Hari-Hati, Ada Peringatan Di Fitur SRS Airbag Pada Toyota Fortuner Yang Tidak Boleh Dilakukan

14/12/2018

Berkendara menggunakan mobil tentu menginginkan selamat sampai tujuan tanpa ada masalah. Apalagi kecelakaan yang bisa menimbulkan cedera parah ataupun kematian. Oleh sebab itu dari pihak produsen memberikan fitur SRS Airbag pada Toyota Fortuner. Dengan adanya fitur ini menjadikan pengendara lebih tenang selama perjalanan.

Namun terdapat beberapa peringatan yang perlu diperhatikan supaya fitur SRS airbag pada Toyota Fortuner dapat mengembang. Dengan begitu pengendara dan juga penumpang tidak akan panik dan beberapa resiko akibat kecelakaan dapat dihindari.

Gambar ini menunjukkan Toyota Fortuner warna putih tampak depan sedang melintasi jalanan miring

Toyota Fortuner mobil SUV tangguh dengan mesin yang bertenaga

Pada SRS airbag mempunyai kekuatan tertentu saat mengembang terutama untuk bagian penumpang depan.  Kekuatannya telah diatur oleh pihak produsen sedemikian rupa supaya dapat melindungi penumpang dari benturan. Namun apabila penumpang terlalu dekat dengan airbag beresiko menimbulkan cedera lebih parah ataupun kematian.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga Mobil Toyota terbaru

Jadi sangatlah disarankan untuk penumpang depan sebaiknya memperhatikan hal ini. Sebaiknya melakukan penyetelan dan diatur sejauh mungkin dari airbag. Dengan begitu penumpang akan duduk dengan tegak dan keamanan lebih terjamin saat Airbag mengembang.

Begitu juga saat membawa seorang anak ataupun bayi, apabila didekap dengan cara yang salah malah memiliki resiko yang lebih saat proses airbag mengembang. Jadi untuk sang buah hati yang masih terlalu kecil dan belum bisa dipasangi sabuk pengaman sebaiknya memakai sistem perlindungan khusus anak-anak.

Gambar ini menunjukkan tempat airbag dengan tulisan SRS Airbag yang letaknya di dashboard mobil

Jangan biarkan anak-anak berdiri di depan tempat airbag

>>> Lihat juga, Tips Optimasi Toyota Innova dan Fortuner Supaya Lebih Mantap

Dari pihak Toyota memperhatikan benar hal ini, terutama untuk produk Toyota Fortuner. Yang mana sangat direkomendasikan untuk sang buah hati duduk di bangku belakang supaya dapat terlindung dengan benar. Karena kursi bagian belakang lebih aman apabila dibandingkan dengan kursi bagian depan.

Untuk keamanan yang perlu diperhatikan adalah posisi duduk untuk penumpang depan. Jangan terlalu di ujung kursi ataupun menunduk menuju arah dashboard. Apalagi untuk anak-anak tidak boleh berada di depan airbag dengan posisi berdiri ataupun dipangku. Memang fitur SRS airbag pada Toyota Fortuner dapat memberikan perlindungan, namun juga bisa membahayakan bila berada terlalu dekat dengannya.

Selain itu, yang tidak boleh dilakukan adalah membawa barang bawaan dengan lutut sebagai penahannya. Begitu juga meletakkan barang bawaan di bagian dashboard ataupun pada kemudi mobil. Lebih baik ditempatkan di bagasi, jika tidak bisa diletakkan di kursi bagian belakang.

Jika tetap ditempatkan pada bagian tersebut dikhawatirkan dapat menjadi proyektil pada saat airbag sedang mengembang. Selain itu sangat dilarang untuk memukul dengan tekanan yang cukup signifikan pada bagian atau tempat berada airbag. Hal tersebut menjadikan fitur SRS airbag pada Toyota Fortuner menjadi malfungsi.

>>> Baca juga, Ingin Membeli Mobil Toyota Fortuner Bekas, Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Kecewa

Gambar ini menunjukkan interior Toyota Fortuner dengan airbag depan mengembang

Pastikan posisi duduk dengan benar supaya aman saat airbag mengembang

Selanjutnya saat airbag telah mengembang jangan menyentuh bagian apapun di sekitar airbag. Hal tersebut dikarenakan beberapa bagian akan terasa panas hasil dari kinerja airbag. Apabila dalam kondisi airbag mengembang sistem pernafasan mulai terganggu, maka jalan yang bisa diambil adalah dengan membuka jendela atau pintu mobil. Dengan begitu udara akan masuk ke dalam kabin dan pernapasan menjadi lancar. Apabila memungkinkan lebih baik segera meninggalkan mobil dan beristirahat di tempat yang aman.

Kemudian bisa dilanjutkan dengan mencari air dan mencuci residu apapun yang terjadi supaya tidak terkena iritasi pada bagian kulit. Jika terdapat kerusakan seperti retak pada fitur SRS airbag pada Toyota Fortuner yang terletak pada kemudi, garnish pilar depan dan belakang, maka sebaiknya dilakukan perbaikan. Umumnya akan dilakukan penggantian, lakukanlah di bengkel resmi Toyota. Dengan begitu kinerjanya kembali dapat maksimal dan dapat melindungi pengendara dan penumpang dengan baik.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca