Bisa Saja, Begini Cara Mematikan Alarm Toyota Calya Tanpa Remote

14/06/2019

Mobil di jaman sekarang sudah dibekali dengan beragam fitur canggih dan mumpuni, baik itu dari segi keselamatan maupun keamanan. Pada mobil Toyota Calya telah diberikan alarm dan juga kunci remote untuk memudahkan pengendara dalam mengoperasikan kendaraan dan juga menjaga keamanannya. Namun apakah bisa mematikan alarm Toyota Calya tanpa remote?

Sebelum masuk ke pembahasan cara mematikan alarm Toyota Calya tanpa remote, terlebih dahulu kami berikan informasi tentang cara penggunaan remote nya. Jadi pada remote terdapat 2 buah tombol yang mempunyai simbol berbeda yakni gembok terbuka dan terkunci.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Calya dengan kondisi wiper diangkat

Calya merupakan mobil MPV Toyota harga terjangkau

>>>  Lihat Juga, Berikut Beberapa Aksesoris Toyota Calya Yang Memiliki Manfaat Lebih

Fungsi dari tombol dengan gembok terbuka adalah untuk membuka pintu dan tombol dengan gembok terkunci berfungsi untuk mengunci pintu mobil. Untuk soal alarm akan aktif secara otomatis setelah pintu terkunci, jadi tidak perlu repot mengaktifkannya.

"Alarm akan aktif ketika semua pintu dan kap mesin sudah terkunci, jika terdeteksi ada penyusup, maka secara otomatis alarm akan menyala oleh fitur keamanan," tutur Riswo selaku  Service Advisor Auto2000 Bintaro, Tangerang Selatan.

Jadi alarm akan otomatis menyala apabila pintu mobil dibuka tanpa memakai remote atau saat kap mesin dibuka. Jika ingin membuka pintu mobil cukup mudah yakni hanya dengan menekan tombol saja yang mempunyai simbol gembok terbuka. Perlu diingat, pada saat pintu tidak dibuka dalam kurun waktu sekitar 30 detik setelah pintu dibuka dengan remote maka secara otomatis pintu akan terkunci.

Jadi fungsi dari alarm pada mobil untuk memberikan perlindungan ketika sedang parkir atau ditinggal pemiliknya di rumah. Dengan begitu kendaraan yang dimiliki tidak dapat diakses oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Jadi cara kerjanya adalah ketika ada getaran yang terlalu berlebihan pada kendaraan atau saat pintu sedang terbuka maka alarm akan berbunyi. Tujuannya adalah agar dapat terdengar oleh pemilik atau orang lain di sekitar sehingga orang yang berniat buruk tidak akan jadi melakukan tindak kejahatan.

>>> Ingin membeli mobil terbaru? Dapatkan daftarnya di sini

Gambar ini menunjukkan kunci Toyota Calya  dengan 2 tombol

Remote Toyota Calya sudah dibekali dengan Immobilizer

>>> Ingin membeli mobil buatan Toyota, jangan abaikan daftar mobil dijual hanya ada di Hargatoyota.com

Namun kadang ada beberapa masalah yang bisa saja dialami oleh pemilik yakni remote tidak berfungsi. Tentunya hal ini mengharuskan mematikan alarm Toyota Calya tanpa remote agar dapat masuk ke mobil dengan tenang. Memang dari pihak pabrikan sudah didesain sedemikian rupa dengan mengandalkan baterai sebagai sumber tenaganya. Oleh sebab itu bisa juga baterai remote habis dayanya dan perlu diganti.

Masalah pada remote lainnya adalah terkena air sehingga basah atau adanya gangguan frekuensi dari pemancar radio atau pemancar BTS. Alhasil remote tidak dapat memberikan respon terhadap alarm sama sekali. Jika sudah begitu maka membuka mobil harus menggunakan cara manual untuk bisa masuk ke dalam kendaraan.

Untuk cara mematikan alarm Toyota Calya tanpa remote adalah dengan membuka pintu secara manual melalui lubang kunci. Setelah itu alarm akan otomatis menyala terus menerus. Jangan panik karena memang mobil milik sendiri dan sobat memiliki kelengkapan suratnya.

Dilansir dari Astraworld, dalam prosesnya adalah dengan membuka pintu terlebih dahulu secara manual dan alarm berbunyi terus menerus. Kemudian anak kunci kontak dimasukkan ke lubang kunci dan putar menuju ke posisi “ON”. Pada saat di posisi “ON” maka lampu indikator yang terdapat di dashboard akan menyala. Jika sudah melakukan hal tersebut alarm akan berhenti berbunyi dan mobil bisa langsung dihidupkan.

>>> Baca Juga, Solusi Untuk AC Toyota Calya Yang Tidak Sampai Baris Belakang

Gambar ini menunjukkan kemudi mobil Toyota Calya dan lunang kunci kontaknya

Jika remote mobil bermasalah bisa menggunakan anak kunci

Untuk cara mematikan alarm Toyota Calya tanpa remote tersebut tidak dapat dipraktekkan oleh para penjahat. Hal tersebut dikarenakan  setiap remote mobil besutan Toyota tersebut telah dilengkapi dengan immobilizer.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tips dan trik yang bermanfaat lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca