Begini Prosedur Mengurus STNK Yang Hilang Dan Persyaratannya

02/09/2018

Setiap kendaraan baik itu Mobil ataupun motor mempunyai surat kelengkapan yang memang harus ada. Surat tersebut seperti STNK dan BPKB yang memiliki peranan masing-masing. Untuk STNK harus selalu dibawa selama menempuh perjalanan menggunakan kendaraan. Tentunya hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kendaraan curian yang tidak memiliki kelengkapan surat. Dengan begitu menjaganya agar tidak hilang sangatlah diperlukan. Namun bagaimana prosedur mengurus STNK yang hilang?

Memang pemilik kendaraan telah ekstra hati-hati dalam menjaga surat miliknya. Namun kadang kala bisa terjatuh ataupun tertinggal di suatu tempat dan tidak bisa ditemukan lagi. Jika mengalami hal tersebut tentunya harus segera lapor ke polisi dan membuat STNK baru supaya tidak terjadi masalah di jalan seperti kena Razia Polisi ataupun disangka pencuri. Untuk prosedur mengurus STNK yang hilang sebenarnya cukup mudah apabila sudah mengetahui persyaratan dan tata caranya.

Gambar ini menunjukkan BPKB dan juga STNK yang ditempatkan berjejer

BPKB dan STNK merupakan surat kelengkapan kendaraan yang harus dimiliki oleh pemilik kendaraan

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Berikut ini merupakan persyaratan yang harus disediakan saat STNK hilang dan tidak ditemukan lagi yang dilansir dari situs resmi ntmcpolri.info.

  • KTP pemilik kendaraan, asli dan fotokopi.
  • Fotokopi STNK yang hilang.
  • Surat Keterangan Hilang STNK dari Polsek atau Polres setempat.
  • BPKB asli dan fotokopi.

Dengan melihat persyaratan yang diperlukan untuk mengurus STNK yang hilang, tentunya terbilang cukup simpel dan tidak ribet. Keempat syarat yang tertera memang yang paling merepotkan adalah meminta surat kehilangan dari pihak polsek atau polres setempat. Namun hal tersebut tidak menjadi alasan untuk tidak melakukan pengurusan. Karena hal tersebut bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman kepada masyarakat terhadap kendaraannya.

Gambar ini menunjukkan lembaran STNK yang terdiri dari 2 buah yaitu nama pemilik dan biaya pajak tahunan

Pengurusan STNK yang hilang dapat dilakukan dengan mempersiapkan persyaratan yang diperlukan

>>> Mungkin tertarik, Tips Perawatan Safety Belt Pada Mobil Toyota Yang Dapat Dilakukan

Untuk melakukan pengurusan sebaiknya melengkapi persyaratan di atas, karena jika tidak maka akan disuruh untuk melengkapinya terlebih dahulu sebelum diproses. Setelah syarat telah lengkap, dilanjutkan dengan pemrosesannya. Berikut ini merupakan prosedur mengurus STNK yang hilang.

1. Cek Fisik kendaraan. Fotokopi hasil cek fisiknya.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran.

3. Mengurus Cek Blokir (Mengurus Surat Keterangan STNK Hilang dari Samsat), berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian. Lampirkan hasil cek fisik kendaraan.

4. Mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II. (Lampirkan semua persyaratan data dan Surat Keterangan Hilang dari Samsat).

5. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. (Bila telah dibayar maka bebas biaya pajak).

6. Membayar Biaya Pembuatan STNK baru.

7. Pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).

Sebagai tambahan buat para pemilik kendaraan supaya tidak meninggalkan STNK di kendaraan selama bepergian atau ketika sedang parkir. Alangkah baiknya dimasukkan ke dalam dompet dan dibawa kemanapun Anda pergi. Pasalnya banyak kendaraan yang dijual di pasaran dalam kondisi hanya memiliki STNK saja. Dalam hal ini bisa saja Mobil tersebut hasil pencurian yang mana pemilik sebelumnya meninggalkan STNKnya di kendaraan.

>>> Baca juga, Ingat! Buku Manual Kendaraan Tidak Boleh Dianggap Remeh

Gambar ini menunjukkan beberapa Motor sedang terparkir di depat kantor samsat Demak

Terdapat prosedur yang perlu dilakukan dalam mengurus STNK yang hilang

Hal ini memang tidak dapat mencegah aksi pencurian, namun setidaknya saat memberi laporan pada pihak polisi akan lebih mudah dan segera diproses. Selain itu jika STNK hilang dan tidak ditemukan maka segera mengurus STNK yang hilang dengan segera. Dengan begitu saat ingin menempuh perjalanan kembali sudah membawa surat kelengkapan kendaraan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai prosedur mengurus STNK yang hilang. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

International