Fungsi Dan Penggunaan Tombol Perseneling Mobil Matic

06/05/2021

Mobil transmisi otomatis mempunyai banyak penggemar karena kemudahan yang ditawarkan. Dimana dalam perpindahan transmisi tidak perlu menggunakan pedal kopling dan juga hal lainnya. Bila dibandingkan dengan transmisi manual tentunya terdapat perbedaan dalam pengoperasian. Pada mobil transmisi otomatis terdapat tombol perseneling mobil matic yang tentunya mempunyai fungsi sendiri pada kendaraan.

Pemberian tombol perseneling mobil matic tentunya memiliki maksud tersendiri. Lantas apa fungsinya?

Gambar ini menunjukkan tuas transmisi dengan tombol

Terdapat tombol pada beberapa tuas perseneling mobil matic dengan fungsi penting

>>> Baca Juga, Beberapa Hal Yang Bisa Buat Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Fungsi Tombol Perseneling Mobil Matic

Pada perseneling mobil matic terdapat 2 desain yang memiliki model berbeda yakni zig-zag dan lurus. Untuk pemberian tombol perseneling terdapat pada perseneling model lurus atau vertikal saja. Ada alasan dimana hal tersebut dilakukan atau diberikan oleh pihak pabrikan.

Adapun fungsinya adalah sebagai pengaman yakni melakukan pencegahan supaya tidak terjadi perpindahan transmisi tanpa ada unsur kesengajaan. Dalam melakukan perpindahan tergolong mudah karena pengemudi tidak perlu menekan pedal kopling dan bisa dilakukan dengan mudah dan juga cepat. Dengan adanya tombol tersebut maka perpindahan yang tidak disengaja dapat dihindari.

Tombol tersebut umumnya dipergunakan pada saat melakukan perpindahan perseneling ke posisi Reverse (R) dari posisi Parking (P) dan sebaliknya. Dampak yang didapatkan dengan adanya pengaman tersebut adalah pengemudi tidak perlu khawatir mobil masuk gigi mundur tanpa disengaja. Hanya saja terdapat langkah-langkah dalam penggunaannya.

>>> Baca juga, Wow! Ada 2 Jenis Oli Transmisi Toyota Calya Yang Bisa Dijadikan Pilihan

Gambar ini menunjukkan tuas perseneling pada mobil matic

Mobil matic lebih mudah dalam pengoperasian

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Mengetahui Cara Penggunaan Tombol Perseneling Mobil Matic

Dalam menggunakan tombol perseneling tidak seperti pedal kopling yang harus menekan dan melakukan perpindahan gigi. Akan tetapi dalam penggunaannya pengemudi perlu menekan pedal rem mobil, dengan begitu akan mudah dalam melakukan perpindahan transmisi. Langkah tersebut menjadi double safety meminimalisir hal yang tidak diinginkan. Bahkan pada model zig-zag juga perlu menekan pedal rem, hanya saja tombol perseneling tersebut tidak diberikan.

Dapat Memberikan Proteksi Yang Maksimal

Melihat informasi tersebut memunculkan sebuah pertanyaan, apakah saat mengganti gigi perlu menekan tombol tersebut? Tidak, karena hanya pada waktu memindahkan perseneling dari R ke P dan sebaliknya saja. Untuk perpindahan ke posisi lain tidak perlu menekan tombol. Tidak sampai disitu saja, dalam penggunaan tombol juga diperlukan pada saat berniat melakukan perpindahan pada posisi lebih rendah. Untuk contoh yakni dari posisi perseneling di D menuju ke posisi 2 atau posisi lebih rendah lagi.

Hal tersebut bertujuan memberikan proteksi maksimal sehingga tidak terjadi perpindahan tanpa disengaja. Jadi dengan adanya tombol tersebut maka saat kecepatan tinggi akan tetap terjaga. Karena jika tiba-tiba berubah pada posisi perseneling rendah saat kecepatan mobil tinggi bisa membahayakan.

>>> Mengetahui Masalah Transmisi CVT Pada Mobil Toyota Beserta fungsinya

Gambar ini menunjukkan pedal gas dan rem pada mobil matic

Tidak pakai pedal kopling tapi memanfaatnkan pedal rem

Demikianlah informasi mengenai fungsi tombol perseneling mobil matic. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kondisi mobil supaya tetap dapat bekerja dengan prima.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Beberapa Alasan Mengapa Punya Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Menguntungkan

    Beberapa Alasan Mengapa Punya Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Menguntungkan

    Abdul

    Ban mobil mempunyai tekanan angin di dalamnya. Ditambah lagi komponen ini berhubungan langsung dengan aspal jalanan sehingga kondisinya perlu diperhatikan. Pada saat kekurangan angin diharapkan menambahkannya sesuai rekomendasi pihak pabrikan. Untuk bisa mengetahui apakah angin pada ban mobil sudah sesuai atau tidak maka perlu menggunakan alat pengukur tekanan angin ban.

  • Mengetahui Fakta Menarik Toyota Raize 2021, SUV Kompak Dengan Desain Sporty

    Mengetahui Fakta Menarik Toyota Raize 2021, SUV Kompak Dengan Desain Sporty

    Abdul

    Toyota Raize merupakan mobil yang sudah dibekali dengan mesin turbo. Dimana kehadirannya cukup menarik banyak kalangan. Masuk dalam segmen mobil SUV kkompak siap mendukung pengendaraan pemiliknya dalam beraktivitas dan ke tempat yang diinginkan. Nah kali ini kami akan membahas mengenai fakta menarik Toyota Raize 2021.

  • Baru Pertama Kali, Ini Hal Sederhana Dalam Mengemudi Toyota Avanza Matic Tapi Penting

    Baru Pertama Kali, Ini Hal Sederhana Dalam Mengemudi Toyota Avanza Matic Tapi Penting

    Abdul

    Sistem transmisi mobil Toyota Avanza ada yang manual dan ada yang matic. Mobil ini masuk dalam segmen MPV yang banyak dijadikan andalan sebagai kendaraan keluarga. Dari segi kapasitas penumpang terbilang mumpuni, apalagi varian matic dapat mudah untuk dikendalikan. Nah jika mengemudi Toyota Avanza matic maka kepraktisan dan kenyamanan akan dirasakan pengemudi.

International