Begini Cara Mengaktifkan Fitur Panic Mode Toyota Calya Untuk Mencegah Pencurian

05/12/2018

Salah satu segmen mobil yang banyak digemari oleh masyarakat adalah LCGC. Yang mana segmen ini terkenal akan keiritan bahan bakar dan juga ramah lingkungan. Daya tampung yang dimiliki juga cukup banyak yaitu 7 penumpang. Toyota Calya misalnya yang telah disematkan beberapa fitur menarik di dalamnya. Seperti fitur panic mode Toyota Calya yang berguna untuk mencegah pencurian kendaraan.

Toyota Calya merupakan mobil jenis MPV yang mempunyai harga terjangkau. Akan tetapi soal fitur tidak diragukan lagi karena tidak akan kalah dengan para pesaingnya. Peluncuran mobil ini bersamaan dengan Daihatsu Sigra yang masuk dalam segmen yang sama. Peluncurannya tersebut terjadi pada tahun 2016 silam dan melakukan persaingan dengan Datsun Go+ Panca. Fitur panic mode Toyota Calya sangat diandalkan untuk menjaga keamanan kendaraan.

Gambar ini menunjukkan Mobil Toyota Calya warna putih tampak samping depan dan kanan

Toyota Calya mobil MPV LCGC kapasitas 7 penumpang

Adapun fitur yang terdapat pada Toyota Calya untuk menjaga keamanan adalah immobilizer dan kunci remote yang disertai dengan alarm. Pada kunci tersebut lah tersemat sebuah fitur yang cukup membantu yakni panic mode. Lantas apa sebenarnya fungsi dari fitur panic mode yang terdapat pada Toyota calya?

Jadi fungsinya adalah untuk membunyikan suara sirine yang berasal dari klakson dengan dibarengi lampu hazard yang menyala ketika modenya diaktifkan. Berdasarkan dari buku panduan pemilik, mode tersebut mempunyai tugas untuk mencegah pencuri mengambil mobil saat tidak ada yang melihatnya. Sebagai contoh saat ada orang yang ingin memecahkan kaca jendela atau merusak kendaraan pada saat sepi, maka saat panic mode aktif maka alarm akan berbunyi dan lampu hazard juga menyala.

>>> Mungkin tertarik, Cara Mengatasi Remote Toyota Calya Yang Tidak berfungsi

Dengan mengaktifkan fitur panic mode maka akan seperti ada kegaduhan yang dapat mengundang perhatian orang disekitar. Dengan begitu pencuri akan panik dan tidak melanjutkan aksinya. Namun yang perlu diperhatikan adalah saat mode ini aktif, jangan sekali-kali untuk iseng atau prank. Karena jika melakukan hal tersebut dapat membuat jengkel orang disekitar akibat terganggu dengan suara yang dihasilkan Toyota Calya.

Gambar ini menunjukkan kunci immobilizer dengan 2 tombol gambar gembok terbuka dan tertutup

Fitur panic mode Toyota Calya berfungsi untuk mencegah terjadinya pencurian

>>> Baca juga, Daftar Harga Toyota Calya Terupdate dan spesifikasi lengkap

Nah bagi sobat yang belum mengetahui cara mengaktifkan fitur panic mode Toyota Calya jangan khawatir. Kali ini kami akan mengulasnya dan semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat buat sobat pemilik Toyota Calya.

Dalam mengaktifkan fitur tersebut sebenarnya terbilang cukup mudah, hanya dengan menekan tombol pada remote beberapa kali sudah aktif. Dengan begitu kendaraan lebih terlindung dan meminimalisir terjadinya tindak kejahatan pada kendaraan.

Tahap pertama dalam proses pengaktifan adalah dengan menekan tombol yang mempunyai logo gembok tertutup (LOCK). Setelah itu dilanjutkan dengan menekannya kembali sebanyak 3 kali. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah intervalnya, jadi untuk penekanan setiap kali menekan tombol dengan interval 1 detik.

Dengan menggunakan cara tersebut dalam proses pengaktifan fitur panic mode, maka Toyota Calya sudah terlindungi. Pada saat kondisi aktif maka jika terjadi masalah maka alarm dan lampu hazard akan menyala selama 30 detik. Apabila tidak dimatikan secara manual maka akan berbunyi terus hingga genap 30 detik.

>>> Baca juga, Performa Toyota Calya tetap Terjaga Dengan Beberapa Langkah Mudah

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Calya warna merah dengan beberapa lampu yang menyala

Jika fitur panic mode aktif maka saat ada pencuri sirine berbunyi dan lampu hazard akan menyala

Sedangkan untuk langkah mematikan atau menonaktifkan fitur panic mode hanya dengan menekan tombol LOCK saja atau tombol bergambar gembok terkunci. Bagaimana, mudah bukan dalam mengaktifkan serta menonaktifkan fitur panic mode Toyota Calya. Dengan adanya fitur ini tentunya meminimalisir tindak kejahatan pada mobil dan dapat memberikan ketenangan pada pemilik saat meninggalkan kendaraan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Belum Tahu Teknologi VSC Dan HSA Pada Mobil Toyota, Berikut Penjelasannya!

    Belum Tahu Teknologi VSC Dan HSA Pada Mobil Toyota, Berikut Penjelasannya!

    Abdul

    Toyota merupakan salah satu pabrikan ternama asal Jepang yang memasarkan produk-produknya di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia. Pihaknya mengutamakan keselamatan dan keamanan untuk para pemilik mobil Toyota dengan memberikan fitur berteknologi mumpuni. Beberapa teknologi yang berguna untuk mencegah terjadinya kecelakaan fatal adalah VSC dan HSA pada mobil Toyota.

  • Hari-Hati, Ada Peringatan Di Fitur SRS Airbag Pada Toyota Fortuner Yang Tidak Boleh Dilakukan

    Hari-Hati, Ada Peringatan Di Fitur SRS Airbag Pada Toyota Fortuner Yang Tidak Boleh Dilakukan

    Abdul

    Berkendara menggunakan mobil tentu menginginkan selamat sampai tujuan tanpa ada masalah. Apalagi kecelakaan yang bisa menimbulkan cedera parah ataupun kematian. Oleh sebab itu dari pihak produsen memberikan fitur SRS Airbag pada Toyota Fortuner. Dengan adanya fitur ini menjadikan pengendara lebih tenang selama perjalanan.

  • Ternyata Memberi Pelumas Karet Support Toyota Yaris Itu Penting!

    Ternyata Memberi Pelumas Karet Support Toyota Yaris Itu Penting!

    Abdul

    Beberapa masalah pada kendaraan tentu ada penyebabnya. Seperti misalnya pada ban kempes, itu bisa disebabkan karena ada kebocoran baik lubang yang kecil atau besar. Bisa juga karena lama tidak digunakan sehingga angin pada ban menjadi hilang sedikit demi sedikit. Seperti halnya pada mobil hatchback satu ini, yang mana karet support Toyota Yaris mengalami masalah.