Fitur Paddle Shift Pada Mobil Toyota, Berkendara Serasa Naik Mobil Balap F1

08/02/2019

Semakin kesini teknologi mobil terus berkembang sehingga menjadi lebih modern dengan berbagai fitur mumpuni. Bahkan beberapa fitur yang sebelumnya hanya terdapat pada kendaraan premium kali ini sudah bisa disediakan pada semua level. Salah satu fitur tersebut berupa paddle shift pada mobil Toyota.

Dengan adanya fitur paddle shift pada mobil Toyota memungkinkan untuk melakukan perpindahan gigi transmisi dengan lebih sigap layaknya mobil balap. Jadi penggunaan fitur ini berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan gigi transmisi pada mobil matik. Hal tersebut berlaku pada transmisi konvensional atau CVT (Continuously Variable Transmission). Fitur ini mengandalkan tuas kecil yang terdapat pada bagian belakang kemudi mobil.

Gambar ini menunjukkan paddle shift dengan tanda yang dilingkari dan juga ada penjelasan sedikit

Fitur paddle shift dapat memberikan sensasi berkendara yang lebih

Dengan posisi berada dibalik kemudi membuat pengoperasiaannya menjadi mudah dengan mengandalkan jari untuk menggantinya. Jadi dengan adanya fitur ini saat mengemudikan mobil mempunyai nuansa sporty seperti layaknya berkendara dengan mobil Formula 1 (F1).

Bagi sobat yang suka dengan kecepatan dan senang memacu mobilnya di jalan tol maka akan cocok dengan adanya fitur Toyota satu ini. Jada fitur ini mengandalkan tuas yang posisinya di belakang kemudi dengan tuas kanan terdapat tanda plus (+)  untuk up shift dan untuk yang kiri tanda min (-) pertanda down shift.

>>> Baca Juga, Memilih Parfum Kabin Pada Mobil Toyota, Ini Caranya!

Pada umumnya untuk penggunaan paddle shift pada mobil Toyota dilakukan dengan cara tuas (paddle) ditekan ketika transmisi dalam posisi D sesuai yang diinginkan. Jadi setelah fitur ini diaktifkan maka kinerjanya akan semi manual dan tentunya menambah kenyamanan dan sensasi berkendara bagi yang mengendarainya.

Gambar ini menunjukkan kemudi mobil dan terdapat paddle shift ditunjukkan anak panah

Fitur paddle shift merupakan fitur modern yang sebelumnya hanya terdapat pada mobil kelas premium

Dalam hal tersebut maksudnya adalah transmisi pada mobil Toyota akan berubah secara otomatis apabila pergantian gigi dideteksi oleh mesin. Akan tetapi dalam hal ini pengemudi tidak menekan tuas naik. Selain itu, untuk beberapa mobil yang mempunyai mode berkendara Sport, umumnya kinerja dari paddle shift secara manual dalam hal pengaktifannya. Tentunya hal ini akan membuat adrenaline jadi meningkat pada saat berada pada kemudi mobil Toyota.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Hal tersebut dikarenakan pengemudi secara penuh dapat mengendalikan posisi gigi seperti menurunkan atau menaikkannya layaknya mobil konvensional dengan transmisi manual. Ditambah lagi potensi torsi dan tenaga pada mesin dapat digali menjadi lebih menyenangkan. Jadi akan sangat memanjakan penggunanya dan memberikan sensasi berkendara yang lebih.

Yang lebih menarik lagi adalah paddle shift pada mobil Toyota tidak terdapat perawatan yang khusus. Jadi jika dilihat dari fungsi memang hampir sama dengan pilihan plus dan min yang terdapat pada tuas transmisi. Hanya saja untuk posisinya di belakang kemudi yang membuatnya mudah dioperasikan. Selain itu dalam pengoperasiannya tidak perlu repot untuk memegang tuas transmisi di samping pengendara, karena perannya telah digantikan oleh tuas di balik kemudi.

Nah bagi sobat semua yang ingin merasakan sensasi penggunaan fitur ini bisa merasakannya pada beberapa mobil Toyota. Yang mana fitur tersebut disematkan pada mobil All New Yaris, All New Fortuner, All New Camry dan juga New Corolla Altis.

>>> Baca Juga, Mengetahui Mekanisme Power Window Pada Mobil Toyota Yang Perlu Diketahui

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan memegang kemudi dan tangan kiri menekan paddle shift

Adanya fitur paddle shift dapat meningkatkan adrenaline ketika berkendara

Tentunya dengan adanya fitur ini dapat menjadikan pemiliknya lebih nyaman serta dapat merasakan sensasi berbeda dalam berkendara. Dari pihak produsen sendiri bertujuan untuk memberikan nuansa yang beda dan juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang memiliki jiwa muda dan suka akan adrenaline.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai paddle shift pada mobil Toyota. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca