Begini Cara Melepas Ban Serep Toyota Innova Venturer Dan Memasangnya

03/09/2018

Ban adalah salah satu bagian pada kendaraan yang beradu langsung dengan permukaan jalan. Oleh sebab itu kondisinya yang baik sangat diharapkan. Meskipun telah dilakukan perawatan dan pengecekan, bukan berarti tidak akan mengalami masalah saat dalam perjalanan. Oleh sebab itu setiap kendaraan dipasangkan ban serep, begitu juga Mobil Toyota. Lantas bagaimana melepas ban serep Toyota Innova Venturer.

Toyota Innova Venturer merupakan salah satu Mobil MPV yang cukup laris di pasaran. Letak ban serepnya berada di kolong yang fungsinya untuk mengganti ban yang bocor atau kempes saat berada dalam perjalanan.

Mengetahui cara melepas ban serep Toyota Innova Venturer sangat diperlukan. Supaya saat melakukan pergantian dapat berjalan dengan lancar. Mengingat kita tidak tahu kapan akan terjadi masalah di jalan. Iya kalau pada saat terjadi masalah dekat dengan bengkel, kalau tidak tentunya membuat pusing kepala.

Berikut ini merupakan cara melepas ban serep Toyota Innova Venturer yang dapat dilakukan.

1. Mempersiapkan alat

Gambar ini menunjukkan dua tangan memegang besi warna hitam

Terdapat alat khusus untuk menurunkan ban serep Toyota Innova Venturer

Tahapan pertama dalam melepas ban serep venturer adalah dengan mempersiapkan alatnya. Tujuannya adalah supaya dalam prosesnya tidak kebingungan dan harus mengambil satu demi satu di tempat perkakas. Adapun alat yang diperlukan adalah kunci untuk membuka baut ban dan juga 3 batang besi yang memiliki ujung seperti pengait. Untuk mendapatkan alat ini biasanya telah disediakan di dalam tool kit. Letaknya sendiri berada di bagian kompartemen bagian kiri di area bagasi Mobil.

>>> Baca juga, Beberapa Tips Menata Barang Bawaan Di Dalam Mobil

2. Melepas ban serep

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang alat yang dimasukkan ke dalam lubang bawah bagasi untuk menurunkan ban serep

Lubang untuk memasukkan besi saat ingin melepas ban serep berada di atas bumper belakang di bawah bagasi

Selanjutnya dalam melepas ban serep Toyota Innova Venturer adalah dengan menyambungkan 3 batang besi yang tersedia tersebut. Ujung besi yang seperti pengait diletakkan di bagian ujungnya.

Setelah semuanya tersambung, dilanjutkan dengan  memasukkannya ke lubang bagian tengan di bumper belakang. Biasanya letak lubang di atas bumper dan berada di bibir bagasi Mobil Venturer.

Pada saat dimasukkan pastikan sudah dalam posisi yang pas, biasanya ditandai dengan ada rasa klik atau sudah tepat. Kemudian dilanjutkan dengan memutar besi pengait tersebut ke kiri dan ban serep akan turun dari tempatnya. Dalam memutarnya dapat dilakukan dengan bantuan kunci baut ban. Dengan begitu proses pemutarannya menjadi lebih mudah.

>>> Baca juga, Tips Memilih Ban Mobil Untuk Musim Hujan Yang Perlu Diperhatikan

3. Mengambil ban serep

Gambar ini menunjukkan sebuah ban serep sedang diturunkan ke bawah dari tempatnya

Ban serep ditarik menggunakan rantai supaya tidak terjatuh

Setelah besi pengait diputar maka otomatis ban serep akan turun secara perlahan. Setelah sampai di bagian bawah atau telah turun sempurna dan tergeletak di permukaan jalan. Selanjutnya adalah melepaskan besi penyangga untuk dapat mengambil ban serep tersebut. Besi penyangga ini biasanya berada di ujung rantai dan di tengah velg. Bentuknya sendiri berupa persegi panjang yang fungsinya untuk menahan ban serep agar tidak terlepas saat terjadi guncangan selama perjalanan.

Setelah proses pelepasan ban serep selesai dapat dilanjutkan dengan mendongkrak di tempat dimana ban Mobil yang diganti. Namun ingat, sebelum memasang dongkrak kendorkan mur pengunci ban dengan kunci baut ban yang telah disiapkan sebelumnya. Dalam mengendorkan baut diputar berlawan arah jarum jam.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Gambar ini menunjukkan sebuah dongkrak yang diletakkan di bawah kendaraan dekat denga ban Mobil

Ban serep berguna untuk mengganti ban saat bocor atau kempes di jalan

Setelah ban terangkat barulah melepaskan baut dan ambil roda Mobil yang kempes atau bocor. Kemudian ganti dengan ban serep yang telah disediakan dan masukkan mur pada tempatnya, ingat jangan terlalu kencang dulu.

Setelah terpasang turunkan dongkrak dan ambil, kemudian dilanjutkan dengan mengencangkan baut dengan memutar searah jarum jam. Pasangkan roda yang kempes atau bocor di tempat ban serep. Masukkan besi penyangga dengan rantai di tengah lubang velg. Jika sudah benar, masukkan besi pengait ke lubang sebelumnya seperti saat menurunkan ban serep.

Untuk menaikkan ban ini diputar searah jarum jam sampai mentok. Jika sudah selesai kembalikan alat di tempat sebelumnya dan siap melanjutkan perjalanan.

Demikianlah informasi mengenai cara melepas ban serep Toyota Innova Venturer dan memasangnya kembali. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International