Hati-Hati Saat Beli Aki, Berikut Perbedaan Aki Baru Dan Rekondisi

25/06/2020

Aki menjadi salah satu bagian pada mobil yang menjadi sumber kelistrikan. Fungsinya tergolong penting sehingga kondisinya perlu diperhatikan. Bahkan saat terjadi masalah seperti tekor atau soak maka perlu penggantian. Namun perhatikan saat membeli aki, ketahui perbedaan aki baru dan rekondisi agar tidak tertipu.

Jadi saat ini di luar sana terdapay penjual yang menjual aki rekondisi. Yang mana sebenarnya aki bekas namun dibuat seolah-olah menjadi aki dalam kondisi baru. Kalau penjual jujur bisa berkata apa adanya, namun apabila menemui penjual yang nakal maka perlu lebih hati-hati. Oleh sebab itulah mengetahui perbedaan aki baru dan rekondisi sangat diperlukan.

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan memegang aki mobil

Aki mobil biasanya bergaransi 1 tahun

>>> Baca Juga, Meninggalkan Mobil Lebih dari Dua Minggu? Perhatikan Masalah pada Aki

Sebagai perangkat kelistrikan yang berfungsi menyimpan daya listrik. Maka memilih yang berkualitas sangat diperlukan. Tujuannya adalah supaya komponen yang membutuhkan kelistrikan bisa tersuplai dengan baik. Beberapa komponen yang membutuhkan sistem kelistrikan  pada kendaraan adalah lampu-lampu, wiper, dinamo starter, had unit, klakson dan sistem hiburan.

1. Menggunakan Aki Rekondisi

Alasan mengapa banyak yang menyarankan untuk tidak menggunakan aki rekondisi adalah karena di luar sana masih terdapat penjual nakal yang menjual aki rekondisi. Jadi aki jenis ini sebenarnya aki bekas digunakan dan bahkan ada juga yang sudah tidak layak digunakan kembali. Akan tetapi dari pihak penjual melakukan modifikasi yang menjadikannya tampak baru kembali.

Umumnya dari segi harga lebih terjangkau dibandingkan yang masih ada segelnya. Hanya saja aki rekondisi tidak bertahan lama, sehingga biaya yang perlu dikeluarkan jadi lebih besar. Hal tersebut disebabkan pemilik perlu membeli aki mobil lagi sehingga jadi 2 kali melakukan pembelian dalam periode yang berdekatan, bahkan sebenarnya dengan membeli aki baru bisa lebih menghemat pengeluaran.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan aki yang terdapat pada mesin mobil

Aki menjadi sumber daya listrik pada kendaraan

>>> Ini Rahasianya, Tips Merawat Aki Mobil Langsung Dari Toyota

2. Perbedaan Aki Baru dan Rekondisi

Supaya terhindar dari mendapatkan aki rekondisi, maka untuk pembeli perlu mengetahui perbedaanya. Adapun perbedaan yang pertama adalah kemasannya, pastikan masih dalam kondisi tertutup rapat oleh segel pada saat menerima dari penjual. Setelah itu, perhatikan juga garansinya, biasanya garansi aki mobil adalah 1 tahun sejak aki dipasangkan pada kendaraan. Apabila ternyata garansinya kurang maka konsumen bisa mencurigainya bahwa aki tersebut rekondisi atau sudah pernah dipakai.

Periksa juga fisik dari aki mobil seperti pada kutup positif dan negatifnya. Pastikan bahwa tidak ada goresan, karena jika ada bisa menjadi indikasi bahwa aki mobil pernah digunakan. Selain hal tersebut, cover aki juga bisa menjadi panduan. Aki mobil yang pernah dilakukan pembongkaran biasanya akan mengembung. Bahkan warna aki rekondisi umumnya mempunyai warna yang lebih pudar dibandingkan yang baru.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan beberapa aki mobil merek GS Astra

Pilih aki mobil harus berhati-hati

Perbedaan aki baru dan rekondisi selanjutnya adalah pada umur pemakaian. Aki dalam kondisi baru umurnya lebih dari 1 tahun, bila aki rekondisi biasanya hanya bertahan dalam waktu 3 sampai 5 bulan saja.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International