabel jumper selain berguna pada diri sendiri juga bisa bermanfaat bagi orang lain saat mogok di jalan.

>>> Ingin membeli mobil buatan Toyota, jangan abaikan daftar mobil dijual hanya ada di HargaToyota.com

3. Tali untuk derek

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang tali di pasangkan di bagian belakang kendaraan

Tali derek beguna saat Mobil kita mogok atau untuk menarik kendaraan lain yang mogok

Tali untuk menderek kendaraan sangat bermanfaat apabila mengalami Mobil mogok dan melakukan jumper aki tidak berhasil. Apabila dengan jumper aki tidak membuat mesin menyala, maka bisa saja kerusakan dari komponen lain seperti mesin ataupun lainnya. Dengan memanfaatkan tali derek bisa digunakan untuk Mobil yang mogok dengan bantuan kendaraan lain dan dibawa ke bengkel terdekat.

Sama halnya dengan kabel jumper, tali derek juga bisa digunakan untuk menolong orang lain yang kendaraannya sedang mogok. Jadi jangan lupakan kesempatan untuk menolong orang lain dengan membawa kabel jumper dan juga tali derek.

>>> Banyak tips dan trik berguna untuk pengemudi Toyota, jangan abaikannya

4. Kotak P3K dan kotak perkakas

Gambar ini menunjukan sebuah kotak dengan berbagai perkakas untuk berbagai keperluan

Kotak perkakas berisi peralatan yang dibutuhkan untuk perbaikan kendaraan

Kedua kotak ini sangat penting ketika menempuh perjalanan. Satunya untuk pengendara dan satunya untuk mobilnya. Isi dari kotak P3K adalah obat-obatan sedangkan perkakas meliputi, obeng, tang, kunci inggris, lakban dan lain sebagainya. Dengan adanya perkakas bisa mengatasi masalah kecil pada kendaraan saat di jalan, seperti baut kendor dan lainnya.

Untuk kotak P3K bisa bermanfaat saat tiba-tiba ada penumpang yang sakit bisa diberikan obat atau pertolongan pertama.

>>> Mungkin tertarik, Waspada! Kebiasaan Buruk Pengendara Ini Dapat Merusak AC Mobil

5. Senter

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang memeriksa mesin Mobil di malam hari dengan memegang senter

Senter berguna sebagai penerang saat melakukan perbaikan di malam hari

Masalah yang terjadi bisa saja terjadi di malam hari, jadi senter juga termasuk perlengkapan darurat saat berkendara yang harus dibawa. Kadang perjalanan menuju tempat tujuan tidak sesuai perkiraan, seperti misalnya harusnya sampai tujuan sore hari tapi karena macet bisa sampai saat malam. Dengan begitu senter dapat berguna untuk mencari barang yang jatuh dalam kabin atau memberi penerangan saat ganti ban Mobil jika bocor. Tidak hanya itu, senter juga bisa dijadikan sinyal darurat.

Setelah perlengkapan darurat saat berkendara telah siap, memastikan tahu cara penggunaannya juga diperlukan. Jangan sampai perlengkapan tersebut hanya dijadikan sebagai hiasan saja akibat tidak tahu pemakaiannya. Bagi yang pengendara yang belum memiliki sebaiknya membelinya dan lengkapi, dengan begitu perjalanan bisa lebih tenang dan nyaman.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Ketahui Mesin Diesel Common Rail Pada Toyota Hilux, Bagaimana Cara Kerjanya?

    Ketahui Mesin Diesel Common Rail Pada Toyota Hilux, Bagaimana Cara Kerjanya?

    Abdul

    Sekarang sudah masuk zaman modern, yang mana teknologi semakin canggih. Begitupun pada mobil yang telah dilengkapi fitur dan mesin modern yang membuatnya bekerja lebih maksimal. Salah satunya adalah mesin diesel common rail pada Toyota Hilux.

  • Ingin Membeli Mobil Toyota Fortuner Bekas, Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Kecewa

    Ingin Membeli Mobil Toyota Fortuner Bekas, Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Kecewa

    Abdul

    Fortuner merupakan salah satu mobil besutan Toyota yang masuk dalam segmen SUV. Tampilannya yang tangguh dan gagah membuatnya digemari banyak orang. Apalagi mobil pada segmen tersebut sudah terkenal akan kehandalannya dalam melintasi jalanan segala medan. Nah bagi sobat yang mau membeli mobil Toyota Fortuner bekas, sebaiknya memperhatikan beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Beberapa Penyakit Yang Dapat Mengganggu Ketika Mengemudi Perlu Diwaspadai

    Beberapa Penyakit Yang Dapat Mengganggu Ketika Mengemudi Perlu Diwaspadai

    Abdul

    Mengemudi mobil diharapkan dalam kondisi fit supaya perjalanan tetap aman dan nyaman. Bahkan jika sedang terkena penyakit sangat tidak disarankan untuk mengemudi. Apalagi bagi orang yang punya penyakit kambuhan, tentunya lebih baik mencari sopir demi keamanan. Lantas apa saja penyakit yang dapat mengganggu ketika mengemudi?