Fitur Intelligent Park Assist Toyota, Parkir Mobil Jadi Lebih Mudah

22/02/2021

Salah satu produsen mobil yang dikenal oleh semua kalangan dan berbagai negara adalah Toyota. Produk-produknya dikenal akan ketangguhan dan kehandalannya. Beragam teknologi diberikan di dalamnya, salah satunya adalah fitur Intelligent Park Assist Toyota.

Mengemudikan mobil tidak hanya soal melaju di jalan raya dan menuju ke tempat yang diinginkan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah parkir mobil. Saat belajar mengemudi mobil, tentunya akan diajari pula cara parkir yang benar dalam segala posisi. Bahkan membutuhkan lebih lama untuk bisa parkir dengan mulus dan tepat. Salah satu terobosan dari Toyota yang dapat digunakan untuk membantu saat parkir mobil adalah fitur Intelligent Park Assist Toyota.

Gambar ini menunjukkan layar MID saat fitur Intelligent Park Assist Toyota digunakan

Salah satu fitur canggih yang merupakan hasil pengembangan hasil dari Park Assist

>>> Toyota Rush Terbaru Punya Tombol Fitur TRC Off, Ini Fungsi Dan Penggunaannya

Cara Kerja Intelligent Park Assist (IPA)

Pastinya banyak pengendara yang sudah tahu dengan fitur Park Assist. Nah fitur yang kita bahas kali ini merupakan hasil pengembangannya. Fitur ini mengandalkan sensor ultrasonik yang posisinya berada di bagian bumper dalam hal cara kerjanya. Jadi nantinya objek akan dideteksi oleh sensor kemudian informasinya dikirimkan kepada pengemudi mobil dengan mengandalkan lampu atau suara. Dengan begitu pengemudi bisa mengetahui bahwa ada objek yang sudah dekat dan bisa memberhentikan kendaraan.

Dengan dimulai dari fitur tersebut akhirnya dilakukan pengembangan sehingga bisa menghadirkan fitur yang lebih canggih seperti fitur IPA pada mobil Toyota. Jadi dengan mengandalkan fitur ini tidak hanya objek yang di depan dan belakang kendaraan saja yang bisa dideteksi. Akan tetapi mengandalkan fitur IPA maka komputer akan secara otomatis mengendalikan kemudi mobil. Sehingga pengemudi hanya perlu bersiap untuk memposisikan mobilnya.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan kemudi mobil dilepas saat mengaktifkan fitur Intelligent Park Assist Toyota

Pengemudi cukup injak pedal gas dan rem dengan mengandalkan fitur IPA

Caranya juga sangat mudah yaitu dengan menekan tombol IPA. Setelah itu pengemudi akan diberikan petunjuk berkaitan dengan waktu untuk menginjak pedal rem ataupun pedal gas. Meskipun begitu, bukan berarti pengemudi harus bersantai. Akan tetapi layar MID perlu diperhatikan guna memastikan posisi dari transmisi apakah D yang berarti maju atau R yang berarti mundur.

>>> Mengenal Fitur Toyota Corolla Cross, Baik Eksterior, Interior Dan Keselamatan

Membantu Untuk Mencari Space Parkir Mobil Toyota

Dengan adanya fitur Intelligent Park Assist Toyota tidak hanya memberikan bantuan kepada pengemudi saat parkir. Akan tetapi dengan mengandalkan sensor ultrasonik, pengemudi akan diberikan sinyal saat ada tempat kosong yang bisa digunakan untuk parkir mobil. Penggunaan fitur IPA tidak hanya saat parkir seri saja, namun parkir paralel juga dapat dilakukan.

Berkat adanya fitur IPA maka pengemudi bisa memarkirkan kendaraannya dengan lebih mudah. Bahkan pergerakan mobil saat melakukan parkir cukup simpel dan juga presisi. Salah satu mobil Toyota yang telah diberikan fitur canggih ini adalah Toyota Prius.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan ilustrasi mobil sedang mencari tempat parkir dengan mengandalkan fitur Intelligent Park Assist Toyota

Fitur IPA juga membantu pengemudi dalam mencari space parkir

Demikianlah informasi mengenai fitur Intelligent Park Assist Toyota. Semoga bermanfaat dan bagi Sobat pemilik mobil Toyota, jangan lupa untuk merawat kendaraan yang dimiliki dengan melakukan servis secara rutin di bengkel resmi Toyota.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Toyota Corolla Altis Bensin dan Hybrid, Ini Beda Konsumsi BBM nya?

    Toyota Corolla Altis Bensin dan Hybrid, Ini Beda Konsumsi BBM nya?

    Abdul

    Segmen mobil sedan cukup digemari oleh masyarakat di Indonesia. Dari segi tampilan memang sangat menarik dan juga sporty. Salah satu dalam segmen ini adalah mobil Toyota Corolla Altis. Mobil ini memiliki 2 pilihan mesin yakni mesin bensin dan hybrid. Nah kali ini kami akan membahas konsumsi BBM kedua varian mesin tersebut?

  • Melihat Konsumsi Bahan Bakar Toyota Camry Hybrid Dan Konvensional

    Melihat Konsumsi Bahan Bakar Toyota Camry Hybrid Dan Konvensional

    Abdul

    Salah satu mobil sedan Toyota yang dihadirkan di Indonesia adalah Camry. Mobil ini sudah memiliki nama yang sangat baik, bahkan pernah menjadi kendaraan yang digunakan oleh pejabat untuk mobilitasnya. Soal tampilan juga terbilang mewah sehingga menjadi salah satu sedan premium yang patut diperhitungkan. Nah kali ini kami akan membahas mengenai perbandingan konsumsi bahan bakar Toyota Camry Hybrid dan Konvensional.

  • Beberapa Kerusakan Kondensor AC Mobil Toyota Perlu Diperhatikan

    Beberapa Kerusakan Kondensor AC Mobil Toyota Perlu Diperhatikan

    Abdul

    AC menjadi salah satu fitur pendukung kenyamanan di mobil selama perjalanan. Kinerjanya harus maksimal supaya selama berkendara terasa lebih menyenangkan. Namun jika terdapat masalah pada salah satu komponen AC bida membuat kinerjanya terganggu. Seperti adanya kerusakan kondensor AC mobil Toyota yang membuat kabin mobil jadi tidak dingin.

International