Berniat Memasang Cover Jok Mobil Toyota Avanza, Ini Tahapan Dan Biayanya

08/12/2020

Jok mobil menjadi salah satu bagian mobil yang mendukung kenyamanan selama perjalanan dengan mobil. Beberapa orang melakukan modifikasi agar tampilan lebih menarik dan sesuai dengan selera. Banyak teknik yang dapat dipilih, salah satunya adalah memasang cover jok mobil Toyota Avanza.

Toyota Avanza menjadi mobil yang banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Tak heran jika Avanza terkenal sebagai kendaraan sejuta umat. Meskipun begitu, bukan berarti modifikasi yang dilakukan harus banyak dengan biaya yang tinggi. Salah satu hal yang bisa dilakukan dan dirasakan pengendara dan penumpang adalah memasang cover jok mobil Toyota Avanza. Dengan menggunakan cara ini maka jok mobil bawaan akan tetap awet dan terlindungi tapi punya tampilan yang menarik.

Gambar ini merupakan jok belakang Toyota Avanza

Pasang cover jok mobil bisa buat jok standar tetap awet

Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasang cover pada mobil Avanza.

1. Menentukan Bahannya

Ketika berniat memasang cover jok sebaiknya memilih bahan pelapis joknya. Biasanya yang sering digunakan adalah bahan kulit sintetis dan kulit asli. Karena bahan juga menjadi penentu akan biaya nantinya yang perlu dikeluarkan.

Untuk digunakan melapisi jok mobil, bahan terbaik yang dapat digunakan adalah kulit asli. Keunggulannya adalah terasa lembut, tahan lama dan tidak panas. Umumnya pembuatan bahan ini menggunakan kulit hewan sapi yang dikeringkan dan hal lainnya sehingga siap dijadikan pelapis jok mobil.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan bahan untuk membuat cover jok mobil

terdapat beberapa pilihan bahan material untuk cover jok mobil yang dapat dipilih

>>> Baca Juga, Beberapa Jenis Fitur Pada Jok Mobil, Ternyata Ada Banyak

Kemudian untuk bahan kulit sintetis bukan berarti tidak bagus. Material bahan yang digunakan pada PU (Polyurethane) atau PVC (Poly Vinyl Chloride). Dari segi kualitas juga mumpuni karena dengan perawatan tepat bisa bertahan sampai bertahun-tahun dan harganya juga lebih terjangkau. Ditambah lagi untuk warna dan variasi model lebih banyak.

2. Teknik Pemasangan Cover Jok Mobil Toyota Avanza

Dalam kalangan car seat maker terdapat 3 jenis teknik melakukan modifikasi untuk memasang cover jok mobil Toyota Avanza yakni dengan permanent seat cover, semi permanent seat cover dan auto seat cover.

a. Permanent Seat Cover

Untuk cara ini perlu melakukan pelepasan pada pelapis bawaan yang terdapat pada jok mobil. Untuk caranya dengan melepaskan jok mobil kemudian dikuliti semua material yang melapisi jok mobil Avanza. Setelah itu baru dilakukan pemasangan kembali dan menjadi pengganti dari pelapis jok standarnya. Dengan mengandalkan teknik ini, maka hasilnya tampak presisi dan setiap lekukan yang dibuat terlihat sempurna. Hanya saja biayanya lebih mahal dan pemasangan covernya membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan pemasangan cover jok mobil

Teknik pemasangan cover juga ada beberapa jenis

>>> Jangan Lupa, Begini Membersihkan Jok Mobil Toyota Agar Tetap Nyaman

b. Semi Permanent Cover

Untuk teknik yang kedua ini jok bawaannya tetap dipertahankan. Proses pemasangan nya juga cukup presisi. Untuk pembuatannya dengan mengikuti kontur dari jok standar. Dengan begitu ketika dipasangkan maka akan tampak melekat pada jok mobil dan juga sangat presisi. Namun dalam pemasangannya supaya mendapatkan yang terbaik dan tidak muncul lekukan di cover membutuhkan ketelitian.

c. Auto Seat Cover

Teknik pemasangan yang terakhir adalah auto seat cover. Yang mana dalam pemasangannya perlu membuat pola jahitan yang disesuaikan dengan ukuran jok mobil Avanza standarnya. Jika sudah jadi tinggal memasang dan mengikatnya dengan tali supaya bisa menempel pada jok mobil. Umumnya penggunaan cover ini untuk mencegah kotoran noda dan debu terkena jok bawaan. Dalam pemasangan terbilang paling mudah karena hanya beberapa menit dan tidak sampai berjam-jam.

3. Memilih Model Dan Warna Cover Jok Mobil

Selanjutnya dalam memasang cover jok mobil Toyota Avanza adalah dengan memilih motif dan pola jahitan. Pemilihan warna juga diperlukan, hal ini Sobat bisa menyesuaikan dengan selera yang dimiliki. Untuk harganya tergantung pola, motifnya dan pembuatannya, semakin rumit semakin mahal pula biaya yang perlu dibayarkan.

>>> Begini Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Kain Dengan Mudah

Gambar ini menunjukkan 3 buah jok mobil dengan warna hitam dan putih

Kerumitan dalam proses pembuatan juga berpengaruh terhadap pemasangan cover jok mobil

Untuk biaya pemasangan cover dengan teknik auto seat cover berada pada kisaran Rp. 750 ribu sampai Rp. 2 jutaan. Kemudian pada teknik semi permanent medel custom atau sesuai yang diinginkan dan juga permanent berada pada kisaran Rp. 3,5 juta sampai Rp. 4,5 jutaan.

Tidak hanya itu saja, hal lain yang dapat berpengaruh pada harganya adalah bahan material yang digunakan. Jika pakai kulit asli tentu lebih mahal dibandingkan kulit sintetik. Sementara untuk dibuat dengan model captain seat maka akan ada tambahan biaya lagi sekitar Rp. 3 juta sampai Rp. 4,5 juta. Jadi bagaimana? sudah memikirkan ingin memasang cover jok mobil Toyota Avanza yang dimiliki dengan model bagaimana?

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Beberapa Alasan Mengapa Punya Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Menguntungkan

    Beberapa Alasan Mengapa Punya Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Menguntungkan

    Abdul

    Ban mobil mempunyai tekanan angin di dalamnya. Ditambah lagi komponen ini berhubungan langsung dengan aspal jalanan sehingga kondisinya perlu diperhatikan. Pada saat kekurangan angin diharapkan menambahkannya sesuai rekomendasi pihak pabrikan. Untuk bisa mengetahui apakah angin pada ban mobil sudah sesuai atau tidak maka perlu menggunakan alat pengukur tekanan angin ban.

  • Mengetahui Fakta Menarik Toyota Raize 2021, SUV Kompak Dengan Desain Sporty

    Mengetahui Fakta Menarik Toyota Raize 2021, SUV Kompak Dengan Desain Sporty

    Abdul

    Toyota Raize merupakan mobil yang sudah dibekali dengan mesin turbo. Dimana kehadirannya cukup menarik banyak kalangan. Masuk dalam segmen mobil SUV kkompak siap mendukung pengendaraan pemiliknya dalam beraktivitas dan ke tempat yang diinginkan. Nah kali ini kami akan membahas mengenai fakta menarik Toyota Raize 2021.

  • Baru Pertama Kali, Ini Hal Sederhana Dalam Mengemudi Toyota Avanza Matic Tapi Penting

    Baru Pertama Kali, Ini Hal Sederhana Dalam Mengemudi Toyota Avanza Matic Tapi Penting

    Abdul

    Sistem transmisi mobil Toyota Avanza ada yang manual dan ada yang matic. Mobil ini masuk dalam segmen MPV yang banyak dijadikan andalan sebagai kendaraan keluarga. Dari segi kapasitas penumpang terbilang mumpuni, apalagi varian matic dapat mudah untuk dikendalikan. Nah jika mengemudi Toyota Avanza matic maka kepraktisan dan kenyamanan akan dirasakan pengemudi.

International