Begini Tips Merawat Mesin Toyota Hiace Agar Tetap Prima

21/12/2018

Merawat mesin Toyota Hiace sangatlah diperlukan supaya kondisinya tetap prima. Dalam melakukannya diharapkan secara berkala, akan tetapi kadang seseorang tidak ada waktu karena padatnya aktivitas setiap harinya.

Setiap kendaraan membutuhkan perawatan untuk membuatnya tetap awet dan siap diajak bepergian kemanapun yang disuka. Begitupun untuk Toyota Hiace yang juga membutuhkannya. Pasalnya mobil yang kerap diperhatikan dalam segi perawatan akan tetap nyaman dan mesinnya pun prima. Berikut ini merupakan tips merawat mesin Toyota Hiace yang dapat dilakukan supaya kondisinya tetap prima.

1. Mengganti Oli Mesin

Dalam melakukan penggantian oli diharapkan sesuai aturan, jangan sampai terlalu lama tidak diganti sehingga berakibat kerusakan pada bagian mesin. Aturan ini biasanya telah disebutkan oleh produsen di dalam buku manual kendaraan, jika masih belum paham bisa menanyakan langsung ke bengkel resmi Toyota di dekat rumah sobat otomotif semua.

Gambar ini menunjukkan mesin Toyota Hiace dan terdapat corong untu memasukkan oli mesin

Oli bertugas melumasi komponen mesin sehingga penggantian secara berkala diperlukan

Apalagi oli mempunyai peranan yang penting bagi mesin yakni melumasi tiap komponen dan mengurangi gesekan antar komponen. Jadi keberadaannya sangatlah diperlukan, jika sudah lama tidak diganti maka pelumasan menjadi kurang maksimal dan berakibat komponen permesinan cepat aus atau mengalami kerusakan.

2. Menggunakan Bahan Bakar Yang Tepat

Setiap kendaraan kadang memiliki batas minimal oktan bahan bakar yang direkomendasikan. Dengan menggunakan sesuai prosedur, tentunya performa mobil tetap terjaga dan kendaraan akan nyaman digunakan untuk menempuh perjalanan baik dekat ataupun jauh. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai rekomendasi bisa merusak ataupun mengurangi umur komponen permesinan pada Toyota Hiace.

>>> Baca juga, Beberapa Tips Mencegah Kebocoran Radiator Pada Mobil

3. Menggunakan Air Khusus Radiator

Penggunaan radiator coolant memang kadang menjadi sesuatu yang disepelekan. Tak jarang pemilik yang mengisinya dengan air keran atau air biasa lainnya. Namun alangkah baiknya jika memakai air khusus radiator supaya pendinginan mesin dapat terjadi dengan lebih baik. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pengurasan saat sudah lama. Karana tangki radiator Toyota Hiace yang kotor bisa mengurangi performa kendaraan. Untuk pengurasan air radiator yang ideal biasanya setelah kendaraan menempuh jarak 10.000 km.

Gambar ini menunjukkan air radiator dan juga beberapa komponen pada mobil Toyota Hiace

Gunakan air khusus radiator untuk kinerjanya tetap prima

>>> Baca Juga, Beberapa Tips Mencegah Kebocoran Radiator Pada Mobil

4. Menghindari Karat Pada Tangki Bahan Bakar

Seperti yang telah diketahui bahwa tangki mobil merupakan tempat bahan bakar yang bisa saja berkarat karena lamanya pemakaian. Memang sulit dalam menghindari karatan pada tangki, karena untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan memastikan bahan bakar selalu penuh. Karena apabila bagian tangki terlalu lama tidak terkena bahan bakar itu yang menjadikannya berkarat. Hal ini juga merupakan salah satu tips dalam merawat mesin Toyota Hiace. Jadi pastikanlah bahan bakar penuh saat kendaraan tidak ingin digunakan dalam jangka cukup lama. Dengan begitu karatan tidak akan muncul pada tangki dan terhindar kerusakan akibat karat yang ikut masuk kedalam selang bahan bakar dan menyumbat filter bahan bakar.

5. Memeriksa Timing Belt

Perawatan Toyota Hiace selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada bagian timing belt. Bagian ini berupa sabuk yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan putaran roda dengan internal mesin. Apabila bagian ini mengalami kerusakan maka dapat menimbulkan suara bising saat mobil mulai dijalankan. Ketika sudah aus atau bermasalah namun tetap dibiarkan saja, maka resiko yang akan terjadi selanjutnya adalah timing belt bisa putus dengan tiba-tiba. Jika sudah begitu maka akibatnya akan ada komponen-komponen tertentu pada mesin ikut mengalami kerusakan. Oleh sebab itu pemeriksaan harus dilakukan, jika sudah ada tanda masalah sebaiknya dilakukan penggantian.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga Mobil Toyota terbaru

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil sedang diservis di bengke; resmo Toyota

Lakukan pengecekan secara berkala di bengkel resmi Toyota

6. Tune Up Tepat Waktu

Tips terakhir dalam merawat mesin Toyota Hiace adalah dengan melakukan tune up tepat pada waktunya. Nantinya komponen-komponen vital akan dilakukan pemeriksaan dan juga dilakukan penyetelan ulang. Dengan begitu mobil akan kembali prima dan mempunyai umur lebih awet.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Tips Modifikasi Toyota Vios Keren Tapi Aman

    Tips Modifikasi Toyota Vios Keren Tapi Aman

    Abdul

    Modifikasi Toyota Vios dapat dilakukan untuk membuat tampilan lebih menarik. Selain itu bisa menjadi salah satu kesenangan tersendiri karena disesuaikan dengan selera dan berbeda dengan kendaraan lain yang modelnya sama.

  • Beberapa Alasan Pilih Toyota Hiace Jadi Mobil Travel

    Beberapa Alasan Pilih Toyota Hiace Jadi Mobil Travel

    Abdul

    Terdapat beberapa alasan pilih Toyota jadi mobil travel. Salah satunya adalah kabin yang lega dan dapat memberikan kenyamanan selama perjalanan. Daya tampung penumpangnya juga cukup banyak sehingga menjadikan mobil ini banyak diminati.

  • Begini Cara Kerja Mobil Hybrid Toyota, Lebih Mudah Dengan Banyak Kelebihan

    Begini Cara Kerja Mobil Hybrid Toyota, Lebih Mudah Dengan Banyak Kelebihan

    Abdul

    Beragam jenis mobil ditawarkan di pasaran, dari mulai MPV, SUV dan lainnya. Bahkan dari segi mesin ada pilihan diesel, bensin dan juga motor listrik. Nah kali ini kami akan membahas mengenai cara kerja mobil hybrid Toyota.

International