Ingat! Ini Alasan Harus Servis Secara Berkala Pada Mobil Toyota

14/09/2018

Mobil merupakan salah satu barang yang bisa dijadikan kebutuhan. Harganya juga terbilang cukup mahal, sehingga saat tidak dilakukan perawatan akan sangat disayangkan. Tidak hanya itu, Mobil juga mempunyai nilai jual yang baik saat dilakukan servis secara berkala.

Waktu terus berjalan, kendaraan semakin lama digunakan dan semakin jauh dikendarai. Jadi wajar jika perawatan sangat perlu dilakukan. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah melakukan servis secara berkala, mengingat usia komponen semakin lama juga akan habis.

Jika tidak ada perawatan sama sekali maka beberapa bagian atau komponen Mobil cepat aus dan beresiko menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Seperti halnya Mobil Toyota yang membutuhkan perhatian. Apalagi untuk Mobil Toyota yang mempunyai harga jual dengan penurunan yang rendah, maka jangan sampai mengabaikan masalah servis ya.

Terdapat beberapa alasan mengapa harus melakukan servis pada Mobil Toyota. Berikut penjelasannya.

1. Kondisi Mobil tetap prima

Gambar ini menunjukkan Mobil Toyota warna putih sedang melaju di jalanan

Mobil dengan perawatan rutin akan memiliki performa yang maksimal dan kondisinya tetap prima

Mobil yang jarang dilakukan pengecekan di bengkel resmi atau langganan biasanya performanya menurun. Disamping hal tersebut, potensi mogok di jalan atau kerusakan saat berkendara dapat dihindari. Mengingat hal tersebut akan sangat merepotkan, apalagi lokasinya jauh dari bengkel dan pemukiman.

>>> Baca juga, Beberapa Tips Safety Driving Dari Para Pengguna Toyota Yaris

2. Menghindari kerusakan lebih besar

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang 2 kunci ring dan dibelakang terlihat Mobil yang samar

Kerusakan kecil yang dibiarkan dapat berubah menjadi kerusakan besar

Kerusakan pada komponen Mobil yang kecil dapat menyebabkan masalah yang besar apabila dibiarkan. Jadi dengan melakukan servis secara berkala pada Mobil Toyota kesayangan, dapat menghindari kerusakan parah yang bermula dari hal kecil. Ditambah lagi biaya perbaikan yang harus dikeluarkan saat kerusakan telah membesar tidaklah sedikit.

>>> Lihat juga, Beberapa Persiapan Pada Mobil Sebelum Perjalanan Jauh Yang Perlu Diperhatikan

3. Meningkatkan rasa aman dan nyaman

Gambar ini menunjukkan Toyota NAV1 warna putih dan terdapat seorang wanita akan masuk ke dalamnya

Saat Mobil dilakukan servis rutin maka kenyamanan dan keamanan lebih maksimal

Saat Mobil dilakukan servis secara berkala, tentu kenyamanan akan didapatkan. Selain itu rasa aman juga akan timbul, mengingat kondisi Mobil dan komponennya dalam keadaan prima. Tidak hanya itu saja, saat akan bepergian jauh seperti keluar kota kekhawatiran akan hilang. Pengecekan hanya di beberapa bagian saja seperti ban Mobil dan lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

4. Klaim garansi tidak gugur

Gambar ini menunjukkan ilustrasi 3 mekanik sedang memeriksa kondisi Mobil dan di atasnya ada logo Toyota

Servis secara berkala menjadikan garansi kendaraan tidak hangus

Saat pemilik Mobil Toyota tidak melakukan servis, maka bisa saja klaim garansi menjadi gugur. Jadi saat terjadi beberapa masalah pada kendaraan, sudah memiliki catatan perbaikan dan juga kondisi Mobil sebelumnya. Jadi adanya kerusakan dapat diatasi dengan lebih mudah dengan biaya tidak terlalu fantastis.

>>> Baca juga, Beberapa Tips Mencegah Kebocoran Radiator Pada Mobil

5. Harga jual tinggi

Gambar ini menunjukkan tumpukan uang lembaran 50.000 dan 100.000 dipegang dengan tangan

Mobil yang terawat dengan kondisi prima mempunyai harga jual yang lebih tinggi

Saat catatan servis berkala tertulis rapi dan jelas maka calon pembeli akan lebih yakin bahwa kendaraan incarannya terjaga. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya track record Mobil, maka calon pembeli seperti melihat gamblang apakah ada masalah atau tidak. Keyakinan akan pemilik sebelumnya merawat dengan baik dan serius membuatnya tidak menawar rendah Mobil yang diincarnya.

Waktu perawatan Mobil Toyota biasanya ketika 1 bulan pertama setelah melakukan pembelian. Setelah itu dilanjutkan dengan setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali dalam jangka 3 tahun. Tinggal mana yang dicapai dahulu, apakah 10.000 km atau 6 bulan.

Pada saat dilakukan servis secara berkala, biasanya oli akan diganti dan ruang pembakaran akan dibersihkan. Tidak hanya itu saja, sistem pengapian juga akan diperiksa supaya kinerjanya tetap maksimal.

Dalam perawatan yang dilakukan, komponen mesin juga akan dicek sesuai masa pemakaiannya. Analisa juga akan dilakukan mengenai kondisi mesin, komponen dan juga gas buang. Penyetelan juga akan dilakukan pada bagian komponen yang membutuhkan sesuai standar pabrikan.

Jadi servis secara berkala meliputi pemeriksaan, perawatan dan pemeliharaan secara lengkap. Hal tersebut dilakukan pada bagian utama Mobil Toyota. Dengan begitu kondisi Mobil akan prima dan nyaman saat digunakan. Jadi jangan sampai melewatkan servis di bengkel resmi, supaya kondisi Mobil tetap maksimal.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Inilah Beberapa Pilihan Ban Yang Cocok Untuk Toyota Yaris

    Inilah Beberapa Pilihan Ban Yang Cocok Untuk Toyota Yaris

    Abdul

    Ban merupakan salah satu komponen pada Mobil yang mempunyai fungsi sangat penting. Yang mana kinerjanya berhubungan langsung dengan aspal, sehingga memastikan kondisinya maksimal sangat diperlukan. Salah satu Mobil yang digemari masyarakat di Indonesia adalah Toyota Yaris. Lantas apa saja ban yang cocok untuk Toyota Yaris?

  • Ini Mobil Yang Ditolak Asuransi! Tenang Ada Solusinya

    Ini Mobil Yang Ditolak Asuransi! Tenang Ada Solusinya

    Abdul

    Menggunakan jasa asuransi kendaraan sangat direkomendasikan untuk lebih menjaga keamanan. Akan tetapi perlu diketahui, bahwa tidak semua Mobil tidak bisa diasuransikan. Jadi ternyata, terdapat beberapa Mobil yang ditolak asuransi.

  • Waspada! Mengemudi Mobil Di Jalan Yang Sempit Tidak Boleh Ugal-Ugalan

    Waspada! Mengemudi Mobil Di Jalan Yang Sempit Tidak Boleh Ugal-Ugalan

    Abdul

    Berkendara menggunakan Mobil tidak hanya berada di jalan raya saja, akan tetapi kadang kita menemui jalanan yang sempit di pedesaan. Mengemudi Mobil di jalan yang sempit justru membutuhkan kewaspadaaan yang lebih. Apalagi harus bertemu dengan pengendara lain, sepeda motor dan pejalan kaki.