Hati-hati Membeli Mobil Bekas, Ini 5 Cara Membedakan BPKB Asli dan Palsu

15/02/2020

Membeli mobil bekas, sebaiknya Toyota lover's hati-hati dan teliti. Ketahui cara membedakan BPKB asli dan palsu agar tidak kena tipu dan menyesal di kemudian hari!

Membeli mobil bekas bisa jadi alternatif buat Anda yang ingin memiliki kendaraan roda empat tapi dana terbatas. Selain harga lebih terjangkau, mobil bekas juga banyak pilihan sesuai budget yang tersedia. Nah, apapun modelnya dan mereknya serta berapapun harganya, ada yang harus diperhatikan sebelum Anda benar-benar menjatuhkan pilihan, yaitu ketelitian.

Foto pemilik kendaraan menunjukkan kelengkapan kendaraan berupa BPKB

Teliti surat kelengkapan kendaraan saat membeli mobil bekas

Anda harus memastikan kondisi mobil sehat serta memiliki surat-surat kelengkapan yang asli. Hal ini penting mengingat tidak menutup kemungkinan surat kelengkapan kendaraan seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dipalsukan.

>>> Inilah Langkahnya, 5 Tips Membeli Mobil Bekas Supaya Tidak Tertipu

Cara membedakan BPKB asli dan palsu bisa diketahui dari 5 ciri yang ada.

  1. Cover BPKB asli lebih mengkilap dibanding yang palsu.
  2. Hologram tidak berubah warna atau tetap silver meski terkena sinar matahari. Jika warna berubah menjadi kuning atau memancarkan sinar warna kuning sebaiknya hati-hati, kemungkinan besar itu BPKB palsu.
  3. Terdapat nomor di bagian bawah hologram yang berfungsi mengkategorikan pemilik kendaraan berdasarkan domisilinya. Meski demikian sejumlah nomor tidak akan terbaca kerena sifatnya rahasia.
  4. Penulisan identitas pemilik masih asli. Jika kelihatan seperti dicetak ulang sebaiknya berhati-hati, ada kemungkinan itu bukan nama asli si pemilik.
  5. Di halaman 14 BPKB asli ada logo Korlantas yang akan terlihat jika diterangi dengan sinar UV. Tekstur kertas agak kasar karena logo tersebut dibuat timbul. Jika tekstur kertas di halaman ini rata, kemungkinan besar BPKB-nya palsu.

Sekali lagi, hati-hati dan teliti keaslian BPKB saat membeli mobil bekas sebelum kesepakaatan diambil.

>>> Begini Prosedur Mengurus STNK Yang Hilang Dan Persyaratannya

Foto menunjukkan Toyota Innova bekas dijual di diler mobil bekas resmi Toyota Trust

TRUST, diler mobil Toyota bekas resmi dan terpercaya

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Fatchur Sag
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Hati-Hati Saat Beli Aki, Berikut Perbedaan Aki Baru Dan Rekondisi

    Hati-Hati Saat Beli Aki, Berikut Perbedaan Aki Baru Dan Rekondisi

    Abdul

    Aki menjadi salah satu bagian pada mobil yang menjadi sumber kelistrikan. Fungsinya tergolong penting sehingga kondisinya perlu diperhatikan. Bahkan saat terjadi masalah seperti tekor atau soak maka perlu penggantian. Namun perhatikan saat membeli aki, ketahui perbedaan aki baru dan rekondisi agar tidak tertipu.

  • Mengenal Lebih Banyak Fungsi Dari Kaca Spion Mobil Toyota

    Mengenal Lebih Banyak Fungsi Dari Kaca Spion Mobil Toyota

    Abdul

    Toyota menjadi salah satu produsen mobil yang cukup ternama di Indonesia. Beragam fitur diberikan pada mobilnya untuk mendukung kenyamanan berkendara. Setiap bagian pada mobil mempunyai fungsi masing-masing. Untuk segmen kali ini kami akan membahas mengenai fungsi kaca spion mobil.

  • Jangan Salah, Ini Fungsi Spoiler Mobil Yang Perlu Diketahui

    Jangan Salah, Ini Fungsi Spoiler Mobil Yang Perlu Diketahui

    Abdul

    Banyak yang mengaku paham dan menguasai mobil namun tidak mengerti beberapa fungsi dari komponen mobil itu sendiri. Salah satunya cover yang sering kali dicap sebagai aksesoris atau pelengkap estetika pada mobil saja.