Bumper Plastik Mobil Toyota Pecah, Begini Cara Memperbaikinya!

03/01/2019

Masalah di jalan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, seperti misalnya kecelakaan. Hal tersebut bisa saja terjadi baik kecelakaan kecil ataupun besar, bahkan dampak yang dirasakan tidaklah menyenangkan. Salah satu yang dapat terjadi adalah dapat berupa goresan, penyok dan bahkan pecah. Bagian yang sering bermasalah saat mengalaminya adalah bumper. Lantas bagaimana cara untuk memperbaiki bumper plastik mobil Toyota pecah?

Sebelum berlanjut ke bagian cara mengatasi bumper plastik mobil Toyota pecah. Terlebih dahulu kita melihat awal diciptakannya kendaraan. Yang  mana awalnya fungsi bumper adalah untuk keamanan mobil. Sehingga untuk mobil jaman dahulu bumper menggunakan bahan plat besi yang sangat kuat karena memang tujuannya adalah keamanan. Sangat berbeda dengan jaman sekarang, fungsi bumper telah berubah. Dahulu untuk keamanan dan sekarang hanya dijadikan sebagai estetika penampilan kendaraan saja. Sehingga bumper tidak mampu melindungi bagian mobil. Oleh sebab itulah dari pihak produsen lebih memilih plastik untuk bahan materialnya.

Gambar ini menunjukkan bumper mobil warna silver dalam kondisi pecah

Bumper plastik saat terjadi benturan sangat rentan retak atau pecah

Pada saat mobil terjadi benturan dengan kendaraan lain atau benda di sekitar jalan, kerap sekali bumper yang menjadi korban. Apabila bumper pecah dan belum hancur maka masih dapat diperbaiki. Untuk caranya sendiri tidak boleh asal-asalan, perlu beberapa langkah dan alat yang sesuai agar bumper dapat kembali digunakan. Untuk peralatan yang perlu disiapkan adalah obeng, palu, dempul, amplas, kawat dan  yang terakhir adalah pemanas atau las karbit. Oh ya jangan lupa pula untuk mempersiapkan ember dan airnya.

>>> Ingin membeli mobil buatan Toyota, jangan abaikan daftar mobil dijual hanya ada di Hargatoyota.com

Berikut ini merupakan tips memperbaiki bumper plastik mobil Toyota pecah. Semoga sobat bisa memahaminya dan dapat melakukan perbaikan saat bumper pecah. Dengan begitu sobat bisa meminimalisir pengeluaran dibandingkan harus mengganti dengan yang baru.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memasukkan barang ke bodi mobil yang pecah dan sudah dilubangi

Terdapat tahapan-tahapan untuk memperbaiki bumper mobil yang pecah

>>> Lihat Juga, Belum Tahu Teknologi VSC Dan HSA Pada Mobil Toyota, Berikut Penjelasannya!

Adapun langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melepaskan bumper dari tempatnya. Perlu diingat, bahwa perbaikan ini untuk bumper yang retak atau pecah dan belum sampai hancur. Jika bumper hanya retak saja maka sobat bisa mengatasinya dengan menjahitnya lebih dahulu memakai klem serta kawat atau pelat. Bahan tersebut dibuat seperti isi staples sehingga dapat menyambungkan bagian bumper yang retak. Selanjutnya diklemkan pada bagian bumper yang retak, untuk tempatnya harus diberikan lubang dengan cara memanaskan kawat dan ditusukkan ke bagian bumper yang dekat dengan bagian yang retak atau ujungnya. Setelah itu gunakanlah obeng untuk meratakannya serta menutupi klem tersebut. Dalam prosesnya obeng harus dipanaskan.

Apabila kerusakan yang terjadi pada bumper cukup parah, maka cara tersebut tidak maksimal jika digunakan. Untuk mengatasinya adalah dengan langsung melakukan pengelasan. Hal tersebut dikarenakan ujung yang pecah tidak bisa dijahit. Sedangkan untuk melemaskan plastik maka perlu dilakukan pemanasan. Apabila telah selesai dipanaskan dilanjutkan dengan mencari ujungnya dan menyambungkan nya. Apabila bumper yang telah pecah tersebut sudah selesai disambungkan maka bisa diberi penguat. Untuk penguatnya adalah dengan membuat pelat yang ditempatkan di bagian dalam bumper. Sobat bisa membuat lubang kecil untuk menempatkan pelat yang telah dibuat.

>>> Baca Juga, Musim Penghujan Telah Tiba, Begini Cara Merawat Mobil Agar Tetap Prima

Apabila proses yang telah dijelaskan di atas sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah mengamplas permukaan secara merata. Setelah itu dilakukan pendempulan pada bagian yang mengalami kerusakan dan sudah diperbaiki. Sobat juga bisa melihat videonya di bawah ini:

Akan tetapi jika ragu untuk melakukannya bisa membawa ke ahlinya atau lebih baik beli yang baru. Dengan begitu hasil yang didapat akan lebih memuaskan. Semoga bermanfaat informasi mengenai cara memperbaiki bumper plastik mobil Toyota pecah dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Ketahui Rahasia Kenyamanan Kaki-Kaki Toyota New Avanza & New Veloz 2019

    Ketahui Rahasia Kenyamanan Kaki-Kaki Toyota New Avanza & New Veloz 2019

    Abdul

    Baru-baru ini telah gempar peluncuran beberapa mobil baru di pasaran otomotif Indonesia, diantaranya adalah besutan Toyota yakni New Avanza dan New Veloz. Pasalnya mobil tersebut telah dilakukan pembaharuan sehingga mempunyai kenyamanan yang lebih. Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai rahasia kenyamanan kaki-kaki Toyota New Avanza & New Veloz 2019.

  • Inilah Fungsi Fitur Follow Me Home Light Pada Toyota New Avanza & New Veloz 2019

    Inilah Fungsi Fitur Follow Me Home Light Pada Toyota New Avanza & New Veloz 2019

    Abdul

    Mobil terbaru yang baru saja diluncurkan adalah Toyota New Avanza dan juga New Veloz 2019. Yang mana mobil tersebut menarik perhatian banyak orang karena didesain baru dan tampilannya lebih sporty. Saat melihat bagian depan akan tampak jelas perubahan yang dilakukan oleh pihak Toyota. Bahkan di bagian fiturnya juga terdapat upgrade, salah satunya adalah fitur Follow Me Home Light.

  • Mengenal Varian Toyota New Avanza 2019

    Mengenal Varian Toyota New Avanza 2019

    Abdul

    Pada awal tahun 2019 ini para pecinta otomotif dikejutkan dengan hadirnya mobil besutan Toyota yakni New Avanza. Hadirnya mobil ini dibarengi dengan New Veloz dan juga Daihatsu Grand New Xenia. Kali ini kami akan membahas mengenai varian Toyota New Avanza 2019.