Berisi Info Penting, Cara Cepat Baca Buku Manual Kendaraan Perlu Diperhatikan

04/08/2020

Buku manual kendaraan biasanya akan didapatkan saat membeli mobil dalam kondisi baru. Di dalamnya terdapat banyak informasi penting yang dibutuhkan pemilik kendaraan dari mulai soal garansi, perawatan sampai penggunaan fitur di dalam kendaraan.

Buku manual kendaraan disebut juga buku panduan pemilik. Yang mana isinya sangat penting untuk diketahui oleh pemilik kendaraan. Adapun isinya meliputi perawatan, garansi dan cara menggunakan fitur. Dengan begitu saat terdapat kendala selama perjalanan akan dapat diatasi dengan lebih baik.

Jika mengabaikan buku panduan pemilik maka bisa saja terjadi masalah, terutama bagi mereka yang baru pertama kali memiliki mobil. Hal tersebut dikarenakan saat akan menggunakan fitur yang asing atau baru serta terjadi masalah tidak mendapatkan solusi. Memang buku manual tergolong tebal sehingga akan sulit untuk menghafalkan semuanya.

Gambar ini menunjukkan buku manual kendaraan dan buku servis

Buku manual kendaraan didapatkan saat membeli mobil baru

>>> Baca Juga, Ingat! Buku Manual Kendaraan Tidak Boleh Dianggap Remeh

Meskipun begitu bukan berarti tidak perlu dibaca. Berikut ini kami berikan informasi mengenai cara membaca buku panduan pemilik kendaraan agar lebih cepat dan dapat berguna.

Cara Membaca Buku Manual Kendaraan Dengan Cepat

1. Mempelajari Operasional Fitur Yang Penting

Adapun bagian pertama yang perlu dibaca adalah yang berhubungan dengan fitur, lampu, transmisi, aksesoris dan panel instrument. Adapun contohnya adalah cara membuka tutup tangki atau membuka kap mesin. Karena hal tersebut sangat penting sekali, jika tidak mengetahui bisa merepotkan orang lain. Jangan lupa pula mempelajari tentang sinyal lampu indikator menyala yang terdapat pada panel instrument. Dengan begitu saat mobil ada masalah bisa diketahui.

2. Memberikan Tanda Di Bagian Indeks Atau Daftar Isi

Dengan melihat daftar isi tentu pencarian informasi yang dibutuhkan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Karena itu tandai bagian ini sehingga nantinya akan mencari informasi tertentu bisa ditemukan dengan lebih cepat.

3. Mencatat Nomor Mesin Dan Nomor Rangka

Adapun hal penting lain dalam buku manual kendaraan adalah nomor rangka dan nomor mesin. Bagian ini perlu dicatat agar bisa mengetahui bagian umum yang berisi data teknis pada kendaraan. Jadi selain nomor kendaraan, letak nomor rangka dan mesin juga perlu diketahui.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil sedang didongkrak

Dengan mengetahui isi buku manual mobil bisa mengatasi masalah yang ringan

>>> Baca juga, Perhatikan Ini Dulu Sebelum Membeli Mobil Keluarga

4. Mempelajari Instruksi Ban Bocor

Terdapat pembahasan di dalam buku manual terhadap langkah yang harus diambil saat dalam kondisi darurat. Untuk isinya seperti tempat menaruh dongkrak dan cara ganti ban mobil dengan ban cadangan. Jika tidak tahu, maka saat mobil Toyota Sobat mengalaminya tidak akan bisa mengatasinya.

5. Cek Bagian Perawatan Ringan

Dengan mengetahui perawatan ringan maka saat melakukan sesuatu pada mobilnya tidak akan ragu seperti mengisi  air wiper, menambah cairan radiator atau mengganti oli. Bahkan mengganti lampu sendiri saat bohlam mati juga dapat dilakukan tanpa perlu membawanya ke bengkel.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan salah satu isi buku manual kendaraan

Banyak isi yang penting dalam buku manual kendaraan

6. Menandai Bagian Halaman Yang Penting

Adapun cara membaca buku manual kendaraan yang terakhir adalah dengan menandai halaman yang penting. Seperti misalnya adalah cara mengganti ban mobil atau tabel sekring. Jika sudah ditandai maka saat terjadi ban bocor dapat segera dilakukan penanganan dengan membaca buku manual yang telah diberi tanda.

Tapi ada hal penting diantara beberapa hal yang telah dijelaskan di atas. Jadi simpan buku manual kendaraan di laci mobil supaya mudah ditemukan saat dibutuhkan.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Odometer Tinggi, Lakukan Hal Ini Untuk Jaga Performa Mobil Toyota

    Odometer Tinggi, Lakukan Hal Ini Untuk Jaga Performa Mobil Toyota

    Abdul

    Pada saat odometer tinggi memungkinkan mobil berpotensi kerusakan dimana saja dan kapan saja. Oleh sebab itulah pemilik perlu lebih waspada, yang terpenting adalah melakukan perawatan secara berkala dengan tertib.

  • Beberapa Alasan Mobil SUV Toyota Digemari Di Indonesia

    Beberapa Alasan Mobil SUV Toyota Digemari Di Indonesia

    Abdul

    Mobil SUV menjadi salah satu segmen yang cukup digemari di Indonesia, begitupun untuk besutan Toyota. Kenapa bisa begitu? Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa alasan mobil SUV Toyota digemari di Indonesia.

  • Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Abdul

    Seiring berjalannya waktu permintaan mobil premium semakin meningkat. Saat ini mobil premium tidak hanya didominasi oleh mobil tipe sedan. Untuk menunjang jumlah penumpang yang lebih banyak, tak sedikit pabrikan meluncurkan kabin mobil yang lebih lapang, sehingga konsumen memiliki beragam pilihan untuk segmentasi mobil premium. Kali ini pembahasan mengenai Perbedaan Toyota Vellfire vs Alphard.

International