Daftar charger aki mobil yang bagus serta cara menggunakannya

27/08/2021

Apakah Anda sedang mencari charger aki mobil yang bagus? Dan juga tidak tahu cara menggunakannya? Hargatoyota.com akan memberi Anda semua informasi di atas melalui artikel di bawah ini.

Aki mobil adalah bagian yang memberikan tenaga untuk menjaga mobil Anda bekerja dengan baik. Ini dianggap sebagai bagian terpenting dan terdaftar dalam daftar komponen yang membutuhkan perawatan dan pemeliharaan rutin. Namun, jika Anda tidak tahu cara menggunakannya dengan benar, aki mobil sangat mudah kehabisan daya listrik. Sebelum mengetahui jenis-jenis charger aki mobil yang bagus, mari kita simak beberapa penyebab yang menyebabkan hal tersebut.

Penyebab kehabisan daya listrik aki mobil

Jika mesin tidak menyala untuk waktu yang lama, jumlah listrik dalam aki akan turun di bawah level yang diizinkan
Karena kebiasaan menggunakan listrik di mobil terlalu banyak. Khususnya saat mesin dimatikan, masih ada pengemudi yang lupa mematikan lampu, AC, dan peralatan listrik lainnya di dalam mobil. Hal ini menyebabkan aki Anda cepat habis baterai.
Mobil tersebut terendam air saat melewati jalan yang tergenang air. Hujan menyebabkan banyak jalan yang tergenang air saat mobil lewat, menyebabkan air masuk ke mesin mobil, saluran atau busi tergenang, hingga menyebabkan sumber listrik habis.
Aki mobil Anda terlalu tua, digunakan untuk waktu yang lama. Sehingga secara bertahap akan kehilangan kemampuan untuk mengisi daya yang cukup dan tidak seperti di awal. Oleh karena itu, Anda perlu merawat dan mengganti aki baru secara berkala setiap 3-5 tahun sekali.
Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, jika saat perjalanan di jalan raya, mobil tiba-tiba berhenti bekerja, mesin tidak hidup dan saat dicek, aki mobil habis. Ketidakmampuan untuk membawa kendaraan ke pusat perbaikan mengharuskan pengemudi untuk memperbaiki dan mengisi ulang aki mobil sendiri. Jadi memiliki charger aki mobil yang bagus dalam kasus ini sangat diperlukan. 

>>>  Hati-Hati Saat Beli Aki, Berikut Perbedaan Aki Baru Dan Rekondisi

Daftar charger aki mobil yang bagus

Dengan bentuknya yang ringkas, charger aki mobil ini mudah dibawa kemana-mana. Berikut ini beberapa jenis charger aki mobil yang bagus untuk Anda:

  • Nankai Charger Aki / Accu Digital [20A]

Ini merupakan charger yang dapat digunakan untuk mengisi ulang daya aki saat habis atau berkurang. Charger ini didesain untuk aki 12V, bisa digunakan untuk aki mobil dan motor, tidak cocok untuk mobil truk yang biasanya menggunakan aki 24V. Arus pengisian yang digunakan pada charger aki ini adalah 5A/10A/15A/20A per jam dengan input 230V AC 50Hz 160W.

Gambar charger aki mobil yang bagus bernama Nankai

Tampilan charger aki mobil Nankai

Selain itu, Nankai Charger Aki berkapasitas 4 - 200 Ah terintegrasi dengan fitur mati otomatis saat terisi penuh. Di pasaran, model charger ini dibanderol sekitar Rp 700 - 8000 ribu.

  • ZEN Charger Aki Mobil Portable 2A 12V

Salah satu charger aki mobil yang bagus lainnya adalah ZEN Charger Aki Mobil Portable 2A 12V. Charger aki ini merupakan charger aki portable yang dapat digunakan untuk mencharge aki motor dan mobil.Aki dengan tegangan 12 V / 2A dapat diisi dengan daya dari plug EU.

charger aki mobil yang bagus bernama Zen

Tampilan charger aki Zen

Charger aki Zen ini memiliki bentuk yang kecil (12 x 8 x 4 cm) dan minimalis, sehingga dapat dibawa kemana saja dan digunakan kapan saja. Harga jualnya di pasaran sekitar Rp 500 ribuan.

>>> Ingin Memperpanjang Umur Aki Mobil, Begini Caranya!

  • Charger Aki Motobatt MBCBABY Baby Boy

Aki mobil jenis ini merupakan charger aki yang sangat cocok digunakan pada saat diperlukan untuk mengisi ulang aki yang mengalami penurunan performa. Aki ini dibangun dalam dua level tegangan 6V dan 12V yang tidak hanya dapat mengisi penuh aki, tetapi juga membuat aki mobil Anda bertahan lebih lama.
Apalagi, aki ini menggunakan algoritma 2 langkah dengan keamanan tinggi karena kurang eksplosif. Harga charger aki Motobatt MBCBABY Baby Boy ini sekitar Rp 300 - 350 ribu.

  • Charger Aki NOCO G7200 EU Genius 

Salah satu charger aki mobil yang bagus perlu disambut dalam kerangka artikel ini adalah NOCO G7200 EU Genius. Ini adalah charger resmi dan bergaransi dari PT Karsten Lautan Berkat. aki mobil ini telah dilengkapi dengan teknologi anti-percikan dan perlindungan polaritas terbalik. Apalagi NOCO G7200 EU Genius dapat mengisi daya dua kali lebih cepat. Kapasitasnya mencapai 230 Ah. Produk ini dijual di pasaran dengan harga Rp 950 ribu.

  • Charger Aki BRT Pistar

Charger aki BRT 40 Ah adalah charger aki motor dan mobil yang dapat mengisi baik aki kering maupun aki basah. Charger ini dapat menganalisa kondisi baterai dan menjaganya agar tetap awet. Anda bisa membeli produk ini di banyak toko online dengan harga hanya sekitar Rp 700.000.

charger aki mobil yang bagus itulah BRT 40 Ah

Charger aki BRT 40 Ah bisa mengisi baik aki kering maupun aki basah

Nah, setelah bisa memilih charger aki mobil yang bagus dari daftar di atas, maka Anda perlu mengetahui apa cara charge ulang aki mobil Anda. Selanjutnya adalah panduan cara cepat mengisi aki mobil dengan charger aki.

Panduan cara mengisi aki mobil dengan charger aki

Agar aki mobil dapat diisi dengan aman dan cepat, Anda harus mengikuti proses pengisian yang benar. Berikut panduan charger aki mobil yang benar dari para ahli yang berpengalaman:

  • Langkah 1: Anda harus melepaskan koneksi aki dengan mobil sebelum mengisi daya. Jika pengoperasiannya sulit, Anda dapat mengeluarkan aki dari mobil. Anda memutuskan kutub negatif kemudian positif.
  • Langkah 2: Hubungkan kabel pengisi daya ke aki. Kabel hitam dengan tanda negatif (-) pada charger aki ke kutub negatif pada aki mobil, kabel merah dengan tanda positif (+) ke kutub positif pada aki dengan simbol yang sesuai.
  • Langkah 3: Colokkan daya ke charger aki.
  • Langkah 4: Atur mode pengisian daya untuk menghindari lupa merusak aki mobil

Dengan charger aki otomatis: Penting untuk mengatur waktu agar charger aki mati secara otomatis saat daya aki penuh. Pengaturan ini tergantung pada kondisi aki yang digunakan.
Dengan charger aki tanpa mode otomatis: Yang terbaik adalah membiarkan arus pengisian menjadi sedikit kecil. Hindari lupa merusak charger aki.

  • Langkah 5: Setelah pengisian selesai, Anda perlu memutuskan sumber daya dan mematikan semua mode pengisian daya.

charger aki mobil yang bagus adalah perhatikan saat mengisinya

Panduan cara mengisi aki mobil yang tepat dan cepat

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya aki mobil?

Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi aki mobil tergantung kondisi sebenarnya dari masing-masing aki. Dengan charger aki mobil yang bagus dan tersedia mode otomatis, ketika baterai sudah penuh, perangkat akan mati secara otomatis. Jadi yang harus Anda lakukan adalah menyalakan saklar daya dan menyesuaikan arus pengisian.
Sedangkan untuk charger aki tanpa mode otomatis, proses pengisian akan berlangsung dalam 2 tahap.

  • Tahap 1: Waktu pengisian untuk stimulasi arus adalah dari 8 -24 jam.
  • Tahap 2: Waktu pengisian perendaman dari 3-5 jam.

Banyak pengemudi berpikir bahwa hanya mengisi daya pada tahap awal (8 hingga 10 jam sudah cukup). Namun, jika Anda ingin aki terisi penuh, Anda harus mengisinya dalam 2 tahap. Artinya, total waktu pengisian harus dari 9 hingga 13 jam.
Semoga informasi yang Hargatoyota.com bagikan ini dapat membantu Anda mengetahui jenis charger aki mobil yang bagus untuk mobil Anda serta cara mengisi aki hingga penuh. Semoga perjalanan Anda selalu aman.

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya

Anna
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International