Dampak Menggunakan Solar Tidak Berkualitas Pada Mobil Diesel Toyota

20/09/2021

Mobil diesel Toyota bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang lebih menyukai mesin diesel dibandingkan bensin. Hal tersebut memang sesuai selera, namun perawatan dan karakter mobil perlu diketahui seperti penggunaan solar yang berkualitas.

Pada mobil Toyota ada pilihan mesin bensin dan diesel. Untuk beberapa model dengan mesin diesel memiliki peminatnya tersendiri. Bahan bakar yang digunakan mobil diesel Toyota adalah solar sehingga  mobil dapat digunakan untuk menjalankan segala aktivitas.

Mobil Toyota yang menggunakan mesin diesel mempunyai keunikan pada berbagai sisinya yang tampak menarik. Meskipun begitu, dalam penggunaan bahan bakar pada mobilnya tidak boleh sembarangan.

Gambar ini menunjukkan Toyota Fortuner tampak depan

Mobil mesin diesel Toyota mempunyai peminatnya tersendiri

Tidak hanya soal penggunaan jenis solar saja, akan tetapi dalam pemakaian bahan bakar perlu solar berkualitas. Hal tersebut disebabkan saat solar kualitas rendah dipakai pada mesin diesel bisa ada dampaknya.

Dampak Pakai Solar Tidak Berkualitas Pada Mobil Diesel Toyota

1. Sistem Suplai Bahan Bakar Bermasalah

Salah satu dampaknya adalah sistem suplai bahan bakar mengalami kerusakan, filtrasi dan lain-lain. Adapun dampak yang lebih cepat dialami adalah filter solar yang lebih pendek umurnya.

Hal ini disebabkan filter solar akan kotor dengan lebih cepat sehingga penggantian jadi lebih sering. Penggantian filter solar yang terlalu cepat dibandingkan biasanya maka akan membuat kesan tidak menyenangkan pada pemilik mobil.

Untuk meningkatkan durasi dalam penggunaan filter solar maka yang perlu diperhatikan adalah memakai solar dengan kualitas yang baik. Bahkan saat solar yang dipakai kualitasnya tidak baik bisa membuat pengurasan tangki perlu dilakukan.

>>> Merawat Mesin Diesel Modern Toyota Tidak Rumit, Begini Tipsnya

Gambar ini menunjukkan mesin pada mobil Toyota Fortuner

Ada dampak pada mobil saat pakai solar jelek

2. Lubang – Lubang Nosel Jadi Mampat

Tidak sampai disitu saja, ada hal yang terbilang mengerikan saat mesin diesel Toyota menggunakan solar yang kualitasnya buruk yakni injektor rusak. Kemudian kotoran yang ikut terbawa solar akan membuat lubang - lubang nosel jadi mampat.

Ketika injektor mengalami masalah, maka bisa dikatakan bahwa kerusakan yang terjadi cukup serius. Dalam proses perbaikan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bahkan biasanya juga terbilang mahal. Oleh sebab itu, jangan sampai mobil Toyota yang dimiliki mengalami masalah ini.

3. Emisi Gas Buang Lebih Tinggi

Tidak sampai disitu saja, dampak lainnya yang bisa terjadi ketika mobil Toyota mesin diesel menggunakan solar kualitas buruk adalah pada lingkungan sekitar. Emisi gas buang cenderung lebih tinggi apabila dibandingkan dengan solar yang memiliki kualitas baik.

Ketika melihat hal tersebut akan timbul pertanyaan, lantas bagaimana karakteristik yang ideal untuk solar?

Pada mesin diesel Toyota direkomendasikan memakai solah yang mempunyai cetane number 53 serta memiliki kandungan sulfur minimal 1.200 ppm. Selain itu, terdapat beragam merek bahan bakar untuk jenis solar. Sobat tinggal pilih saja mana yang paling tepat dan juga sesuai dengan mesin mobil yang dimiliki.

>>> Baca Juga, Ragu Beli Toyota Fortuner Turbo Diesel? Baca Dulu Keuntungannya

Gambar ini menunjukkan SPBU saat sedang sepi

Gunakan bahan bakar rekomendasi pabrikan

Jika masih bingung dapat membuka buku manual kendaraan yang turut diberikan ketika membeli mobil. Namun jika tidak ada karena membeli bekas, maka bisa menanyakan pihak bengkel ketika melakukan servis secara berkala.

Perawatan mobil diesel Toyota juga diperlukan secara rutin, jadi tidak hanya penggunaan solar saja yang perlu diperhatikan. Dengan perawatan secara berkala maka mesin  mobil akan tetap prima dan saat ada masalah kecil dapat segera diatasi dan tidak merembet lebih besar.

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

International