Begini Membersihkan Blower AC Toyota Rush Dengan Mudah

27/11/2018

AC merupakan salah satu fitur pada mobil yang terbilang wajib di jaman sekarang. Tentunya kendaraan masa kini yang tidak mempunyai AC akan sulit dalam hal penjualannya. Di dalam AC terdapat beberapa komponen seperti blower, kipas dan lainnya. Membersihkan blower AC Toyota Rush sangatlah diperlukan agar kinerjanya tetap maksimal.

Setiap komponen mempunyai tugas masing-masing yang saling mendukung satu sama lain. Untuk fungsi dari blower ac adalah untuk menghembuskan udara menuju ke bagian evaporator. Kemudian udara akan melewati evaporator dan akan diserap oleh freon dan dilanjutkan menuju kisi-kisi AC sudah dalam keadaan dingin. Dengan begitu membersihkan blower AC Toyota Rush sangatlah diperlukan agar udara yang dihembuskan dapat maksimal.

Gambar ini menunjukkan Console Box Toyota Rush yang lokasinya di bawah dashboard sebelah kiri

Lokasi blower AC Toyota Rush di belakang console box

Dalam membersihkan blower AC Toyota Rush terdapat beberapa peralatan yang diperlukan dan juga beberapa tahapan.

Hal pertama yang diperlukan adalah menyiapkan perlengkapan seperti kunci 8 dan juga air yang nantinya digunakan untuk proses pembersihan.

Selanjutnya adalah membongkar console box Toyota Rush yang letaknya berada di depan kursi penumpang depan. Untuk cara pembongkaran melalui bagian kiri dan menariknya secara perlahan sambil mencoba melepasnya dengan tangan kanan. Jadi proses pertama ini tidak menggunakan alat apapun. Setelah terbuka akan terlihat blower yang berada di dalam dan masih tertutup komponen lain.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Selanjutnya adalah melepaskan 2 baut bracket ECU yang lokasinya berada di bagian paling bawah dari komponen console AC tersebut. Gunakan kunci 8 dan untuk mengendorkannya diputar berlawanan arah jarum jam. Letakkan baut di tempat yang aman karena nantinya akan digunakan kembali.

Dilanjutkan dengan memindahkan bracket ECU ka bagian samping supaya bisa melepas baut selanjutnya. Untuk pemindahannya cukup menariknya ke bawah dan kekiri secara perlahan, jangan sampai ada sambungan yang putus.

Gambar ini menunjukkan bagian dalam setelah console box dibuka dan terdapat beberapa komponen di dalamnya

Fungsi blower AC adalah untuk menghembuskan udara menuju ke bagian evaporator

Tahapan selanjutnya adalah melepaskan batu pengikat blower yang jumlahnya 3 buah. Untuk letaknya berada di tempat bracket ECU sebelum dipindahkan. Cobalah merabanya dan lepaskan 3 buah baut tersebut menggunakan kunci 8 dengan memutarnya berlawanan arah jarum jam.

>>> Lihat juga, Mengetahui Ciri-Ciri Kebocoran Saluran AC Mobil Untuk Langkah Waspada

Setelah semua baut terlepas tinggal menarik blower AC milik Toyota Rush. Dilanjutkan dengan melepas kabel yang terhubung dengan blower, untuk caranya tinggal mencabutnya saja.

Apabila tahapan tersebut usai maka sobat tinggal membersihkan blower dengan air sampai bersih. Pastikan air yang digunakan bersih atau bisa juga menggunakan air bertekanan namun jangan terlalu kencang. Jika sudah selesai keringkan terlebih dahulu dengan mengelapnya atau biarkan sampai mengering sendiri.

Setelah proses membersihkan blower AC Toyota Rush dengan mencucinya menggunakan air telah selesai dan sudah kering, dilanjutkan dengan melakukan pemasangan kembali.

Dalam proses pemasangan sebenarnya adalah kebalikan dari proses pelepasan. Ingat baut yang dilepas tidak jangan sampai hilang karena masih digunakan. Dalam pemasangan, tahap pertama adalah menghubungkan kembali kabel pada blower yang sebelumnya dilepas. Setelah itu masukkan blower ke tempatnya dan masukkan 3 buah baut untuk pengunci blower.

>>> Baca juga, Waspada! Ini Masalah Pada AC Mobil Yang Bisa Saja Terjadi

gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang blower AC Mobil Toyota Rush dengan warna putih

Membersihkan blower AC Toyota Rush cukup dengan disiram dengan air sampai bersih

Dalam proses penguncian baut diharapkan dilakukan bertahap. Maksudnya adalah, 3 buah dimasukkan dan diputar menggunakan tangan. Setelah sudah tidak bisa diputar dengan tangan barulah menggunakan kunci secara bergantian. Lakukan bergantian dalam proses pengencangan sedikit demi sedikit agar kekencangan baut bisa sama.

Jika blower sudah dipastikan kencang, selanjutnya kembalikan bracket ECU ke tempat sebelumnya dan masukkan baut yang jumlahnya 2 tadi. Kencangkan dengan memutarnya menggunakan kunci searah jarum jam. Pastikan kedua baut telah kencang supaya dapat bekerja dengan maksimal dan tidak menimbulkan suara yang mengganggu.

Untuk tahap terakhir dalam membersihkan blower AC Toyota Rush adalah dengan memasangkan kembali console box yang sebelumnya dilepas. Untuk caranya adalah dengan memasukkan dahulu bagian bawah sampai masuk dan berada di tempatnya. Kemudian dilanjutkan dengan menutup bagian atas sampai tertutup sempurna.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Belum Tahu Teknologi VSC Dan HSA Pada Mobil Toyota, Berikut Penjelasannya!

    Belum Tahu Teknologi VSC Dan HSA Pada Mobil Toyota, Berikut Penjelasannya!

    Abdul

    Toyota merupakan salah satu pabrikan ternama asal Jepang yang memasarkan produk-produknya di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia. Pihaknya mengutamakan keselamatan dan keamanan untuk para pemilik mobil Toyota dengan memberikan fitur berteknologi mumpuni. Beberapa teknologi yang berguna untuk mencegah terjadinya kecelakaan fatal adalah VSC dan HSA pada mobil Toyota.

  • Hari-Hati, Ada Peringatan Di Fitur SRS Airbag Pada Toyota Fortuner Yang Tidak Boleh Dilakukan

    Hari-Hati, Ada Peringatan Di Fitur SRS Airbag Pada Toyota Fortuner Yang Tidak Boleh Dilakukan

    Abdul

    Berkendara menggunakan mobil tentu menginginkan selamat sampai tujuan tanpa ada masalah. Apalagi kecelakaan yang bisa menimbulkan cedera parah ataupun kematian. Oleh sebab itu dari pihak produsen memberikan fitur SRS Airbag pada Toyota Fortuner. Dengan adanya fitur ini menjadikan pengendara lebih tenang selama perjalanan.

  • Melirik Kelebihan Toyota Hilux S-Cab, Mobil Dengan daya Angkut Yang Besar

    Melirik Kelebihan Toyota Hilux S-Cab, Mobil Dengan daya Angkut Yang Besar

    Abdul

    Toyota Hilux S-Cab merupakan kendaraan komersial yang kerap digunakan untuk bisnis. Jadi dengan menggunakan mobil ini dapat membawa barang untuk kegiatan bisnis atau pindahan rumah. Mobil besutan ini sudah hadir di Indonesia beberapa puluh tahun lalu dengan menggunakan mesin yang cukup tangguh. Banyak kelebihan Toyota Hilux S-Cab sehingga banyak orang yang menyukainya.