Harap Diperhatikan, Ini Penyebab Tarikan Mobil Toyota Berat

05/12/2020

Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab tarikan mobil Toyota berat. Tentunya hal ini perlu diperhatikan supaya dapat segera diatasi dan kondisi mobil kembali seperti sedia kala. Apalagi hal tersebut berhubungan dengan kenyamanan selama berkendara memakai mobil.

Pada saat tarikan mobil sesuai maka kenyamanan akan didapatkan. Alhasil aktivitas yang dilakukan berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada masalah berkat mobil yang mendukungnya. Hanya saja kendaraan yang dipakai terus menerus tanpa dibarengi dengan perawatan berkala membuat tarikan mobil tidak maksimal. Lantas apa yang menjadi penyebab tarikan mobil Toyota berat?

Berikut ini merupakan beberapa penyebabnya yang perlu diperhatikan oleh pemiliknya.

1. Menipisnya kampas Kopling Pada Mobil

Gambar ini menunjukkan kampas kopling untuk mobil

Tarikan mobil Toyota terasa berat umumnya ada masalah pada salah satu komponen kendaraan

>>> Lihat Juga, Ingin Tidak Antre Di Bengkel Mobil? Perhatikan Hal Berikut Ini

Daya cengkram akan melemah terhadap flywheel apabila kampas kopling kondisinya sudah tipis. Baik mobil manual ataupun otomatis dapat mengalami hal ini, hanya saja untuk gejalanya ada perbedaan. Namun untuk saat ini kita fokuskan pada mobil dengan transmisi manual.

Fungsi kampas kopling akan tidak maksimal dan menjadikannya selip pada saat kampas kopling telah menipis yang membuat tarikan mobil jadi terasa berat. Tidak hanya itu saja, karena hal ini juga bisa muncul gejala lainnya yakni di bawah mobil mengalami getaran yang berbeda ketika sedang dikendarai. Untuk solusinya adalah dengan melakukan penggantian plat kopling mobil dengan yang baru.

2. Ada Masalah Pada Bearing Roda

Adapun kegunaan dari bearing roda adalah menjadi bantalan roda untuk steering knuckle. Bahkan saat pelumasannya kurang maka fungsinya akan menurun dan membuat roda jadi seret sehingga beban mobil menjadi lebih berat. Kenyamanan selama berkendara juga akan kurang karena suara yang tidak lazim akan muncul ketika mobil dikendarai. Oleh sebab itulah pelumasan perlu dijaga dengan baik.

3. Sistem Pengereman Mencengkeram Terlalu Kuat

Rem mobil menjadi salah satu bagian kendaraan yang sangat penting. Memang daya cengkeram yang dimiliki harus kuat, namun jika terlalu berlebihan dapat membuat mobil terasa jadi berat. Adapun hal tersebut biasanya terjadi pada rem tromol yang terlalu kuat dalam proses penyetelan. Solusinya adalah dengan melakukan penyetelan ulang.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan ilustrasi cara kerja sistem pengereman ABS

Sisitem pengereman ABS mendukung keselamatan berkendara

>>> Baca Juga, Melirik Kehebatan Mesin Toyota Corolla Cross Hybrid Untuk Pengendaraan Fun To Drive

4. Transmisi Mengalami Masalah

Adapun penyebab tarikan mobil Toyota berat selanjutnya adalah transmisi mobil yang sedang mengalami masalah. Jadi transmisi menjadi salah satu bagian mobil yang penting, jika ada plat gigi yang terhimpit atau menempel bagian yang lain membuat perpindahan gigi jadi terhambat. Jika sudah begitu maka proses penggantian tidak dapat dilakukan. Apabila sudah begitu solusinya adalah membawanya ke bengkel untuk dilakukan perbaikan dan mengecek kondisi transmisi mobil.

5. Terjadi Kemacetan Pada Turbo Vane

Power dan torsi mesin dapat didongkrak dengan turbo di mesin diesel. Hal tersebut juga didukung dengan turbo vane yang berfungsi untuk menjaga katup dalam pengaturan boosting udara yang berasal dari turbo. Apabila katupnya terus menerus tertutup maka udara yang menuju ke bagian mesin juga tertutup Jika sudah begitu maka membuat tarikan mobil jadi berat karena RPM tidak dapat maksimal meskipun pedal gas telah ditekan maksimal. Untuk solusinya dengan membawa ke bengkel resmi untuk perbaikan.

6. Catalytic Converter Terjadi Kemampetan

Catalytic converter bertugas untuk mengubah gas buang menjadi tidak polutan. Mengingat gas buang mempunyai sifat beracun, dengan komponen tersebut maka polutan akan diserap dan gas buang yang dikeluarkan dengan melalui knalpot jadi tidak berbahaya. Bila tidak dilakukan penggantian maka akan berubah jadi kerak polutan yang telah diserapnya. Jika dibiarkan rongga katalis jadi tertutup dan gas buang mampet sehingga RPM jadi tidak bisa maksimal didapatkan. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan pembersihan atau penggantian dengan rutin.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan 3 kisi-kisi AC mobil bentuk bulat

Perawatan diperlukan supaya mobil tetap punya tarikan yang maksimal

7. AC Mobil Bermasalah

Jika sirkulasi AC mobil tersumbat atau bermasalah maka bisa menjadi penyebab tarikan mobil Toyota berat. Untuk tandanya adalah suhu AC yang tidak dingin seperti saat kondisi prima. Jika mengalaminya dan mobil tarikannya berat maka sebaiknya segera dilakukan pengecekan di bengkel resmi.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Oh Ini Sebab Sistem Penggerak Roda Toyota Avanza Pakai RWD Sampai Saat Ini

    Oh Ini Sebab Sistem Penggerak Roda Toyota Avanza Pakai RWD Sampai Saat Ini

    Abdul

    Siapa yang tidak kenal dengan Toyota Avanza, sebuah kendaraan MPV yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Bahkan dari kalangan bawah sampai atas banyak yang mengetahui akan mobil ini. Di pedesaan juga mudah menemukan mobil tersebut. Tapi tahukah Sobat, selain soal kelebihan yang dimiliki sistem penggerak roda Toyota Avanza mengandalkan roda belakang atau RWD (Rear Wheel Drive).

  • Beberapa Alasan Toyota Agya Diincar Di Perkotaan Bisa Jadi Referensi

    Beberapa Alasan Toyota Agya Diincar Di Perkotaan Bisa Jadi Referensi

    Abdul

    Terdapat alasan Toyota Agya diincar di perkotaan. Jadi mobil besutan Toyota satu ini memang digemari untuk melintasi daerah perkotaan. Tentunya terdapat alasan tersendiri bagi masyarakat yang mencarinya. Apakah Sobat termasuk salah satunya?

  • Melirik Kehebatan Toyota Fortuner 4x4 2020, Mobil SUV Toyota Yang Tangguh

    Melirik Kehebatan Toyota Fortuner 4x4 2020, Mobil SUV Toyota Yang Tangguh

    Abdul

    Toyota Fortuner 4x4 2020 merupakan kendaraan SUV tangguh yang dapat diandalkan untuk melintasi segala medan. Teknologi yang diberikan juga mumpuni dan dapat digunakan untuk bepergian bersama keluarga tercinta. Lantas apa kehebatan Toyota Fortuner 4x4 2020?

International