Hati-hati, Beberapa Kondisi Ini Diharuskan Menurunkan Kecepatan kendaraan!

25/10/2018

Mengemudi mobil di jalanan yang lebar dalam kondisi sepi memang sangat menyenangkan. Pada saat itu pengemudi akan merasa jalanan milik sendiri dan memacu kendaraan lebih cepat. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah memacu mobil dengan kecepatan tinggi cukup berbahaya. Semakin cepat mobil melaju maka resiko cedera yang parah semakin tinggi apabila terjadi kecelakaan. Oleh sebab itu terdapat beberapa kondisi yang mau tidak mau harus menurunkan kecepatan.

Banyak pengendara yang memiliki alasan untuk memacu kendaraannya lebih cepat seperti agar sampai tujuan, dalam kondisi darurat dan hal lainnya. Namun yang harus dihindarkan adalah melaju dengan kecepatan tinggi tanpa adanya kondisi terdesak atau apapun itu. Jadi hanya untuk sekedar gaya-gayaan atau perilaku kalau tidak cepat kurang menantang. Pasalnya memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Oleh sebab itu sangat disarankan menurunkan kecepatan saat berkendara dalam kondisi tertentu.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil melaju di jalan basah tampak bagian belakang

Terdapat kondisi dimana pengendara harus menurunkan kecepatan

“Sekitar sepertiga korban kecelakaan yang meninggal di jalan disebabkan karena  pelanggaran kecepatan,” tutur Direktur Pembina Keselamatan Transportasi (Dirbinkes) Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat), Risal Wasal dalam paparannya saat Bimbingan Teknis Manajemen Kecepatan Tahun 2018 di Medan.

>>> Lihat juga, Ingat, Menaati Peraturan Lalu Lintas Di Jalan Sangat Diperlukan!

Tingkat kecelakaan yang terjadi di jalanan faktor kecepatan masih sangat tinggi. Berdasarkan data dari Korlantas Polri menyebutkan, bahwa di tahun 2016 penyumbang kasus kecelakaan di jalan raya sebesar 16%. Sedangkan pada tahun 2017 terdapat 14.033 kasus dengan korban luka ringan 16.442 orang, luka berat 2.388 orang dan yang meninggal mencapai 4.792 orang.

Melihat hal tersebut tentu terdapat beberapa hal yang diharuskan untuk menurunkan kecepatan kendaraan dalam kondisi tertentu. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya kerugian bagi diri sendiri dan orang lain.

Oleh sebab itu mematuhi peraturan lalu lintas seperti batas kecepatan dan hal lainnya. Karena kadangkala di beberapa tempat terdapat rambu-rambu yang diharuskan untuk melaju dengan kecepatan tinggi, sebagai contoh adalah di jalan tol yang tidak boleh berjalan pelan.

Bahkan untuk menurunkan kecepatan kendaraan dalam kondisi tertentu diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Yang mana dijelaskan terdapat 6 kondisi yang harus diperhatikan pengendara untuk segera melambatkan laju kendaraan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Gambar ini menunjukkan seseorang menyebrang di jalan dan terdapat beberapa mobil berhenti memberikan jalan

Saat ada orang yang akan menyebrang sebaiknya kurangi kecepatan

Undang–Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 116 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

(1) Pengemudi harus memperlambat kendaraannya sesuai dengan Rambu Lalu Lintas.

(2) Selain sesuai dengan Rambu Lalu Lintas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Pengemudi harus

memperlambat kendaraannya jika:

a. Akan melewati Kendaraan Bermotor Umum yang sedang menurunkan dan menaikkan Penumpang;

b. Akan melewati Kendaraan Tidak Bermotor yang ditarik oleh hewan, hewan yang ditunggangi, atau

hewan yang digiring;

c. Cuaca hujan dan/atau genangan air;

d. Memasuki pusat kegiatan masyarakat yang belum dinyatakan dengan Rambu Lalu Lintas;

e. Mendekati persimpangan atau perlintasan sebidang kereta api; dan/atau

f. Melihat dan mengetahui ada Pejalan Kaki yang akan menyeberang

>>> Lihat juga, 4 Tips Bertanya Yang Baik Saat Berkendara

Gambar ini menunjukkan 2 mobil warna hitam dan putih melaju di jalan sempit dan terdapat mobil sedan hitam di arah berlawanan

Beberapa kondisi yang ditujukan kepada pengendara untuk menurunkan kecepatan bertujuan untuk keamanan dan kenyamanan

Akan tetapi selain hal tersebut masih banyak lagi kondisi yang diharuskan untuk menurunkan kecepatan kendaraan seperti saat melewati belokan, membayar tol, berada di persimpangan, akan parkir dan lainnya. Yang pasti tujuannya adalah untuk keselamatan dan juga kenyamanan diri sendiri, orang lain di sekitar dan juga pengendara lain.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa kondisi yang diharuskan pengendara untuk menurunkan kecepatan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca