Hati-Hati, Beberapa Bagian Mobil Toyota Yang Rentan Serangan Abu Vulkanik Perlu Diperhatikan!

03/01/2019

Masyarakat pasti sudah tahu akan bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia. Bahkan baru-baru ini salah satu gunung telah meletus dan mengeluarkan abu vulkanik. Tentunya hal ini menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik mobil. Pasalnya terdapat beberapa bagian mobil yang rentan serangan abu vulkanik.

Abu vulkanik mempunyai kandungan pasir kuarsa yang cukup tinggi, sehingga bisa mempunyai potensi bahaya bagi kendaraan. Dalam hal ini terdapat bagian mobil Toyota yang rentan serangan abu vulkanik. Pemilih harus benar-benar memperhatikannya, supaya kondisinya tetap maksimal baik dari segi tampilan luar, dalam maupun mesinnya.

Berikut ini merupakan bagian mobil Toyota yang rentan serangan abu vulkanik.

1. Bagian Kaca Mobil

Gambar ini menunjukkan Bagian kaca depan mobil yang terkena abu vulkanik

Jangan langsung menyalakan wiper saat kaca mobil terdapat abu vulkanik

Bagian pertama yang yang rentan terkena abu vulkanik adalah bagian kaca mobil. Bagian ini benar-benar perlu diperhatikan, kadang pemilik lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu dan langsung memakai wiper untuk menghilangkannya. Padahal hal tersebut dapat berpotensi menggores kaca mobil. Jadi kandungan silika pada abu vulkanik yang tinggi bisa mengakibatkan sebuah efek yang mirip dengan kaca yang halus.

Dengan begitu saat wiper digerakkan maka abu vulkanik tersapu dan bisa menimbulkan goresan. Jadi sebelum menyalakan wiper terlebih dahulu menyemprot kaca menggunakan air pembersih wiper. Bisa juga dengan menyiram kaca dengan air bersih yang diisikan pada jerigen.

>>> Lihat Juga, Jangan Hanya Ikut-ikutan, Ini Dia Fungsi Kaca Film Mobil Yang Perlu Diketahui

2. Bagian Bodi Mobil

Gambar ini menunjukkan seorang pria berdiri di samping mobil yang tertutup dengan abu vulkanik

Untuk membersihkan bodi mobil yang terkena abu vulkanik disiram dahulu dengan air sebelum mencuci

Selain kaca mobil, bagian lain yang rentan terkena abu vulkanik adalah bagian bodi mobil. Pada bagian ini juga tidak boleh langsung melakukan pengelapan, walaupun menggunakan kain basah tetap tidak boleh. Untuk solusinya adalah dengan menyiramnya terlebih dahulu menggunakan air bersih ke seluruh bodi mobil. Dengan begitu abu vulkanik akan hilang dan tidak menempel pada bodi kendaraan.

Tidak hanya itu saja, hal lain yang perlu diwaspadai adalah sifat korosif pada abu vulkanik yang beresiko menimbulkan karat pada bodi mobil. Untuk solusi terbaik mengatasi masalah karat agar tidak menyebar adalah dengan segera melakukan pembilasan menggunakan air bersih setelah dilakukan pemakaian. Jangan melupakan bagian kolong mobil juga, karena lokasinya yang tidak kelihatan kadang jadi terlupakan.

>>> Mungkin Tertarik Dengan Daftar Harga Toyota Agya yang Ditawarkan Di Sini

3. Bagian Filter Udara

Ga,bar ini menunjukkan sebuah tangan menarik filter udara pada mobil

Ganti filter udara jika habis melintasi kawasan yang terdampak abu vulkanik untuk keamanan

Bagian mobil Toyota yang rentan serangan abu vulkanik selanjutnya adalah filter mobil. Fungsinya adalah untuk menyaring udara yang akan masuk ke dalam mesin mobil, bagian ini bisa diibaratkan sebagai hidung manusia. Jadi ketika melintasi daerah yang terkena erupsi gunung berapi bisa membuat filter udara menjadi cepat kotor. Memang dari segi sifatnya terbilang sangat halus dan juga korosif. Namun dalam hal ini tidak dapat diremehkan karena dapat mengganggu kesehatan pada mesin kendaraan. Untuk menjaga kondisi mesin sangat disarankan dengan mengganti filter udaranya.

>>> Baca, Putaran Mesin Toyota Agya Tidak Stabil, Begini Solusinya!

4. Bagian AC Mobil

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang panel pengatur AC Mobil

Saat melintasi kawasan yang terdampak abu vulkanik segera tutup kaca jendela mobil dengan rapat

Pada saat melintasi kawasan yang terkena dampak abu vulkanik diharapkan untuk selalu waspada. Pengemudi ataupun penumpang diharapkan tidak membuka kaca mobil. Karena saat dibuka maka abu vulkanik akan masuk ke dalam kabin mobil dan beresiko tersedot sirkulasi AC sehingga beresiko menyumbat bagian ini. Tidak hanya itu saja, abu vulkanik yang tajam dan memiliki sifat korosif bisa menyebabkan kerusakan pada komponen AC mobil yang dilewati. Ditambah lagi saat udara yang dikeluarkan AC terkontaminasi bisa membahayakan bagi kesehatan. Saat udara sudah terkontaminasi maka mau tidak mau akan terhirup oleh pengemudi dan penumpang. Jadi selalu berhati-hati dan waspada serta mengutamakan keselamatan dan kesehatan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa bagian mobil Toyota yang rentan serangan abu vulkanik. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Alasan Mobil Bekas Toyota Memiliki Harga Jual Tinggi, Pemilik Juga Berperan

    Alasan Mobil Bekas Toyota Memiliki Harga Jual Tinggi, Pemilik Juga Berperan

    Abdul

    Ketika membeli sebuah mobil kadang terpikir untuk menjualnya lagi. Dengan begitu maka seseorang akan memilih mobil dengan lebih teliti lagi. Salah satu brand mobil yang dapat dipilih adalah Toyota. Mobil bekas Toyota mempunyai harga jual yang terbilang sangat baik.

  • Mobil Terjadi Masalah Di Jalan Tol, Lakukan Hal Ini

    Mobil Terjadi Masalah Di Jalan Tol, Lakukan Hal Ini

    Abdul

    Jalan tol menjadi pilihan favorit masyarakat yang ingin bepergian dengan jarak cukup jauh. Selain bisa lebih cepat, kondisi jalan juga baik dan nyaman saat dilewati. Namun masalah di jalan tol kadang bisa terjadi tanpa diketahui kapan dan lokasi tepatnya, yang pasti kita harus lebih waspada.

  • Mengatur Rencana Keuangan, Tips Memasukkan Asuransi Mobil Di Dalamnya

    Mengatur Rencana Keuangan, Tips Memasukkan Asuransi Mobil Di Dalamnya

    Abdul

    Kebutuhan sehari-hari kadang menuntut kita untuk mengeluarkan setiap harinya. Hal tersebut terbilang wajar karena memang kebutuhan haruslah didahulukan. Namun yang perlu jadi pertimbangan adalah pengeluaran lain selain kebutuhan ekonomi keluarga. Jadi sebuah keluarga perlu mempunyai rencana keuangan supaya dapat teratur dan cukup untuk semua kebutuhan.