Belum Tahu Teknologi VSC Dan HSA Pada Mobil Toyota, Berikut Penjelasannya!

15/12/2018

Toyota merupakan salah satu pabrikan ternama asal Jepang yang memasarkan produk-produknya di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia. Pihaknya mengutamakan keselamatan dan keamanan untuk para pemilik mobil Toyota dengan memberikan fitur berteknologi mumpuni. Beberapa teknologi yang berguna untuk mencegah terjadinya kecelakaan fatal adalah VSC dan HSA pada mobil Toyota.

VSC merupakan singkatan dari Vehicle Stability Control, sedangkan HSA adalah singkatan dari Hill Start Assist. Berikut ini merupakan penjelasan dari teknologi VSC dan HSA pada mobil Toyota.

Gambar ini menunjukkan logo mobil Toyota pada sebuah kendaraan

Toyota merupakan salah satu produsen mobil yang mengutamakan keselamatan dan keamanan berkendara

Vehicle Stability Control (VSC)

VSC merupakan salah satu fitur keamanan yang terdapat pada mobil Toyota dengan teknologi terbaru. Untuk mobil Toyota sudah banyak yang menggunakan teknologi ini, terutama mobil keluaran terbaru. Fungsinya sendiri adalah untuk mencegah mobil tergelincir saat dalam keadaan melaju. Begitu juga sebagai pencegah roda mobil menjadi selip dan kehilangan traksi dengan cara mengurangi tenaga mesin. Dalam prosesnya gaya pengereman setiap roda akan dikurangi sesuai kebutuhan untuk menghindari hilangnya traksi yang dapat beresiko kecelakaan.

>>> Cari tempat terpercaya untuk membeli mobil bekas dan baru buatan Toyota? Jangan ragu klik di sini

Sedangkan untuk fungsi utamanya yaitu untuk mengontrol laju kendaraan dengan lebih efektif. Untuk caranya yakni menyeleksi pengereman pada setiap roda yang membutuhkan saat mobil melaju dan beresiko tergelincir. Tidak dipungkiri lagi, adanya fitur ini dapat lebih membantu pengemudi dalam mengendalikan kendaraan saat akan tergelincir. Tentunya dari segi keamanan dan keselamatan, fitur ini sangatlah penting.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi cara kerja fitur Vehicle stability control pada mobil Toyota

Dengan fitur VSC menghindari mobil kehilangan traksi saat melewati belokan

Jadi semua pengemudi tidak tahu menahu kapan akan terjadi selip yang berakibat mobil kehilangan traksi serta menjadikan oleng atau keluar jalur saat menikung. Oleh sebab itu dengan adanya penambahan fitur VSC pada kendaraan, maka otomatis kekuatan mesin akan dikurangi dan selanjutnya melakukan pengereman pada setiap roda sesuai kebutuhan. Dengan begitu mobil dapat melaju sesuai jalurnya dengan baik dan benar.

Bahkan pada penelitian yang sudah dilakukan oleh  Insurance for Highway Safety (IIHS) Amerika Serikat menyebutkan, bahwasanya dengan adanya fitur VSC ini dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan fatal sampai 56%.

>>> Lihat juga, Beberapa Bagian Dan Fitur Di Dalam Toyota Calya Yang Mungkin Belum Anda Tahu

Hill Start Assist (HSA)

Untuk pembahasan mengenai teknologi VSC dan HSA pada mobil Toyota selanjutnya adalah Hill Start Assist. Teknologi ini juga merupakan salah satu fitur yang terbilang wajib pada mobil. Sebelumnya untuk fitur yang satu ini memang hanya disematkan dalam kelas high saja. Akan tetapi untuk sekarang sudah dipasangkan pada kelas medium ke atas.

Adapun untuk fitur HSA ini fokusnya pada sistem pengereman. Kalau dilihat dari cara kerjanya yakni menahan kendaraan agar tidak berjalan mundur saat berada di tanjakan. Untuk kinerjanya secara otomatis yang lebih memudahkan pengemudi ketika akan menginjak pedal gas. Jadi pada saat berada di tanjakan dengan kemiringan > 45 derajat dan terjadi kemacetan, tentu hal ini akan sangat merepotkan. Setelah menginjak pedal rem harus segera menekan pedal gas untuk bisa membuat mobil melaju. Jika tidak maka beresiko mobil berjalan mundur dan menabrak mobil di belakang. Dengan adanya fitur HSA masalah tersebut tidak akan terjadi.

>>> Baca juga, Jangan Salah, Ini Dia Beberapa Fitur Mobil Toyota Yang Bikin Suasana Romantis

Gambar ini menunjukkan ilustrasi fitur Hill Start Assist pada mobil Toyota

Fitur HSA memudahkan pengendara saat melaju di tanjakan setelah berhenti

Selain hal tersebut, dengan adanya fitur HSA dapat mengurangi kinerja penggunaan rem tangan.  Penggunaan fitur HSA ini memang banyak digandrungi oleh masyarakat.  Selain untuk segi keamanan juga memberikan kemudahan ketika melaju di tanjakan dalam kondisi macet ataupun saat ingin berhenti di tanjakan.

Demikianlah penjelasan mengenai teknologi VSC dan HSA pada mobil Toyota. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Ini Dia Caranya Merawat Panel Interior Agar Terlihat Bersih dan Mengkilap

    Ini Dia Caranya Merawat Panel Interior Agar Terlihat Bersih dan Mengkilap

    Hafizh Fauzan

    Untuk bisa merawat panel interior mobil Toyota dengan baik dan benar ternyata tidak sulit, dan inilah cara-caranya.

  • Tips Mudik Dengan Toyota Calya, Ini Hal Yang Harus Anda Tahu

    Tips Mudik Dengan Toyota Calya, Ini Hal Yang Harus Anda Tahu

    Franky Pratama

    Mudik dengan Toyota Calya? Siapa takut? Itulah kesan yang harus disimpan dalam ingatan teman-teman semua, mengenai ketangguhan mobil Low Cost Green Car (LCGC) ini. Toyota Calya adalah salah satu mobil keluarga yang sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Namun, masih saja ada yang mempertanyakan apakah Toyota Calya bisa diajak untuk mudik dalam perjalanan jauh. Berikut hal-hal yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Waspadalah, Ini Penyebab Aki Mobil Tekor Yang Wajib Diketahui

    Waspadalah, Ini Penyebab Aki Mobil Tekor Yang Wajib Diketahui

    Fatchur Sag

    Aki mobil tekor bisa membuat jengkel dan 'menderita'. Karenanya pemilik mobil perlu melakukan antisipasi sejak jauh-jauh hari agar hal ini tidak terjadi. Berikut beberapa penyebab aki mobil tekor yang wajib diketahui!