Berniat Beli Suku Cadang Toyota? Berikut Cara Bedakan Asli Dan KW

14/07/2021

Mobil Toyota menjadi salah satu jenis kendaraan yang diminati oleh banyak kalangan. Salah satu faktornya adalah suku cadangnya yang melimpah dengan harga terbilang murah. Hanya saja tidak sedikit juga sparepart Toyota palsu atau KW yang beredar di pasaran. Oleh sebab itulah perlu hati-hati saat beli suku cadang Toyota.

Sebagai salah satu satu produsen mobil ternama di Indonesia, Toyota berusaha memberikan yang terbaik kepada para konsumennya. Salah satunya dengan menyediakan suku cadang Toyota supaya saat ada masalah pada kendaraan bisa segera diatasi dan dapat digunakan untuk beraktifitas kembali. Hanya saja terdapat produk-produk bukan buatan pabrikan Toyota yang sama dengan spare part Toyota. Biasanya orang menyebutnya dengan barang KW atau barang kualitas original.

Gambar ini menunjukkan sparepart mobil Toyota

Spare part Toyota banyak dijual di pasaran dengan harga terjangkau

Bagi konsumen yang ingin beli suku cadang mobil Toyota dan masih kebingungan antara asli dan palsu. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai pembedanya.

>>> Baca Juga, Gunakan Kampas Rem Mobil Asli Toyota Pada Mobil Toyota Sobat, Ada Keunggulannya Lho!

1. Melihat Kemasan Suku Cadang

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk mengetahui keaslian spare part adalah dengan melihat kemasannya. Meskipun begitu, kadang ditemukan produk palsu yang kemasannya sudah dibuat sangat mirip dengan aslinya. Hanya saja material kemasannya biasanya berbeda seperti kehalusan dan ketebalannya. Biasanya yang asli akan lebih halus dan tebal, kardus kemasan juga diberikan warna yang terang dipadukan dengan cetakan tulisan tidak luntur dengan mudah dan jelas.

Tidak hanya itu, kemasannya biasanya ada nomor seri dan barcode yang dapat discan sehingga muncul nomor seri. Dimana nomor seri ini sama dengan yang terdapat pada stiker label spare part. Pada beberapa sparepart Toyota ada stiker hologram yang sulit untuk dipalsukan.

Gambar ini menunjukkan komponen mobil Toyota masih dalam kemasan

Pilih yang asli karena lebih terjamin kualitasnya

2. Mengecek Nomor Seri Dan Kode Sparepart

Untuk mengetahui suku cadang Toyota asli dengan melihat nomor seri atau kode sparepart. Jadi saat membelinya di toko yang bukan bengkel resmi dari pihak Toyota maka mengetahui kodenya itu perlu. Sobat bisa menemukannya dengan melihat situs resmi Toyota atau melihat di buku pedoman pemilik. Samakan antara nomor seri spare part dengan yang ada di website atau buku pedoman. Jika terdapat kejanggalan atau perbedaan maka perlu diwaspadai.

>>> Mobil Toyota Dibekali Lampu Rem Ketiga, Apa Fungsinya?

3. Cek Fisik Suku Cadang

Pengecekan keaslian sparepart bisa tampak dengan melihatnya secara langsung. Produk asli akan terlihat rapiĀ  dan material yang digunakan berkualitas. Salah satu contohnya adalah memakai plastik yang keras, jika palsu maka material bahannya lebih ringkih dan juga tipis. Bahkan terdapat cetakan yang tidak rapi seperti pada sambungannya.

gambar ini menunjukkan Aki mobil Toyota dengan garansi 1 dan 5 tahun

Ada garansi yang diberikan oleh pihak Toyota

4. Garansi Suku Cadang

Pihak Toyota memberikan garansi resmi pada suku cadang Toyota. Jadi ketika ada produksinya yang cacat maka akan langsung dilakukan penggantian. Oleh sebab itu pemilik mobil bisa lebih tenang. Berbeda dengan yang KW, garansi yang diberikan biasanya pihak toko yang memberikannya, bisa juga dari pihak distributor dan waktunya terbatas seperti sebulan saja. Berbeda dengan yang asli garansinya sampai 6 bulan atau bahkan sampai 1 tahun.

Dari segi keawetan, suku cadang mobil asli dan KW tentu berbeda. Dari segi harga saja sudah berbeda, jadi kalau boleh menyarankan lebih baik beli spare part Toyota asli meskipun lebih mahal tapi keawetannya lebih lama.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Rekomendasi Mobil Toyota Untuk Wanita Pemula

    Rekomendasi Mobil Toyota Untuk Wanita Pemula

    Abdul

    Saat ini mobil sudah banyak digunakan untuk menjalankan segala aktivitas keseharian. Selain itu, bagi yang tidak memiliki mobil ketika ingin bepergian cukup jauh maka akan menyewa mobil supaya lebih nyaman. Mobil Toyota sendiri menjadi salah satu kendaraan yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia, begitupun oleh para wanita.

  • Punya Rp 250 jutaan lebih baik membeli Vios 5 kursi atau Avanza 7 kursi?

    Punya Rp 250 jutaan lebih baik membeli Vios 5 kursi atau Avanza 7 kursi?

    Doris Elisa

    Toyota adalah merek mobil yang tidak asing lagi di pasar otomotif Indonesia. Khususnya dalam kisaran harga Rp 250 jutaan, pengguna dapat memilih satu dari 2 varian dari Toyota itulah Toyota Vios 5 kursi dan Toyota Avanza 7 kursi . Itulah keunggulan yang membuat mereknya bisa pesaing dengan kompetitornya.

  • Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Toyota Yaris Generasi Pertama

    Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Toyota Yaris Generasi Pertama

    Abdul

    Toyota Yaris diperkenalkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2006. Model tersebut menjadi generasi pertama dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Kala itu di Tanah Air, kendaraan dalam segmen yang sama yakni Hatchback didominasi oleh Honda Jazz. Lantas apa kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris generasi pertama.

International