Benar STNK Kendaraanmu Asli, Begini Cara Mengetahui!

13/02/2020

Tak kalah penting memastikan kondisi kendaraan sehat saat membeli mobil bekas, Anda juga harus teliti dan memastikan STNK-nya asli. Begini cara mengetahui!

Tercapai keinginan membeli mobil meski sekadar mobil bekas pastinya senang. Terlebih jika itu hasil keringat sendiri, tidak hanya senang tapi juga bangga. Bagaimana jika kemudian tahu Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) mobil tersebut ternyata palsu?

Foto sejumlah mobil dipajang di diler mobil bekas resmi Toyota TRUST

Mobil bekas, alternatif jika mobil baru tidak terbeli

Ini yang tak kalah penting untuk diperhatikan saat membeli mobil bekas. STNK palsu bisa memicu banyak masalah di kemudian hari dan bakal sangat merugikan. Anda bisa berurusan dengan hukum dan tidak menutup kemungkinan terjerat pidana. Selain itu mobil yang Anda beli bisa disita polisi.

Makanya, kalau Anda membeli mobil bekas berhati-hatilah dan teliti dengan seksama. Pastikan mobil dalam kondisi baik, komponennya sehat serta segala fungsi kendaraan bisa dioperasikan dengan normal.

Selain itu, pastikan juga surat kendaraan seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) lengkap serta semuanya asli. Jangan sampai gara-gara tidak teliti Anda terlibat masalah besar di kemudian hari.

>>> Ingin Pasang Plat Nomor Cantik? Ini Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui

Foto STNK terlipat

STNK palsu bisa jadi sumber masalah

Begini cara mengetahui keaslian STNK, sebagaimana dibagikan Indonesia.go.id

  1. Cocokkan data yang tertulis di STNK dengan fisik kendaran. Periksa mulai dari jenis kendaraan, merk, warna, kapasitas mesin, hingga nomor polisi. Cek juga tanda tangan dan cap yang ada pada STNK tersebut.
  2. Periksa Nomor Rangka yang ada pada kendaraan, nomor tersebut harus sama dengan yang ada di BPKB dan STNK. Untuk mengetahui Nomor Rangka, Anda bisa memeriksa di bagian bodi kendaraan.
  3. Periksa Nomor Mesin kendaraan Anda. Sama seperti Nomor Rangka, Nomor Mesin juga ada di kendaraan tepatnya pada bagian mesin. Tiap merk kendaraan memiliki letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin yang berbeda-beda. Cek kesamaan dengan yang tercantum di BPKB dan STNK.
  4. Bawa ke Samsat untuk melakukan pemeriksaan keaslian dokumen.

>>> Begini Prosedur Mengurus STNK Yang Hilang Dan Persyaratannya

Foto menunjukkan Mesin Toyota

Pastikan nomor mesin sesuai STNK

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Fatchur Sag
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Solusi Pedal Kopling Toyota Calya Berat,Bisa Pakai Tambahan Alat Ini

    Solusi Pedal Kopling Toyota Calya Berat,Bisa Pakai Tambahan Alat Ini

    Abdul

    Toyota Calya menjadi salah satu kendaraan yang cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Namun salah satu hal yang kadang terjadi adalah pedal kopling Toyota Calya berat. Tentunya hal tersebut ada solusinya supaya masalah bisa teratasi dan kendaraan kembali maksimal.

  • Alasan Mobil Bekas Toyota Memiliki Harga Jual Tinggi, Pemilik Juga Berperan

    Alasan Mobil Bekas Toyota Memiliki Harga Jual Tinggi, Pemilik Juga Berperan

    Abdul

    Ketika membeli sebuah mobil kadang terpikir untuk menjualnya lagi. Dengan begitu maka seseorang akan memilih mobil dengan lebih teliti lagi. Salah satu brand mobil yang dapat dipilih adalah Toyota. Mobil bekas Toyota mempunyai harga jual yang terbilang sangat baik.

  • Beberapa Perawatan Mobil Saat Di Rumah Dan Dilakukan Sendiri

    Beberapa Perawatan Mobil Saat Di Rumah Dan Dilakukan Sendiri

    Abdul

    Mobil menjadi salah satu kendaraan yang nyaman, oleh sebab itu perawatan perlu dilakukan. Bahkan beberapa perawatan juga dapat dilakukan sendiri di rumah sehingga lebih meringankan biaya servis dan menjaga mobil tetap prima. Perawatan mobil yang dapat dilakukan sendiri ada beragam. Kami akan memberikan informasinya pada artikel kali ini.