Hendak Parkir Pararel? Gunakan Fitur Shift Lock Toyota Agya Ini

09/07/2019

Pengemudi pemula kadang dibuat bingung saat hendak melakukan parkir dengan kondisi pararel, atau yang mewajibkan transmisi mobil harus netral agar tukang parkir bisa mendorong mobil bila dibutuhkan. Fitur shift lock di Toyota Agya ini akan membantu Anda.

Pengemudi pemula sering kali dibuat repot kala harus melakukan parkir mobil. Parkir mobil secara pararel pun kadang jadi momok merepotkan oleh para pengemudi non profesional tersebut. Karena etika ketika parkir mobil adalah, mobil harus pas posisinya dan tidak menghalangi mobil atau kendaraan lainnya yang ingin bergerak atau keluar parkir. Pada Toyota Agya bertransmisi otomatis baiknya gunakan fitur shift lock ini saat parkir pararel.

>>> Begini caranya memaksimalkan transmisi otomatis Toyota Avanza ala tester Hargatoyota.com

Mobil Toyota Agya TRD S AT 2017 berwarna kunning

Parkir pararel dapat menjadi momok bagi pengemudi pemula

Fitur shift lock adalah sebuah tombol yang berfungsi sebagai pembebas atau pengganti injakan pedal rem. Jadi, normalnya ketika hendak memindahkan posisi tuas transmisi, misal dari P ke D, pengemudi harus menginjak pedal rem terlebih dahulu agar tuas dapat dipindahkan. Ini sebagai fitur safety pada mobil bertransmisi otomatis. Ketika mesin mati, otomatis injakan pedal rem tidak mampu me-release shift lock, sehingga tuas tidak bisa dipindah.

>>> Hendak melewati tanjakan curam? Begini cara efektif melibas tanjakan dengan transmisi otomatis

Tampak tombol shift lock Toyota Agya TRD S AT 2017

Setelah mesin mobil mati, dan kunci dicabut tekan tombol shift lock ini

Tombol shift lock akan menggantikan fungsi dari pedal rem tersebut. Cara menggunakannya mudah, saat selesai parkir matikan mesin mobil terlebih dahulu, posisikan tuas di P serta cabut kunci mobil. Lalu tekan tombol fitur shift lock pada Toyota Agya Anda sambul tekan tombol pembebas pada tuas transmisi dan geser ke posisi N. Dengan posisi parkir pararel dan tuas transmisi ada di N, otomatis mobil dapat di dorong-dorong. Tapi ingat, jangan lupa untuk tidak menarik tuas rem tangan.

>>> Simak tips otomotif dari Konsultan Mobil hanya di situs HargaToyota.com

Arfian Alamsyah
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca