Cermat Pilih Cairan Wiper Bisa Jamin VIsibilitas Saat Berkendara Tetap Baik

02/10/2019

Saat ini ada kebiasaan konsumen pengguna mobil yang mengisi cairan wiper dengan air mineral biasa. Padahal jika ingin menjaga visibilitas kaca dengan baik,

Setiap pengemudi mobil Toyota tentu mendambakan visibilitas depan dan belakang terlihat jelas dan sempurna. Silakan bayangkan jika kaca depan maupun belakang Anda dihinggapi kotoran, debu, endapan minyak dari asap knalpot dan noda lainnya. Tentu mengurangi pandangan Anda bukan?

Jika sudah begini, tentu peranti wiper menjadi alat untuk menyapu segala halangan yang menempel pada kaca ketika Anda berkendara. Nah salah satu cara merawat wiper mobil pada dasarnya membutuhkan bantuan air wiper untuk merontokkan kotoran pada kaca. Tetapi jangan asal dalam memilih cairan wiper. Sebab untuk kebiasaan seperti menggunakan air tanah dan air deterjen bisa justru mengurangi visibilitas saat berkendara. 

Foto pengisian wiper fluid pada mobil Toyota

Cairan wiper memerlukan material khusus yang bisa dengan cepat mengangkat noda pada kaca mobil

>>> Lihat Juga: Oh Ini Alasan Ukuran Wiper Mobil Toyota Berbeda Antara Kanan Dan Kiri

Di pasaran banyak tersedia wiper fluid (cairan wiper). Harganya pun cukup terjangkau, paling berkisar Rp 15-35 ribuan. Cara menggunakannya cukup mudah, cukup tuang cairan tersebut ke dalam tangki air pembersih (fluid reservoir) dengan perbandingan 30 ml dalam setiap 1 liter air.

Sebisa mungkin jangan pernah lupakan untuk selalu mengecek kondisi cairan wiper pada tangki air wiper. Jangan sampai disaat Anda membutuhkannya, cairan wiper mobil sudah dalam kondisi habis atau kurang.

Foto pengisian wiper fluid pada menggunakan air aqua untuk mobil Toyota

Cairan wiper bisa mengunakan air mineral kemasan yang secara kandungan lebih baik daripada air tanah

>>> Perhatikan Masalah Ganti Wiper Mobil Yang Perlu Diketahui

Jika kondisi darurat dan membutuhkan cairan wiper mobil untuk menyapu kaca depan dan belakang, solusinya bisa menggunakan air mineral kemasan yang dijual bebas. Setidaknya, air mineral kemasan jauh lebih baik ketimbang air tanah, jika dilihat dari kandungan asam yang dimilikinya. Untuk lebih baiknya lagi, silakan kuras tangki air wiper secara berkala. Hal tersebut agar terhindar dari kotoran yang bisa menyebabkan mampatnya saluran air wiper ataupun washer.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Hafizh Fauzan
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca