Hal Perlu Diperhatikan Saat Mengemudi Mobil SUV Toyota Bagi Wanita

26/04/2021

Mobil SUV Toyota menjadi salah satu segmen kendaraan yang cukup diminati oleh wanita. Toyota Fortuner adalah salah satunya, bodi yang dimiliki besar dan memancarkan aura ketangguhan dan kegagahan. Mengemudikan mobil SUV yang berdimensi bongsor berbeda dengan city car atau Hatchback. Nah kali ini kami akan memberikan tips dalam mengemudi mobil SUV Toyota bagi wanita.

Mengemudi mobil SUV Toyota bagi wanita harap lebih berhati-hati. Hal tersebut dikarenakan bodinya yang besar membuat pengendalian lebih sulit dibandingkan segmen lain seperti MPV, sedan dan juga Hatchback. Nah terdapat 3 hal yang perlu diperhatikan supaya pengendalian mobil SUV Toyota bisa lebih aman dan nyaman selama di jalan.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Fortuner tampak samping

Dimensi mobil SUV besar dan memiliki titik blind spot yang besar

>>> Lihat Juga, Ini Dia Alasan Toyota Fortuner Cocok Untuk Eksekutif Muda

1. Meminimalkan Blind Spot

Seperti yang telah diketahui, bahwa ukuran mobil yang besar tentu mempunyai area blind spot yang besar juga. Oleh sebab itulah memastikan pengemudi wanita mendapat visibilitas yang baik terhadap jalanan sangatlah penting. Dalam hal ini visibilitas pada bagian depan, samping dan juga belakang kendaraan.

Adapun hal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengaturan posisi duduk yang paling baik dan nyaman serti mudah dalam melihat kondisi sekitar kendaraan. Manfaatkan fitur yang ada pada mobil seperti spion pada kendaraan.

2. Mempelajari Dimensi Mobil SUV Toyota

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah dimensi mobil SUV lebih panjang dan tinggi. Dengan begitu ketika melaju di jalanan yang sempit atau saat parkir di mal cukup menyulitkan. Untuk solusinya bisa dengan mempelajari dimensi kendaraan yang dimiliki. Dalam hal ini bisa memanfaatkan spion kendaraan sehingga dapat diketahui panjang, tinggi dan lebar mobil yang dimiliki. Bahkan hal tersebut juga bisa membuat manuver dilakukan dengan mudah seperti saat melaju di jalan kecil dan berpapasan dengan kendaraan lain.

3. Memperhatikan Jarak Pengereman Mobil SUV

Mengemudi mobil suv Toyota bagi wanita juga harus memperhatikan jarak pengereman. Jadi ada perbedaan dengan non SUV dan pengereman dilakukan lebih awal. Hal tersebut dikarenakan jarak pengereman yang dimiliki lebih panjang karena bobot mobil juga lebih berat. Ditambah lagi saat menggunakan mobil bongsor biasanya performa mesinnya sangat mumpuni sehingga menggoda untuk dipacu dengan lebih. Memang telah diberikan sistem pengereman ABS, namun tetap harus memperhatikan jarak aman ketika melakukan pengereman.

>>> Baca Juga, Mengetahui Fitur Toyota Fortuner Generasi Pertama Yang Cukup lengkap Di Zamannya

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang mengemudi mobil

Pengemudi wanita terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengemudi mobil SUV

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

4. Lebih Berhati-Hati Ketika Akan Melakukan Manuver

Pada saat mengemudikan mobil bongsor diharapkan untuk melakukan pergerakan dengan tiba-tiba, apalagi saat dalam kecepatan yang tinggi. Mobil SUV biasanya mempunyai postur yang tinggi sehingga gravitasi yang dimiliki juga tinggi. Jadi ketika melakukan manuver secara tiba-tiba dalam kecepatan tinggi bisa berisiko mobil terbalik jadi lebih besar. Begitupun dengan titik blind spot yang juga besar.

5. Fitur Di Dalam Mobil Dimanfaatkan Dengan Baik

Pada saat mengemudi mobil diharapkan tidak melupakan tentang fitur yang diberikan. Apalagi mobil yang dimiliki segmen SUV dengan bodi yang besar, salah satunya adalah memanfaatkan kamera mundur ketika akan parkir atau melaju mundur. Fitur lain yang bisa dimanfaatkan adalah Blind Spot Monitoring yang terdapat pada Toyota Safety Sense yang bisa mengetahui apakah ada objek atau tidak di area blind spot. Vehicle Stability Control berguna untuk menjaga kestabilan ketika melakukan manuver dan Hill Start Assist saat berguna di jalan menanjak.

>>> Baca Juga, Melirik Kehebatan Toyota Fortuner 4x4 2020, Mobil SUV Toyota Yang Tangguh

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Toyota Fortuner

Banyak fitur yang bermanfaat di dalam mobil SUV

6. Meningkatkan Skill Mengemudi Mobil

Hal terakhir yang perlu diperhatikan ketika  mengemudi mobil SUV Toyota bagi wanita adalah skill pengemudian. Dengan melakukan latihan secara sering maka akan meningkatkan skill pengemudiannya. Penerapan soft skill dan hard skill diperlukan.

Soft skill merupakan ilmu pengemudian yang meliputi etika, perilaku serta kebiasaan di jalan raya yang aman. Sedangkan hard skill merupakan ilmu mengenai pengenalan, pemahaman dan juga pengoperasian terhadap kendaraan dengan baik dan benar. Jangan lupa pula untuk membaca buku manual kendaraan supaya dapat diketahui seluk beluk tentang kendaraan supaya bisa lebih optimal dalam pengoperasian.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Fungsi Dan Penggunaan Tombol Perseneling Mobil Matic

    Fungsi Dan Penggunaan Tombol Perseneling Mobil Matic

    Abdul

    Mobil transmisi otomatis mempunyai banyak penggemar karena kemudahan yang ditawarkan. Dimana dalam perpindahan transmisi tidak perlu menggunakan pedal kopling dan juga hal lainnya. Bila dibandingkan dengan transmisi manual tentunya terdapat perbedaan dalam pengoperasian. Pada mobil transmisi otomatis terdapat tombol perseneling mobil matic yang tentunya mempunyai fungsi sendiri pada kendaraan.

  • Beberapa Keuntungan Mobil Kapasitas Kecil Menggunakan Mesin Turbo Mini

    Beberapa Keuntungan Mobil Kapasitas Kecil Menggunakan Mesin Turbo Mini

    Abdul

    Pada sejumlah kendaraan akan ditemui mesin turbo mini. Jadi untuk saat ini mesin turbo tidak hanya ditujukan untuk kendaraan dengan mobil yang memiliki kapasitas besar ataupun performa tinggi. Dengan menggunakan perangkat turbo dapat membuat efisiensi bahan bakar bisa meningkat dan performanya disetarakan.

  • Beberapa Kelebihan Transmisi CVT Di Mobil SUV Toyota

    Beberapa Kelebihan Transmisi CVT Di Mobil SUV Toyota

    Abdul

    Mobil SUV siap menerjang segala medan dengan membawa kesan gagah dan juga tangguh. Selain itu, penggunaan transmisi CVT menjadi keuntungan tersendiri yang dirasakan oleh pemiliknya. Jadi terdapat beberapa Kelebihan Transmisi CVT Di Mobil SUV Toyota yang bisa didapatkan.

International