Cara Pasang Aki Mobil Truk Dalam 4 Langkah

26/08/2021

Bagaimana cara memeriksa dan mengetahui apakah sudah waktunya untuk mengganti aki truk? Bagaimana cara pasang aki mobil truk? Hargatoyota.com akan memberikan jawaban yang paling memuaskan dan mendetail melalui artikel di bawah ini.

Aki mobil truk dikenal sebagai alat untuk membantu menyimpan listrik agar perangkat seperti AC, radio, dan sistem lampu bekerja saat mesin belum dinyalakan. Peran terpenting aki mobil adalah memberikan daya ke perangkat starter, sistem pengapian membantu mesin hidup.

Tapi tiba-tiba suatu hari Anda mencoba untuk menyalakan mobil truk tetapi tidak bisa meskipun Anda telah mengisi aki tetapi tetap tidak berhasil. Langkah yang harus Anda lakukan sekarang adalah mengganti aki mobil truk Anda. Lantas bagaimana cara pasang aki mobil truk yang benar agar aki berfungsi normal? Bersama Hargatoyota.com kita cari tahu langkah-langkah dalam cara pasang aki mobil truk di rumah

Langkah 1: Periksa aki mobil truk Anda Sebelum ganti yang baru

Anda harus memastikan bahwa aki mobil truk Anda sudah tua dan perlu diganti. Sering kali masalahnya bukan disebabkan oleh aki mobil, tetapi pengemudi salah mengira bahwa aki rusak, yang menyebabkan pergantian mahal dan memakan waktu.
Jika Anda memeriksa aki di kabin mobil di bawah area pengemudi, dan menemukan retakan atau serpihan pada aki, Anda dapat pasang yang baru tanpa pemeriksaan lebih lanjut. Dan jika seandainya Anda tidak menemukan serpihan apa pun dari aki, sekarang Anda perlu mengamati terminal aki untuk melihat apakah ada kondisi lama, retak atau tidak, lalu putuskan untuk menggantinya.

Sering kali aki yang rusak berada dalam larutan korosif, larutan sulfat membuat elektroda berkarat, anda bisa mengeceknya dengan mengetuk elektroda dengan palu untuk melihat apakah plak yang berkarat terlepas atau tidak. Jika karat tidak keluar dari aki, Anda dapat menuangkan campuran natrium karbonat ke dalam air dan menggunakan sikat kecil untuk menghilangkan karat untuk membantu aki kembali bekerja secara normal.

Gambar sebuah aki mobil truk yang siap untuk dipasang di dalam mobil truk

Cara pasang aki mobil truk tidak sulit, namun perlu hati-hati

Anda juga dapat melihat di sekitar dasar terminal aki untuk melihat bubuk sulfat putih dan biru. Jika ya, Anda dapat membersihkan untuk menghilangkan noda untuk memperbaikinya dan membantu aki bekerja lebih baik. Perhatikan bahwa noda ini mengandung asam sulfat, jadi Anda tidak boleh menggunakan tangan untuk membersihkannya, yang mudah menyebabkan iritasi dan korosif pada kulit.

Terakhir, Anda dapat memeriksa generator. Beberapa model dilengkapi dengan indikator aki. Untuk mesin yang mengoperasikan generator, biasanya dipertahankan pada 13,8 - 14,2V. Hal ini untuk ketika sistem bekerja dengan baik, aki mobil biasanya memiliki arus sebesar 12.4 - 12.8V saat mesin mati dan tidak menggunakan fungsi listrik lainnya.

Jika Anda telah memutuskan untuk pasang aki mobil truk baru, pemilik mobil harus memperhatikan jenis aki yang mereka gunakan dan membuat pilihan yang tepat.

>>> Ingin Beli Aki Mobil Toyota Avanza, Ini Pilihan Dan Harganya

Langkah 2: Melepas aki mobil truk lama

Step 1: Untuk membongkar aki mobil truk lama, Anda perlu menyiapkan alat-alat berikut:

  • Kunci pas, pipa
  • Sarung tangan karet
  • Kacamata pengaman
  • larutan anti korosi
  • Handuk dan baskom air

Step 2: Siapkan lingkungan kerja yang aman

Cara pasang aki mobil truk tidak sulit, tetapi Anda perlu memastikan keamanan saat mengganti aki. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan lingkungan kerja yang sesuai, menjaga jarak aman dari lalu lintas, pastikan tidak ada api di sekitar dan benar-benar lakukan tidak merokok saat melepas aki lama.

Saat melepas aki lama, pengemudi harus memperhatikan penggunaan sarung tangan dan kacamata pengaman. Karena tidak hanya terdapat arus berbahaya, tetapi aki juga mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat mempengaruhi kulit tangan Anda seperti Asam Sulfat.

Step 3: Temukan posisi aki mobil truk

Biasanya aki akan diletakkan di posisi yang mudah diperbaiki bila ada kerusakan. Aki berbentuk persegi panjang dan dua kutub di atasnya.

Step 4: Tentukan kutub aki mobil truk

Kutub negatif akan memiliki tanda minus (-) dan kutub positif akan memiliki tanda plus (+). Biasanya klem merah akan terhubung ke kutub positif, klem hitam akan terhubung ke kutub negatif.

Tentukan katub aki itu sangat penting dalam cara pasang aki mobil truk

Tentukan kutub aki mobil truk bisa dilakukan dengan mudah

>>> Aki Mobil Toyota Panas Dan Berbau, Begini Cara Mengatasinya​

Step 5: Lepaskan kutub negatif terlebih dahulu

Aturan penting saat melepas aki adalah melepas kutub negatif terlebih dahulu. Karena jika Anda melepas kutub positif terlebih dahulu, akan dengan mudah menyebabkan korsleting yang sangat berbahaya.

Step 6: Lepaskan kutub positif

Setelah menyelesaikan langkah 4, Anda melanjutkan untuk melepas sisa kutub positif aki.

Step 7: Bongkar aki mobil truk

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas dan memastikan tidak ada lagi bagian atau kabel yang menahan aki, maka kita lanjutkan untuk mengeluarkan aki dari mobil untuk dilanjutkan dengan langkah selanjutnya dalam cara pasang aki mobil truk baru.

Langkah 3: Bersihkan tumpukan dan baki aki

Setelah lepas aki lama dari mobil,  langkah 3 dalam cara pasang aki mobil truk baru adalah bersihkan tumpukan dan baki aki. Jika tumpukan terlalu aus, Anda bisa menggantinya.

Jangan lupa bersihkan aki truk sebelum pasangnya

Bersihkan tumpukan dan baki aki

Langkah 4 : Pasang aki baru

Setelah dibersihkan dan dijemur, dilanjutkan dengan memasang aki baru di dalam mobil, perhatikan pemasangannya persis seperti aki lama searah dengan sambungan tiang pancang dan tutup semua tautan agar aki tetap terpasang dan tidak bergerak.

Sebuah aki mobil truk yang dipakai untuk pasang di dalam mobil truk

Aki mobil truk itu Aki 24V

Step 1: Hubungkan kutub positif terlebih dahulu

Perhatikan bahwa langkah ini adalah kebalikan dari bagian pelepasan baterai yang lama. Artinya, hubungkan kutub positif terlebih dahulu baru kemudian kutub negatif.

Step 2: Hubungkan kutub negatif

Setelah menghubungkan kutub positif, kami melanjutkan untuk menghubungkan kutub negatif dan mengencangkan sekrup.

Step 3: Semprotkan larutan anti korosi

Selanjutnya, Anda menyemprotkan larutan anti korosi pada tumpukan aki untuk menjaga daya tahan saat digunakan.

Step 4: Selesaikan dan mulai uji kendaraan

Langkah-langkah mengganti aki sudah selesai. Anda bisa menyalakan mesin untuk mengetes dan mengecek sistem kelistrikan mobil, pastikan semuanya dalam keadaan stabil.

Bagaimana cara membuang aki mobil truk lama?

Untuk aki mobil lama, Anda dapat membawanya ke tempat daur ulang untuk dikumpulkan dan diproses. Hindari membuang ke lingkungan karena aki mengandung banyak larutan yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menjual aki lama Anda ke tempat daur ulang untuk menghemat biaya dan melindungi lingkungan.

Saat menggunakan mobil, tidak mungkin untuk menghindari situasi yang rusak seperti aki mobil soak atau rusak. Jadi, sebaiknya pengemudi perlu memahami cara memeriksa dan mengganti aki jika diperlukan. Di atas adalah cara pasang aki mobil truk serta tips pilih aki truk yang Hargatoyota.com ingin sampaikan dalam rangka artikel ini. Jika Anda sukses pasang sendiri untuk truk Anda, mari share tipsnya dengan kami.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya

Anna
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International