Gak Boleh Sembarangan, Begini Tips Mengemudi Mobil Di Jalan Tol Yang Aman

04/11/2018

Ingin lebih cepat sampai tujuan maka disarankan untuk mengemudi mobil di jalan tol. Jalanan yang dilewati terbilang cukup longgar dan besar serta sering dikenal dengan jalan bebas hambatan. Namun yang perlu diperhatikan adalah, saat ingin melewatinya harus membayarnya karena sudah menikmati kenyamanan yang disediakan.

Ketika mengemudi mobil di jalan tol terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tujuannya adalah supaya tetap aman dan nyaman, sehingga dapat sampai tujuan dengan selamat. Bagi pengemudi pemula biasanya akan merasa tegang ketika melewati jalan tol. Memang tidak ada yang salah, akan tetapi pengendara dituntut melajukan kendaraan dengan kecepatan lebih tinggi.

Berikut ini merupakan beberapa tips mengemudi mobil di jalan tol yang perlu dijadikan perhatian.

1. Menyiapkan uang, karcis atau kartu e-toll untuk bayar tol

Pada saat masuk menuju gerbang tol biasanya terdapat loket pembayaran. Yang mana pengemudi mobil harus membayar dengan cara membeli karcis sehingga dapat melewati tol. Bahkan di jaman sekarang sudah canggih, yang mana telah terdapat kartu e-toll yang bentuknya seperti atm untuk membayar tol. Pengemudi hanya tinggal menempelkan kartu saja dan otomatis gerbang tol terbuka dan dana di kartu berkurang.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang tongkat untuk menempelkan kartu E-toll

Pembayaran lebih mudah dengan menggunakan kartu E-toll

Sobat juga harus memperhatikan jalur tol yang dilewati saat berada di gerbang tol. Karena jika tidak bisa salah dalam proses pembayaran, seperti misalnya masuk pada gerbang tol dengan pembayaran kartu e-toll, namun ternyata tidak memilikinya. Hal ini akan membuat antrian panjang dan bisa terjadi kemacetan. Biasanya solusinya adalah meminjam kartu pada pengendara lain di belakang.

>>> Lihat juga, Ingin Mobil Tetap Nyaman, Ketahui Bagian Penting Pada Interior Mobil Yang Perlu Dirawat

2. Menggunakan jalur yang tepat

Gambar ini menunjkkan seuah mobil bus warna merah dan putih sedang melaju di jalanan

Jalur kanan di jalan tol digunakan untuk mendahului

Setelah melewati gerbang tol pengemudi juga harus memperhatikan jalur yang dilewati. Biasanya akan terdapat rambu yang menyarankan untuk melaju di jalur kiri. Karena untuk jalur kanan diperuntukkan untuk kendaraan lain yang berniat mendahului. Pada jalan tol sendiri biasanya mempunyai 3 jalur, yang paling kiri untuk kendaraan berat, yang tengah umum dan yang paling kanan khusus untuk mendahului.

>>> Cari tempat terpercaya untuk membeli mobil bekas dan baru buatan Toyota? Jangan ragu klik di sini

3. Memperhatikan rambu yang telah disediakan

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil pick up dan mobil lain sedang melaju dan terdapat rambu batas kecepatan

Patuhi rambu-rambu yang tersedia ketika melintasi jalan tol

Mengemudi mobil di jalan tol juga harus mematuhi setiap rambu-rambu yang telah diberikan, meskipun dinamai jalan bebas hambatan bukan berarti bisa seenaknya. Pada umumnya rambu-rambu yang berada di pinggir jalan adalah mengenai minimal dan maksimal kecepatan, larangan berhenti, larangan mendahului melalui lajur kiri dan larangan untuk melaju melewati bahu jalan tol.

>>> Baca juga, Ingat, Menaati Peraturan Lalu Lintas Di Jalan Sangat Diperlukan!

4. Menjaga jarak aman dengan kendaraan lain

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil sedang melaju di jalan tol

Menjaga jarak dengan kendaraan lain untuk langkah keamanan

Berada di jalan tol tidak selamanya mulus tanpa ada masalah, karena kita tidak tahu apa yang ada di depan. Jadi bisa saja saat melintasi jalan tol terjadi macet ataupun terganggu karena perbaikan jalan. Oleh sebab itu pengendara harus menjaga jarak yang aman dengan pengendara lain di depannya. Tujuannya adalah saat mobil di depan melakukan pengereman mendadak karena terjadi sesuatu, maka sobat bisa segera melakukan pengereman ataupun menyalipnya. Karena jika terlalu dekat bisa mengagetkan dan beresiko menabrak kendaraan di depan.

>>> Baca juga, Perhatikan Beberapa Masalah Mobil Saat Di Jalan Tol Yang Kerap Terjadi

5. Berhati-hati saat berpindah jalur

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil sedang melaju di jalan tol dan terlihat berjejer

Sebelum berpindah jalur pastikan semua aman dan jarak dengan kendaraan lain cukup jauh

Ketika mengemudi mobil di jalan tol alangkah baiknya memperhatikan kondisi sekitar sebelum berpindah jalur. Jadi kendaraan yang melewati jalan tol umumnya memacu kecepatannya cukup tinggi. Jadi sobat harus memastikan kondisinya aman sebelum berniat berpindah jalur.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips mengemudi mobil di jalan tol. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Freon AC Mobil Toyota Sudah Habis atau Belum? Begini Cara Mengeceknya

    Freon AC Mobil Toyota Sudah Habis atau Belum? Begini Cara Mengeceknya

    Padli Nurdin

    Sebagai salah satu komponen paling disukai di daerah perkotaan seperti Jakarta yang panasnya seringkali mendidih, AC mobil adalah kebutuhan paling penting bagi sebagian besar orang. Namun jika kesejukan mobil berkurang, bisa jadi freon AC mobil Toyota Anda mulai menipis.

  • Banyak Cara Buat Punya Mobil, Ini Kelebihan Membeli Mobil Bekas di Diler

    Banyak Cara Buat Punya Mobil, Ini Kelebihan Membeli Mobil Bekas di Diler

    Fatchur Sag

    Mobil bekas memang tak sempurna seperti mobil baru. Meski demikian Anda tak perlu risau sebab Anda masih bisa mendapatkan mobil-mobil bekas berkualitas baik dari penjual individu maupun di diler. Berbicara soal kelebihan dan kekurangan sudah pasti ada, yang penting harus berhati-hati saat menentukan pilihan. Lalu apa kelebihan membeli mobil bekas di diler?

  • Ternyata Merawat AC Mobil Toyota Bisa Buat Bahan Bakar Lebih Hemat

    Ternyata Merawat AC Mobil Toyota Bisa Buat Bahan Bakar Lebih Hemat

    Abdul

    Mempunyai kendaraan yang hemat bahan bakar tentu banyak diinginkan banyak orang. Namun dalam hal ini pihak produsen telah memperhitungkannya sehingga sudah sesuai dengan yang diatur. Akan tetapi dari pihak pemilik bisa membuat lebih hemat bahan bakar dengan melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan perilaku berkendara. Salah satunya adalah dengan merawat AC mobil.