Cara Gunakan Fitur Bluetooth Buat Telepon & Putar Lagu Di Mobil Toyota

01/11/2019

Mengemudi mobil perlu fokus terhadap jalan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Pasalnya melakukan kegiatan lain selama mengemudi bisa membuat konsentrasi terhadap jalan jadi terganggu. Jika sudah begitu resiko terjadi kecelakaan jadi besar. Menanggulangi hal tersebut ada fitur Bluetooth buat telepon.

Adapun maksud dari fitur Bluetooth buat telepon adalah saat ingin menelpon teman atau saudara bisa menyambungkan ponsel dengan fitur pada mobil melalui Bluetooth. Bahkan manfaat lain menghubungkan smartphone dengan mobil adalah bisa memutar lagu di dalam ponsel melalui sistem audio pada kendaraan.

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang mengemudi mobil

Dengan menyambungkan ponsel dengan sistem audio mobil pengemudi bisa tetap konsentrasi pada jalan

>>>  Baca Juga, Bisa Saja, Begini Cara Mematikan Alarm Toyota Calya Tanpa Remote

Penggunaan telepon selama mengemudi itu tidak boleh. Bahkan dengan tegas telah ada aturan yang disebutkan dalam UU No 22 tahun 2009 tentang lalu Lintas dan Angkutan Jalan dalam Pasal 283 yang menyatakan:

Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat (1), dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp 750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Dengan aturan tersebut diharapkan para pengemudi mematuhinya demi keselamatan bersama. Untuk melakukan dan menerima panggilan telepon termasuk dalam kategori mengganggu konsentrasi seseorang yang sedang mengemudi. Bahkan bisa juga menjadi penyebab terjadinya kecelakaan fatal.

Untuk mengatasi masalah tersebut pengemudi bisa memanfaatkan fitur Bluetooth buat telepon. Jadi pengemudi tinggal menyambungkannya dan untuk menerima atau melakukan panggilan telepon bisa dengan menekan tombol yang ada kemudi mobil Toyota. Dengan begitu fokus terhadap jalan masih tetap terjaga.

>>> Ingin lebih mengerti mobil buatan Toyota ditawarkan di sini sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan sebuah jari menekan gamba telepone pada layar

Pada mobil dengan layar touchscreen umumnya fiturnya menyerupai smartphone

>>> Baca Juga, Begini Cara Pairing Bluetooth Pada Toyota Calya

Bluetooth menjadi salah satu jembatan konektivitas antara sistem audio pada kendaraan dengan perangkat dari luar seperti smartphone. Dengan mengandalkan fitur ini pengemudi dapat mengontrol gadget dengan mengandalkan head unit. Apalagi mobil jaman sekarang terdapat beberapa tombol untuk mengatur head unit mobil, semuanya jadi terasa lebih praktis. Bahkan konsentrasi tetap terjaga dan membuat keamanan meningkat saat menerima atau melakukan panggilan telepon.

Namun pengemudi perlu melakukan pairing Bluetooth terlebih dahulu antara ponsel dengan head unit. Dalam hal ini dapat dilakukan saat kondisi mobil berhenti untuk keamanan.

Dalam melakukan panggilan telepon kami contohkan memakai mobil Toyota Calya. Jadi saat ada panggilan masuk Sobat bisa menekan tombol dengan lambang gagang telepon warna hijau untuk mengangkatnya dan warna merah untuk menutupnya. Bahkan bisa juga melakukan aktivasi mode auto answer melalui head unit pada mobil. Biasanya terdapat beberapa pilihan waktu  untuk nantinya akan tersambung secara otomatis. Umumnya antara 1 sampai 30 detik, tinggal berapa yang mau dipilih.

Selain untuk menerima dan membuat panggilan, dengan fitur tersebut juga bisa memutar musik yang berada di ponsel dan suaranya menggunakan sistem audio pada mobil. untuk caranya adalah dengan menekan tombol dengan simbol tangga lagu dan juga Bluetooth pada mobil Toyota. Dengan mengandalkan pengaturan yang terdapat pada head unit maka Sobat bisa memilih lagu, folder dan lainnya yang berada di ponsel tanpa perlu menyentuhnya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan smartphone dengan fitur bluetooth di dalamnya

Menyambungkan Bletooth dengan sistem audio mobil terbilang mudah

Bahkan dalam hal ini Sobat juga bisa melakukan pengaturan kualitas telepon dengan melalui head unit. Seperti pengaturan volume, sensitivitas microphone, phonebook dan lainnya sesuai dengan kemampuan head unit yang ada pada kendaraan. Diharapkan untuk melakukan setting pada saat mobil dalam kondisi berhenti agar konsentrasi terhadap jalan tidak terganggu.

Apabila masih bingung, Sobat bisa konsultasi dengan service advisor di bengkel resmi Toyota atau bisa juga melihat buku manual kendaraan. Itulah informasi mengenai cara menggunakan fitur Bluetooth buat telepon dan putar lagu kesukaan.

>>> Simak juga tips dan trik menarik lainnya hanya di Konsultan Mobil HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca