Hal Perlu diperhatikan Agar Mengemudi Mobil SUV Toyota Hemat BBM

03/05/2021

Mobil Toyota mempunyai beragam segmen yang diberikan dari mulai MPV, Sedan, SUV dan lainnya. Nah untuk kali ini kami akan membahas terkait mobil SUV. Nah mobil SUV sendiri merupakan jenis kendaraan yang dapat digunakan untuk menerjang jalanan segala medan. Ditambah lagi salah satu faktor pada kendaraan yang kerap menjadi perhatian adalah bahan bakar. Kami akan membahas mengenai hal yang perlu diperhatikan supaya mengemudi mobil SUV Toyota hemat BBM.

Mobil SUV merupakan sebuah kendaraan dengan bobot dan dimensi yang besar. Tampilannya sangat gagah dan gahar serta dapat digunakan untuk melintasi jalanan segala medan. Jadi ketika pergi ke tempat dengan jalanan yang rusak atau masih tanah dapat dilewati dengan handal. Nah untuk membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien, berikut ini merupakan beberapa hal perlu diperhatikan dalam mengemudi mobil SUV Toyota.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Rush  tampak bagian depan

Ada beberapa model mobil SUV Toyota

>>> Baca Juga, Hal Perlu Diperhatikan Saat Mengemudi Mobil SUV Toyota Bagi Wanita

1. Memastikan Ban Mobil Punya Tekanan Angin Yang Ideal

Adapun perhatian pertama ada pada ban pada mobil. Salah satu hal yang dapat membuat konsumsi bahan bakar mobil SUV lebih efisien adalah tekanan ban mobil ideal. Pada saat ban kurang angin maka bahan bakar bisa lebih boros meskipun sedikit. Hal tersebut karena lebih besar tapak ban pada jalan atau bidang gesek yang lebih besar sehingga pemutaran roda membutuhkan tenaga yang lebih.

2. Tidak Menekan Pedal Gas Secara Mendadak

Langkah kedua supaya bisa lebih irit BBM pada mobil SUV Toyota adalah dengan menjalankan mobilnya secara lembut. Baik mobil dengan transmisi manual ataupun matic perlakukan penekanan pedal gas harus lembut jika ingin hemat BBM. Jadi pada saat pedal gas diinjak secara mendadak maka dapat membuat konsumsi BBM bisa lebih boros.

3. Menghindari Pengereman Mendadak

Begitupun pengeraman mobil, agar mengemudi mobil SUV Toyota bisa lebih hemat maka hindari untuk mengerem secara mendadak. Hal tersebut dikarenakan ketika rem mendadak dilakukan maka saat ingin mendapat tenaga kembali perlu menekan pedal gas secara dalam. Untuk langkah yang dapat dilakukan adalah menjaga jarak aman sehingga saat mobil depan mengerem bisa sigap dalam menurunkan kecepatan.

>>> Baca Juga, Melirik Kehebatan Toyota Fortuner 4x4 2020, Mobil SUV Toyota Yang Tangguh

Gambar ini menunjukkan kaki menekan pedal rem

Bahan bakar bisa lebih hemat dengan beberapa hal yang diperhatikan

4. Tidak Mengisi Mobil Dengan Beban Berlebih

Mobil SUV mempunyai dimensi yang besar dan tampak tangguh. Dengan begitu pemilik bisa tergoda untuk membawa barang banyak di dalam mobil. Hal tersebut tidak masalah asalkan tidak melebihi beban maksimal yang direkomendasikan pihak pabrikan. Jika disebutkan secara teori maka begini, adanya beban barang bawaan pada mobil tiap 100 kg bisa membuat konsumsi BBM terpangkas 3%.

>>> Lihat Juga, Ini Dia Alasan Toyota Fortuner Cocok Untuk Eksekutif Muda

5. Mengatur Suhu Ideal Pada AC Mobil

Saat ini AC sudah menjadi fitur standar pada kendaraan. Jadi AC seakan harus ada pada mobil supaya perjalanan lebih nyaman dan menyenangkan. Dalam pembahasan kali ini, apabila ingin membuat lebih irit BBM maka pengaturan AC harus seideal mungkin.

Gambar ini menunjukkan pengaturan AC Mobil

Utamakan kenyamanan di dalam kabin baru hemat BBM

6. Melakukan Servis Secara Berkala

Mengemudi mobil SUV Toyota supaya irit BBM, yang perlu diperhatikan terakhir adalah perawatan atau servis. Jadi dengan perawatan mobil di bengkel resmi secara rutin dapat membuat konsumsi bahan bakar lebih irit. Ditambah lagi dengan melakukan servis rutin saat ada masalah kecil dapat segera diperbaiki sebelum berubah menjadi besar.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Fungsi Dan Penggunaan Tombol Perseneling Mobil Matic

    Fungsi Dan Penggunaan Tombol Perseneling Mobil Matic

    Abdul

    Mobil transmisi otomatis mempunyai banyak penggemar karena kemudahan yang ditawarkan. Dimana dalam perpindahan transmisi tidak perlu menggunakan pedal kopling dan juga hal lainnya. Bila dibandingkan dengan transmisi manual tentunya terdapat perbedaan dalam pengoperasian. Pada mobil transmisi otomatis terdapat tombol perseneling mobil matic yang tentunya mempunyai fungsi sendiri pada kendaraan.

  • Beberapa Keuntungan Mobil Kapasitas Kecil Menggunakan Mesin Turbo Mini

    Beberapa Keuntungan Mobil Kapasitas Kecil Menggunakan Mesin Turbo Mini

    Abdul

    Pada sejumlah kendaraan akan ditemui mesin turbo mini. Jadi untuk saat ini mesin turbo tidak hanya ditujukan untuk kendaraan dengan mobil yang memiliki kapasitas besar ataupun performa tinggi. Dengan menggunakan perangkat turbo dapat membuat efisiensi bahan bakar bisa meningkat dan performanya disetarakan.

  • Beberapa Kelebihan Transmisi CVT Di Mobil SUV Toyota

    Beberapa Kelebihan Transmisi CVT Di Mobil SUV Toyota

    Abdul

    Mobil SUV siap menerjang segala medan dengan membawa kesan gagah dan juga tangguh. Selain itu, penggunaan transmisi CVT menjadi keuntungan tersendiri yang dirasakan oleh pemiliknya. Jadi terdapat beberapa Kelebihan Transmisi CVT Di Mobil SUV Toyota yang bisa didapatkan.

International