Ingat! Buku Manual Kendaraan Tidak Boleh Dianggap Remeh

24/08/2018

Pada saat membeli Mobil baru akan disertai dengan buku manual kendaraan yang dijadikan sebagai panduan pemilik untuk mobilnya. Dengan begitu bisa dilakukan perawatan dengan semestinya dan dapat mendapatkan rasa nyaman dan aman ketika berkendara. Namun kerap ditemui pemilik yang malas membaca dengan berbagai alasan.

Pemilik kendaraan yang malas membaca buku manual kendaraan bisa menjadikan masalah. Padahal saat membaca buku manual akan ditemukan solusi untuk mengatasinya. Dengan begitu mempelajari buku tersebut sangat dianjurkan supaya saat terjadi masalah sepele atau yang lebih parah dapat segera dilakukan penanganan.

Memang banyak tips yang bertebaran, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan. Hal tersebut dikarenakan merek Mobil yang memerlukan penanganan sendiri-sendiri. Berbeda dengan tips umum seperti mengganti ban Mobil yang bisa diterapkan pada semua kendaraan. Hanya lokasi ban cadangan saja yang kadang berbeda.

Gambar ini menunjukkan buku pedoman pemilik untuk Mobil Toyota Rush

Bacalah buku pedoman pemilik pada kendaraan

Buku manual kendaraan menyimpan informasi yang cukup penting perihal kendaraan sampai detail. Oleh sebab itu pihak produsen selalu menyertakan nya saat menjual mobilnya. Namun kadang pemilik sendiri yang tidak meluangkan waktu untuk membaca dan mendalami isinya.

Tipa buku manual biasanya memiliki isi yang berbeda. Bahkan dalam penanganan masalah di dalamnya juga memiliki perbedaan antara merek satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh Toyota Avanza dan juga Pajero Sport yang sama-sama masuk dalam segmen Mobil MPV namun dengan merek berbeda. Tentu buku manual yang dimiliki juga isinya tidak sama.

>>> Baca juga, Ingin Membeli Mobil Bekas Rental! Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

Setiap kendaraan memiliki komponen yang berbeda, seperti misalnya pada bagian suspensi. Pada Toyota Avanza menggunakan suspensi model multi-link sedangkan Xpander menggunakan suspensi torsion beam. Untuk suspensi Xpander telah dikenal sangat empuk dan harganya cukup ekonomis. Sedangkan milik Avanza mempunyai fleksibilitas tinggi serta mampu menyesuaikan sudut posisi roda terhadap jalan.

Gambar ini menunjukkan beberapa isi dari buku pedoman pemilik kendaraan

Buku manual pada Mobil berisi informasi penting menegenai Mobil yang dimiliki

Dari segi perbaikan lebih mahal milik Avanza dibandingkan Xpander. Dengan melihat hal tersebut, tentu sudah bisa menjadi pandangan bahwa perbedaan pasti ada pada setiap kendaraan. Tentunya dengan adanya buku manual kendaraan dapat diketahui model dan bentuk dari komponen di dalamnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Tidak hanya itu saja, dalam buku manual kendaraan terdapat beberapa fungsi dari fitur yang disematkan pada Mobil. Dengan begitu ketika membacanya akan mengetahui fungsi dan juga keistimewaan yang dimiliki oleh mobilnya. Tentunya tombol dan juga fitur ada kegunaan tersendiri yang sangat membantu ketika menempuh perjalanan.

Buku manual ternyata ada aturan hukumnya

Tahukah Anda bahwa buku manual juga terdapat dalam Undang-Undang. Yang mana tercantum pada Pasal 8 ayat (1) huruf j UU perlindungan konsumen. Untuk bunyinya:

“pelaku usaha dilarang memproduksi dan/atau memperdagangkan barang dan/atau jasa yang: j. tidak mencantumkan informasi dan/atau petunjuk penggunaan barang dalam bahasa Indonesia sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.”

>>> Baca juga, Perhatikan Ini Dulu Sebelum Membeli Mobil Keluarga

Gambar ini menunjukkan buku pedoman pemilik untuk Mobil Toyota Kijang Innova

Pemberian buku pedoman pemilik kendaraan diatur oleh Undang-Undang

Dalam pasal tersebut menjelaskan bahwa adanya petunjuk penggunaan barang. Pada Mobil, buku manual inilah yang dimaksudkan. Apabila dari pihak diler tidak menyertakannya, maka bisa jadi merupakan salah satu pelanggaran pasal dan dapat terkena sanksi pidana. Dalam hukum pidana tersebut tercantum dalam pasal 62 ayat (1) UU Perlindungan Konsumen. Jadi jika tidak menyertakannya akan terkena pidana paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp. 2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah).

Dengan melihat hal tersebut diharapkan untuk para konsumen dapat meluangkan waktu untuk membaca buku manual kendaraan. Dengan begitu dapat diketahui seluk beluk kendaraan dan juga beberapa fitur di dalamnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Alasan Mobil Bekas Toyota Memiliki Harga Jual Tinggi, Pemilik Juga Berperan

    Alasan Mobil Bekas Toyota Memiliki Harga Jual Tinggi, Pemilik Juga Berperan

    Abdul

    Ketika membeli sebuah mobil kadang terpikir untuk menjualnya lagi. Dengan begitu maka seseorang akan memilih mobil dengan lebih teliti lagi. Salah satu brand mobil yang dapat dipilih adalah Toyota. Mobil bekas Toyota mempunyai harga jual yang terbilang sangat baik.

  • Mobil Terjadi Masalah Di Jalan Tol, Lakukan Hal Ini

    Mobil Terjadi Masalah Di Jalan Tol, Lakukan Hal Ini

    Abdul

    Jalan tol menjadi pilihan favorit masyarakat yang ingin bepergian dengan jarak cukup jauh. Selain bisa lebih cepat, kondisi jalan juga baik dan nyaman saat dilewati. Namun masalah di jalan tol kadang bisa terjadi tanpa diketahui kapan dan lokasi tepatnya, yang pasti kita harus lebih waspada.

  • Mengatur Rencana Keuangan, Tips Memasukkan Asuransi Mobil Di Dalamnya

    Mengatur Rencana Keuangan, Tips Memasukkan Asuransi Mobil Di Dalamnya

    Abdul

    Kebutuhan sehari-hari kadang menuntut kita untuk mengeluarkan setiap harinya. Hal tersebut terbilang wajar karena memang kebutuhan haruslah didahulukan. Namun yang perlu jadi pertimbangan adalah pengeluaran lain selain kebutuhan ekonomi keluarga. Jadi sebuah keluarga perlu mempunyai rencana keuangan supaya dapat teratur dan cukup untuk semua kebutuhan.