Hal Yang Harus Dilakukan Agar Kopling Mobil Toyota Bertahan lama

13/05/2018

Pada umumnya Mobil yang digunakan belum mencapai 100 ribu kilometer tidak akan terdapat masalah pada koplingnya. Akan tetapi jika terjadi berarti bisa jadi penyebabnya adalah cara berkendara yang terbilang kurang tepat. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh medan yang dilalui sehingga memaksa kopling untuk bekerja lebih keras. Untuk membuat kopling Mobil Toyota bertahan lama, sebaiknya memperhatikan beberapa hal saat berkendara.

Kopling Mobil mempunyai fungsi yang cukup penting seperti memutuskan atau menghubungkan antara tenaga mesin dengan gigi transmisi pada kendaraan. Selain itu, fungsi lainnya adalah membuat perpindahan gigi menjadi lebih halus. Dengan adanya pedal kopling, dapat memberikan kemudahan bagi pengendara ketika akan melakukan perpindahan gigi transmisi dengan tuas perseneling.

Sangat disayangkan bukan Mobil yang umurnya baru 60 ribu kilometer tapi sudah harus melakukan pergantian kopling. Untuk mengatasi masalah tersebut, kami memberikan tips di bawah ini dengan tujuan agar kopling Mobil Toyota bertahan lama.

Gambar ini menunjukkan pedal pada mobil manual yang meliputi pedal rem, gas dan kopling

Kopling Mobil merupakan salah satu fitur kenyamanan pada kendaraan

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah saat perilaku kaki terhadap pedal kopling. Untuk menjaga kondisi kopling sebaiknya menghindari meletakkan kaki pada pedal kopling terlalu sering dalam kondisi Mobil berjalan. Hal tersebut bisa berakibat plat kopling yang berada pada clutch cover cepat mengalami keausan dan release bearing juga mudah rusak. Jadi jangan menekan pedal kopling saat tidak dibutuhkan.

Tips selanjutnya supaya Kopling Mobil Toyota Bertahan lama adalah dengan menggunakan hand rem saat berada di tanjakan dengan keadaan macet panjang. Apabila menggunakan setengah kopling dalam waktu terlalu lama bisa menyebabkan kampas cepat habis. Selain itu, terlalu lama menekan setengah kopling juga bisa menyebabkan permukaan preasure plate pada cover dan juga permukaan roda gila menjadi terkikis.

>>> Mungkin Anda tertarik, inilah daftar Harga Mobil Toyota terbaru yang ditawarkan oleh Cintamobil.com

Pada saat berkendara diharapkan untuk menjaga kondisi Mobil tetap prima. Salah satunya adalah dengan melepas kopling secara perlahan. Apabila saat melepas pedal kopling perlakuannya terlalu kasar dapat menjadikan rusaknya permukaan plat kopling serta berakibat kopling yang akan bergetar ketika pedal ditekan.

Selain itu untuk Mobil dengan minyak kopling sebaiknya melakukan pemeriksaan atas kemungkinan terjadinya kebocoran. Periksalah bagian master kopling bawah apakah terdapat kebocoran atau tidak. Hal ini dikarenakan saat pedal diinjak maka beban berat akan tertumpu pada master kopling bawah.

Gambar ini menunjukkan tuas transmisi pada mobil manual denga tulisan R dan angka 1 sampai5

Tuas perseneling berguna untuk memindhkan gigi transmisi setelah pedal kopling ditekan

Untuk Mobil yang menggunakan tali kopling seperti misalnya Avanza Xenia 1,3 liter manual, perlu dilakukan pemeriksaan pada setelan pedal koplingnya. Supaya Mobil dapat nyaman dikendarai dan kopling dalam keadaan yang baik.

>>> Baca juga, Tips Merawat Mobil Tua Toyota Kijang Agar Tetap Awet Dan Performa Maksimal

Selanjutnya dalam menjaga kondisi kopling Mobil agar dapat bertahan lama adalah dengan melakukan pergantian seal crancshaft belakang. Pergantian ini dilakukan ketika terjadi kebocoran oli pada bagian sambungan mesin dan juga transmisi Mobil. apabila dihiraukan atau dibiarkan saja maka dapat berakibat selip pada kopling akibat oli yang datang dari kebocoran tersebut.

Untuk tips terakhir agar Kopling Mobil Toyota Bertahan lama adalah dengan melakukan servis. Jika dirasa kaki kerap terasa pegal saat menekan pedal kopling yang terlalu berat, maka memeriksakan tekanan pedal kopling sangat direkomendasikan. Dengan begitu kopling Anda akan dilakukan pengecekan dan perbaikan jika ada masalah.

Gambar ini menunjukkan beberapa komponen kopling pada Mobil

Komponen kopling pada Mobil yang terdapat kerusakan bisa mengganggu kenyamanan berkendara

Untuk cara kerjanya adalah saat pedal kopling ditekan, maka putaran mesin yang diteruskan menuju transmisi akan terputus. Pada kondisi ini pengendara bisa memindahkan gigi transmisi dengan bantuan perseneling. Sedangkan ketika pedal kopling tidak ditekan maka putaran yang terjadi pada mesin akan terhubung dengan transmisi Mobil.

Demikianlah informasi mengenai tips agar kopling Mobil Toyota bertahan lama. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini jika anda berniat membeli Mobil bekas Toyota

Abdul Kosim
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • 3 Hal Saat Mengemudi Mobil Bagi Ibu Hamil Yang Perlu Diperhatikan

    3 Hal Saat Mengemudi Mobil Bagi Ibu Hamil Yang Perlu Diperhatikan

    Abdul

    Mengendarai Mobil memang bukan perkara yang sulit apabila sudah terbiasa. Namun bagi ibu hamil mungkin ini bisa jadi pikiran, apakah boleh atau tidak. Pada standar keamanan dalam mengemudi Mobil, sebenarnya tidak jauh berbeda antara ibu hamil dan tidak. Akan tetapi saat mengandung tentu ada rasa kekhawatiran jika harus mengemudi Mobil. Lantas sebenarnya boleh tidak sih mengemudi Mobil bagi ibu hamil?

  • Beberapa Teknik Parkir Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Beberapa Teknik Parkir Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Abdul

    Dalam mengemudi Mobil dituntut supaya mahir dalam mengendalikannya dalam segala situasi. Dengan begitu akan tercipta rasa nyaman saat berkendara, baik bagi diri sendiri dan pengendara lain. Begitu juga teknik parkir Mobil yang perlu diketahui, supaya dapat menempatkan kendaraan dengan baik dan aman. Mengingat saat parkir kadang berada di tempat yang sempit karena penuh.

  • Beberapa Tips Berkendara Yang Aman Di Jalan Perlu Diperhatikan

    Beberapa Tips Berkendara Yang Aman Di Jalan Perlu Diperhatikan

    Abdul

    Berkendara menggunakan Mobil memang menyenangkan dan nyaman. Namun jangan sampai lupa untuk berkendara yang aman di jalan. Apalagi di jaman sekarang banyak kendaraan yang berada di jalanan, sehingga memerlukan daya konsentrasi dan kewaspadaan tinggi ketika berkendara.