Hati-hati Membeli Mobil Bekas, Ini 5 Cara Membedakan BPKB Asli dan Palsu

15/02/2020

Membeli mobil bekas, sebaiknya Toyota lover's hati-hati dan teliti. Ketahui cara membedakan BPKB asli dan palsu agar tidak kena tipu dan menyesal di kemudian hari!

Membeli mobil bekas bisa jadi alternatif buat Anda yang ingin memiliki kendaraan roda empat tapi dana terbatas. Selain harga lebih terjangkau, mobil bekas juga banyak pilihan sesuai budget yang tersedia. Nah, apapun modelnya dan mereknya serta berapapun harganya, ada yang harus diperhatikan sebelum Anda benar-benar menjatuhkan pilihan, yaitu ketelitian.

Foto pemilik kendaraan menunjukkan kelengkapan kendaraan berupa BPKB

Teliti surat kelengkapan kendaraan saat membeli mobil bekas

Anda harus memastikan kondisi mobil sehat serta memiliki surat-surat kelengkapan yang asli. Hal ini penting mengingat tidak menutup kemungkinan surat kelengkapan kendaraan seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dipalsukan.

>>> Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil

Cara membedakan BPKB asli dan palsu bisa diketahui dari 5 ciri yang ada.

  1. Cover BPKB asli lebih mengkilap dibanding yang palsu.
  2. Hologram tidak berubah warna atau tetap silver meski terkena sinar matahari. Jika warna berubah menjadi kuning atau memancarkan sinar warna kuning sebaiknya hati-hati, kemungkinan besar itu BPKB palsu.
  3. Terdapat nomor di bagian bawah hologram yang berfungsi mengkategorikan pemilik kendaraan berdasarkan domisilinya. Meski demikian sejumlah nomor tidak akan terbaca kerena sifatnya rahasia.
  4. Penulisan identitas pemilik masih asli. Jika kelihatan seperti dicetak ulang sebaiknya berhati-hati, ada kemungkinan itu bukan nama asli si pemilik.
  5. Di halaman 14 BPKB asli ada logo Korlantas yang akan terlihat jika diterangi dengan sinar UV. Tekstur kertas agak kasar karena logo tersebut dibuat timbul. Jika tekstur kertas di halaman ini rata, kemungkinan besar BPKB-nya palsu.

Sekali lagi, hati-hati dan teliti keaslian BPKB saat membeli mobil bekas sebelum kesepakaatan diambil.

>>> Begini Prosedur Mengurus STNK Yang Hilang Dan Persyaratannya

Foto menunjukkan Toyota Innova bekas dijual di diler mobil bekas resmi Toyota Trust

TRUST, diler mobil Toyota bekas resmi dan terpercaya

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Fatchur Sag
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Ingin Liburan Dengan Toyota Calya, Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

    Ingin Liburan Dengan Toyota Calya, Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

    Abdul

    Liburan menjadi salah satu langkah yang diambil untuk membuat keluarga menyenangkan. Selain itu bisa juga digunakan untuk menjernihkan pikiran setelah bekerja terus menerus. Namun di masa pandemi ini terdapat hal lain yang perlu diperhatikan. Nah bagi Sobat yang mempunyai mobil besutan Toyota yakni Calya, kami berikan informasi mengenai tips liburan dengan Toyota Calya.

  • Ingin Menjaga Harga Jual Kembali Toyota Sienta Tetap Baik, Lakukan Hal Ini

    Ingin Menjaga Harga Jual Kembali Toyota Sienta Tetap Baik, Lakukan Hal Ini

    Abdul

    Di Indonesia mobil Toyota Sienta masuk dalam segmen MPV. Pertama diperkenalkan pada tahun 2016 dan kala itu langsung menarik perhatian masyarakat. Bahkan sampai saat ini, Sienta dalam kondisi bekas masih diburu untuk dijadikan kendaraan yang dapat menemani segala aktifitas. Nah kali ini kami akan membahas mengenai tips supaya harga jual kembali Toyota Sienta jadi lebih baik.

  • Beberapa Langkah Mencegah Mabuk Perjalanan Dan Gejalanya

    Beberapa Langkah Mencegah Mabuk Perjalanan Dan Gejalanya

    Abdul

    Menempuh perjalanan dengan mobil tidak seterusnya mulus tanpa ada hambatan. Masalah bisa saja muncul, tidak hanya pada kendaraan tapi penumpang juga bisa terjadi seperti mabuk perjalanan. Bahkan tidak hanya mobil, seseorang bisa mabuk ketika naik kendaraan lain seperti kereta api, pesawat atau kereta api. Yang perlu diperhatikan adalah cara mencegah mabuk perjalanan dan sebisa mungkin mengobatinya.

International