Freon AC Mobil Toyota Sudah Habis atau Belum? Begini Cara Mengeceknya

19/04/2019

Sebagai salah satu komponen paling disukai di daerah perkotaan seperti Jakarta yang panasnya seringkali mendidih, AC mobil adalah kebutuhan paling penting bagi sebagian besar orang. Namun jika kesejukan mobil berkurang, bisa jadi freon AC mobil Toyota Anda mulai menipis.

AC sendiri tak lepas dari cairan kimia bernama refrigerant, atau yang sering dikenal dengan sebutan freon. Nah, cairan freon bisa berkurang hingga habis sehingga membuat udara AC hanya berupa angin, tanpa adanya kesejukan. Lalu, bagaimana cara mengecek apakah freon AC mobil Toyota Anda sudah habis atau belum?

Cairan freon pada sistem AC mobil memiliki masa pakai yang panjang, bahkan bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Karena pada dasarnya, freon pada AC bekerja dengan cara berputar pada area tertutup, sehingga kecil kemungkinan freon pada AC habis.

AC pada mobil Toyota berwarna hitam

Jika AC sudah tidak sejuk lagi, bisa berarti terjadi kebocoran freon

Tetapi lain halnya jika terjadi kebocoran pada saluran instalasi AC. Kebocoran bisa disebabkan oleh beragam faktor, baik internal maupun eksternal. Terlebih ketika kendaraan tanpa perawatan berkala sedangkan kondisi AC tidak terawat.

>>> Waspada! Ini Masalah Pada AC Mobil Yang Bisa Saja Terjadi

Bagi Anda yang ingin mengecek kondisi AC Anda, cara paling mudah dalam mengecek kebocoran freon adalah dengan membandingkan kesejukan di dalam kendaraan. Jika aliran udara pada kabin mobil sudah berbeda dan tidak terlalu sejuk lagi, hal ini mengindikasikan adanya masalah pada sistem AC mobil Anda.

Yang kedua, Anda bisa menggunakan sight glass AC. Ketika muncul gelembung udara, hal tersebut menandakan freon sudah mulai berkurang, atau bahkan habis. Dengan freon yang menipis atau habis, bisa membuat kerja kompresor tidak bisa bekerja dengan normal karena tidak ada gas yang diolah. Hal tersebut bisa membuat embusan melalui AC mobil hanyalah angin belaka.

>>> Ingin membeli mobil Toyota bekas dan terbaru, lihat daftar mobil dijual di sini

teknisi yang sedang mengisi ulang freon AC pada mobil

Kebocoran pada freon bisa diisi ulang pada bengkel

Karena itu, ketika kesejukan di dalam kabin berkurang, jangan pernah menunda untuk melakukan pengecekan lebih detail oleh teknisi bengkel. Jika terlalu lama, maka freon AC mobil Toyota Anda bisa jadi habis dan akhirnya akan merusak komponen mobil lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Padli Nurdin
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca