Berbeda Dengan Transmisi Matic Biasa, Ini Dia Cara Merawat Transmisi CVT Toyota Anda

24/04/2019

Transmisi CVT sudah sering dipasangkan pada kendaraan Toyota. Bagi Anda yang masih belum mengerti perbedaan merawat transmisi CVT Toyota dengan transmisi matik biasa, HargaToyota,com berikan beberapa tips yang pas untuk Anda.

Transmisi CVT mengandalkan sabuk baja yang diputar oleh sepasang puli dan meneruskan daya ke dari mesin ke roda. Desain yang ringkas dan ringan membuat mesin yang lebih kompak. Namun dengan usia pakai komponen yang termasuk tinggi, merawat transmisi CVT Toyota sebenarnya tidak begitu susah.

transmisi CVT Toyota berwarna putih

Transmisi CVT Toyota yang lebih ringan dan kompak

Merawat transmisi CVT memang tidak begitu susah. Mirip dengan transmisi lainnya. Namun berbeda dengan transmisi otomatis biasanya yang wajib dilumasi sehingga membutuhkan oli dengan spesifikasi lebih ‘berat’ dibandingkan transmisi CVT. Jadi, penggunaan oli transmisi disesuaikan dengan karakteristik atau spesifikasi standar pabrik agar transmisi CVT Anda tetap awet.

>>> Mengetahui Masalah Transmisi CVT Pada Mobil Toyota Beserta fungsinya

Untuk transmisi CVT, Anda membutuhkan pelumas dengan spesifikasi khusus bertanda “Oli CVT”. Hal ini dikarenakan umumnya oli transmisi matik biasa memiliki tingkat pelumasan yang tinggi. Menggunakan oli biasa untuk transmisi CVT Anda bisa menyebabkan transmisi selip hingga tenaga yang langsung berkurang.

Sedangkan untuk masa penggantian pelumas, oli transmisi CVT dikategorikan sebagai long live period sebagaimana dicantumkan pada buku manual. Namun hal ini sebaiknya jangan terlalu menjadi patokan. Pasalnya setiap mobil mendapatkan penanganan yang berbeda.

>>> Dapatkan harga menarik dari Toyota Avanza Veloz disini

teknisi yang sedang melakukan penggantian oli transmisi CVT Toyota

Perhatikan waktu penggantian oli transmisi CVT Toyota Anda

Disarankan untuk mengganti oli transmisi CVT setiap pemakaian 100.000 km. Hal ini bisa dilakukan jika Anda menggunakan kendaraan dalam kategori lancar dan tanpa kemacetan. Jika sehari-hari Anda melalui jalanan yang macet, kemungkinan besar Anda akan lebih cepat mengganti oli transmisi CVT kendaraan.

Namun jika Anda masih belum mengerti tentang masalah penggantian oli hingga merawat transmisi CVT Toyota, Anda bisa diskusikan dengan service advisor bengkel resmi ketika melakukan servis berkala. Dengan pertimbangan kondisi pemakaian setiap hari, perhatikan waktu yang pas agar oli transmisi CVT mobil Anda selalu berada dalam kondisi terbaiknya.

>>> Jangan lupa tips terlengkap dari konsultan mobil hanya di situs HargaToyota.com

Padli Nurdin
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca