Cara Sederhana Merawat Pintu Geser Toyota

25/07/2018

Pintu geser elektrik atau electric sliding door merupakan salah satu fitur canggih yang diperuntukkan untuk para penumpang belakang. Yang mana dalam akses keluar masuk kendaraan hanya dengan menekan tombol saja, maka secara otomatis pintu akan terbuka dengan sendirinya. Contoh Mobil Toyota yang menggunakan fitur ini adalah Alphard dan juga Sienta. Akan tetapi, dalam hal ini merawat pintu geser Toyota juga diperlukan, supaya kinerjanya tetap maksimal.

Salah satu kelebihan yang dimiliki pintu elektrik adalah saat membawa barang dimasukkan ke dalam Mobil. Yang mana jika barangnya agak berat tidak perlu meletakkannya, tapi hanya tekan tombol langsung masuk. Namun dalam merawat pintu geser harus ekstra lebih, mengingat mekanismenya cukup rumit. Terdapat beberapa komponen untuk dapat membuatnya bergerak, seperti pengunci, rel, roller dan sebagainya. Sedangkan untuk yang elektrik mendapatkan tambahan motor penggerak.

Akan tetapi jangan mengkhawatirkan masalah tersebut, bukan berarti susah dalam perawatan. Dengan melakukannya secara rutin maka kondisinya tetap terjaga. Untuk yang paling mudah adalah dengan membawanya ke bengkel secara berkala. Jika ingin melakukannya sendiri, berikut ini tips merawat pintu geser Toyota dengan cara sederhana.

Gambar ini menunjukkan Mobil Toyota Sienta dengan pintu geser yang sedang terbuka berada di pinggir pantai

Toyota Sienta Mobil MPV keluarga yang nyaman dengan fitur pintu geser untuk akses keluar masuk penumpang

1. Memberikan cairan penetran

Untuk masalah perawatan pintu geser, hal pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan railing atau rel dari kotoran yang menempel. Seperti misalnya Toyota Sienta yang memiliki rel letaknya di samping bawah belakang dan menggunakan posisi terbuka. Dengan begitu air ataupun kotoran bisa saja dengan mudah masuk. Dalam pembersihan bagian ini bisa menggunakan kuas, dilap dengan kain atau disemprot menggunakan angin bertekanan.

Setelah dipastikan bersih, langkah berikutnya adalah dengan memberikan cairan penetran. Cairan ini berfungsi membersihkan dengan maksimal sisa kotoran yang masih terdapat pada bagian rel dan juga bearingnya. Bahkan untuk mendapatkannya sangatlah mudah, karena dapat dibeli di toko yang menjual peralatan rumah tangga.

Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah campurannya, karena cairan tersebut ada juga yang memiliki kandungan kimiawi cukup keras. Apabila terlalu banyak bisa beresiko membuat cat menjadi kusam. Oleh sebab itu perhatikan dalam pencampuran dan komposisinya, jangan kebanyakan.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang cairan yang disemprotkan pada mekanisme pintu geser

Merawat pintu geser diperlukan agar kondisinya tetap terjaga dan lebih awet

Sebagai perhatian, saat mencuci Mobil sebaiknya tidak melakukan penyemprotan secara langsung menuju rel. Hal tersebut dikarenakan saat air masuk dan tidak mengering bisa menyebabkan korosi. Meskipun untuk Toyota Sienta telah dilapisi dengan cairan anti karat, tapi melakukan hal tersebut untuk langkah berjaga-jaga.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil Toyota yang diulas oleh Cintamobil.com

2. Memperhatikan kondisi roller

Dalam merawat pintu geser Toyota, hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah bagian roller. Yang mana fungsinya adalah untuk membuat pintu bisa bergeser. Di dalam roller ini terdapat bearing yang membuatnya dapat berputar dengan lancar dan mulus. Untuk Toyota Sienta mempunyai model seperti ini.

Untuk mendeteksi adanya masalah pada bagian roller, dapat diketahui dengan melihat pergeseran pintu. Apabila muncul bunyi yang terdengar agak kasar tidak seperti biasanya, bisa membawa ke bengkel terpercaya untuk dilakukan pengecekan pada bagian bearing. Cara lain untuk mendeteksi kerusakan bearing adalah dengan melihat pergerakan pintu geser dengan menggerakkan menggunakan tangan, apakah masih lancar atau tidak. Dalam langkah ini memang lebih mudah dicek untuk pintu geser manual seperti Sienta G. Sedangkan untuk pintu geser elektrik bisa melihat kecepatan geraknya, jika lebih lama bisa jadi ada masalah pada bearing.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Jangan menyepelekan kerusakan pada bearing, karena jika kinerjanya sudah tidak optimal dapat membuat motor penggerak bekerja lebih berat dan dapat memperpendek umurnya. Jadi lebih baik ganti bearing dibanding motor penggerak bukan. Apalagi harga motor penggerak sampai jutaan.

Untuk perawatan bearing juga terbilang mudah, hanya dengan memberikan gemuk atau pelumas saja supaya tetap dalam keadaan prima, minim gesekan dan tetap licin.

Gambar ini menunjukkan tombol pengatur pintu geser yang berada di bagian dashboard

Toyota Sienta memiliki pintu geser yang dapat membuka secara otomatis hanya dengan menekan tombol saja

Lantas bagaimana jika motor elektrik macet?

>>> Mungkin tertarik, Melirik Akses Mudah Toyota Sienta Dan Sangat Praktis

Apabila mengalami hal ini pasti akan sangat menyebalkan. Pada saat dalam keadaan normal dapat bekerja dengan baik dan membuat akses keluar masuk lebih mudah. Pada masalah ini sebenarnya dapat digeser dengan cara manual, yakni matikan motor elektrik dulu melalui tombol yang berada di bagian dashboard.

Akan tetapi yang perlu menjadi perhatian adalah akan adanya dampak negatif yang terjadi apabila pintu geser elektrik dilakukan penggeseran secara manual. Oleh sebab itu kalau boleh menyarankan, sebaiknya memanggil layanan darurat untuk dilakukan perbaikan di tempat dengan segera.

Itulah beberapa tips merawat pintu geser Toyota agar tetap dalam keadaan yang baik. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Berniat membeli Mobil, dapatkan harga bagus di Cintamobil.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Siap-siap, Toyota Supra Terbaru Segera Hadir di Indonesia

    Siap-siap, Toyota Supra Terbaru Segera Hadir di Indonesia

    Fatchur Sag

    Mobil sport dua pintu Toyota Supra generasi terbaru rupanya akan segera hadir dan meramaikan pasar otomotif dalam negeri. Meskipun informasi dan harga masih belum terungkap, namun TAM sudah benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya seiring dengan sudah terdaftarnya mobil tersebut di Permendagri dan informasi resmi Samsat DKI Jakarta sejak awal 2019.

  • Mana Lebih Baik? Menjual Mobil ke Diler Mobil Bekas atau ke Konsumen Langsung

    Mana Lebih Baik? Menjual Mobil ke Diler Mobil Bekas atau ke Konsumen Langsung

    Fatchur Sag

    Menjual mobil bekas menjadi alternatif bagi pemilik mobil yang sudah tidak ingin menggunakan mobilnya. Selain itu, ada beberapa hal lain yang menyebabkan pemilik menjual mobilnya ke pihak lain. Namun sebagian pemilik mobil masih bingung harus menjual mobilnya ke mana. Hal ini dikarenakan saat ini sudah banyak pilihan tempat menjual mobil, baik di diler mobil bekas, jejaring sosial, dan penjualan online.

  • Ini Dia 3 Cara Mudah Melipat Bangku Baris Ketiga New Toyota Avanza

    Ini Dia 3 Cara Mudah Melipat Bangku Baris Ketiga New Toyota Avanza

    Arfian Alamsyah

    Untuk memperbesar ruang bagasi mobil dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, bisa menambah roof box, hingga melipat bangku. Salah satunya yang paling mudah dilakukan adalah melipat bangku baris ketiga New Toyota Avanza ini. Ini dia caranya