Berniat Membeli Toyota Vios Eks Taksi, Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu!

10/12/2018

Mobil bekas bisa menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang ingin memiliki sebuah kendaraan dengan budget pas-pasan. Sobat bisa mengunjungi showroom mobil bekas untuk bisa memboyong salah satu kendaraan second ataupun membeli Toyota Vios eks taksi yang umumnya dijual oleh blue bird.

Jadi dari pihak Blue Bird sendiri mengalami pergantian mobil setiap periode sekali. Sedangkan untuk mobilnya dijual dalam kondisi bekas namun siap pakai dalam segala hal. Mobil yang sering digunakan adalah Toyota Vios, jadi sobat yang ingin membeli Toyota Vios eks taksi tidak perlu khawatir akan kondisinya.

Gambar ini menunjukkan Toyota Vios yang dibuat menjadi taksi

Mobil Toyota Vios eks taksi bisa dijadikan pilihan jika ingin memiliki kendaraan second

Akan tetapi bukan berarti tidak akan bermasalah. Karena lama kelamaan mobil juga akan mengalami penurunan baik dari segi performa ataupun hal lainnya. Oleh sebab itu sangat penting untuk melakukan perawatan secara berkala. Tidak hanya itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membeli mobil eks taksi. Hal tersebut juga diungkapkan oleh Agus Suharto yang merupakan kepala bengkel Marga Mulya.

"Kalau berbincang dengan tamu dan pemakai, mereka membeli Vios, kondisinya baik-baik saja. Sembilan bulan, setahun lebih masih oke-oke saja. tapi kan lama-lama turun juga," kata Agus Suharto, Kepala Bengkel Blue Bird Marga Mulya.

Adapun masalah yang kerap terjadi adalah pada bagian kaki-kaki yang kadang timbul bunyi yang mengganggu. Memang jika melakukan penggantian dapat dilakukan dengan harga terjangkau, akan tetapi hal tersebut tidak boleh dibiarkan.

>>> Cari tempat terpercaya untuk membeli mobil bekas dan baru buatan Toyota? Jangan ragu klik di sini

"Misalnya bunyi-bunyi awalnya dari yang murah, ah paling karet-karet. Akhirnya yang tadinya karet jadi kena balljoint-nya. Kena shockbreaker-nya. Akhirnya tambah lama, biaya tambah membengkak," kata dia.

Pihaknya juga memberikan pesan kepada para calon pembeli agar melakukan pengecekan pada oli dan air radiator. Pastikan kondisi oli baik dan tanpa masalah dan juga air radiatornya di atas minimal serta tidak ada kebocoran. Jadi ketika membeli Toyota Vios eks taksi masih dalam keadaan benar-benar baik tanpa ada masalah apapun.

Gambar ini menunjukkan mobil taksi warna biru sedang dilakukan pengecekan pada mesinnya

Mobil eks taksi umumnya dilakukan perawatan secara berkala

>>> Lihat juga, Memilih Mobil Bekas Rasa Baru, Apakah Bisa? Begini Tipsnya

"Bagaimana caranya? Tiap hari kita harus cek. Hari ini berapa, besok ada pengurangan apa enggak. Ketika ada pengurangan, ya itu mulai dicurigai, apakah ada kebocoran. Kalau memang mobil ditaruh di garasi, kelihatan tetes-tetesannya, baik tetesan air maupun tetesan oli," kata dia.

Apabila setelah membeli dan diketahui terdapat masalah sebaiknya pemilik memperhatikannya. Segera lakukan pemeriksaan dengan membawa ke bengkel resmi Toyota. Saat terlihat ada gejala walaupun kecil segera diperbaiki dan jangan menunggu sampai membesar dan bertambah parah.

"Soalnya, kendaraan ini kan merupakan suatu sistem, jadi kalau rusak sedikit, dia akan merembet. Contoh, gara-gara oli netes, mesin bunyi, klep bengkok," tambahnya.

Apalagi sekarang sudah jamanya teknologi canggih, tentu  perlu untuk memberikan perhatian pada bagian indikator check engine. Apabila ada salah satu lampu indikator menyala meskipun tidak terasa ada masalah, tetap harus diperiksa di bengkel terdekat. Tujuannya adalah memastikan bahwa benar-benar tidak bermasalah.

>>> Lihat juga, Ingin Membeli Toyota Vios bekas? Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Vios warna merah dan di sampingnya ada mobil warna biru

Periksa dengan teliti saat membeli Toyota Vios eks taksi

"Zaman sekarang kan mobil berdasarkan sensor semua. Jadi kita perlu alat bantu untuk cek sensor yang rusak yang mana, atau kinerja sudah mulai turun. Makin canggih, cek makin bergantung alat bantu," tambah Agus.

Demikianlah informasi mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli Toyota Vios eks taksi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Ingin Pasang Plat Nomor Cantik? Ini Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui

    Ingin Pasang Plat Nomor Cantik? Ini Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui

    Franky Pratama

    Dewasa ini, plat nomor mobil atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) bukan saja sebagai identitas kendaraan namun juga mampu menyiratkan kesuksesan dari pemiliknya. Ya, memang seperti itu kenyataannya. Di Indonesia misalnya, kita mengenalnya dengan sebutan ‘plat nomor cantik’ yang notabene harus membutuhkan biaya tambahan daripada plat nomor pada umumnya. Ingin tahu tarifnya? Berikut biaya memasang plat nomor cantik

  • Ini Dia Caranya Memahami Kode Aki Mobil Toyota Anda

    Ini Dia Caranya Memahami Kode Aki Mobil Toyota Anda

    Hafizh

    Dengan memahami kode tertera di aki mobil, membuat Anda lebih bisa merawat sekaligus menjaga usia aki mobil lebih lama.

  • Lampu LED Toyota Avanza 2019 Cepat Rusak, Mitos atau Fakta?

    Lampu LED Toyota Avanza 2019 Cepat Rusak, Mitos atau Fakta?

    Padli Nurdin

    Toyota Avanza 2019 akhirnya mendapatkan lampu LED baru. Namun mitos yang berkembang saat ini menyebutkan bahwa lampu berjenis LED memiliki usia pakai yang lebih sedikit. Benarkah demikian?