Begini Cara Kerja Mobil Hybrid Toyota, Lebih Mudah Dengan Banyak Kelebihan

16/11/2020

Beragam jenis mobil ditawarkan di pasaran, dari mulai MPV, SUV dan lainnya. Bahkan dari segi mesin ada pilihan diesel, bensin dan juga motor listrik. Nah kali ini kami akan membahas mengenai cara kerja mobil hybrid Toyota.

Toyota melakukan beragam inovasi dan menghadirkan teknologi terbaru. Yang mana saat ini yang sedang menarik perhatian adalah mobil hybrid. Salah satu mobil Toyota dengan jenis mesin tersebut adalah Toyota Corolla Cross yang cukup diminati. Hal tersebut karena penggunaan teknologi yang diberikan. Lantas bagaimana cara kerja mobil hybrid Toyota?

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Corolla Cross Hybrid tampak samping kanan dan depan

Toyota Corolla Cross memiliki tampilan yang menarik

>>> Baca Juga, Toyota Great Corolla Masih Banyak Disukai, Ini Alasan Dan Tips Beli Bekasnya!

Untuk teknologi yang diberikan pada mobil Toyota adalah Full Hybrid. Yang mana dari segi kinerja mengandalkan tenaga mesin bensin dengan maksimal. Adapun fungsi dari motor listriknya adalah untuk mendorong tenaga tambahan ketika nanti diperlukan.

Pada saat melaju dalam kecepatan yang rendah motor listrik fokus sebagai penggerak utama. Begitupun ketika jalanan macet yang membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat. Berikut ini beberapa kinerja berkaitan dengan mobil Hybrid dari Toyota.

1. Menyalakan Mesin Mobil

Pada saat menyalakan mesin maka baterai akan diambil dayanya yang dipakai untuk menyalakan komponen elektronik yang berada dalam kendaraan. Jadi pada saat baterai memerlukan tambahan daya maka mesin kendaraan akan menyala.

2. Melaju Di Kecepatan Rendah

Dalam cara kerja mobil hybrid Toyota, selanjutnya adalah motor listrik menjadi sumber penggerak utama pada saat mobil melaju dalam kecepatan rendah. Untuk dayanya disuplai oleh baterai yang diberikan. Pada saat itu mesin yang memakai bahan bakar bensin akan dihentikan sehingga konsumsi bahan bakar jadi irit.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Corolla Cross Hybrid tampak belakang

Kinerja mesin perpaduan antara mesin bensin dan motor listrik

>>> Baca Juga, Melirik Kehebatan Mesin Toyota Corolla Cross Hybrid Untuk Pengendaraan Fun To Drive

3. Ketika Sedang Berada Di Kecepatan Jelajah

Mesin bensin akan otomatis hidup pada saat akselerasi mobil sudah meninggi. Dengan perpaduan mesin bensin dan motor listrik, maka mobil akan digerakkan sehingga dapat melaju dengan nyaman.

4. Ketika Mendahului

Pada saat mobil mendahului kendaraan lain maka akselerasi yang dibutuhkan tentunya akan lebih tinggi karena mobil ingin melakukan manuver. Sama halnya pada saat berada di kecepatan jelajah, ketika akan mendahului kendaraan lain maka daya penuh akan diberikan secara bersamaan oleh motor listrik dan mesin bensin. Dengan begitu kecepatannya pada saat menyalip akan sama seperti kendaraan dengan mesin bensin pada umumnya.

5. Pada Saat Melakukan Pengereman

Baterai mobil listrik lama-kelamaan akan habis juga daya yang dimiliki. Akan tetapi salah satu keunggulan mobil hybrid Toyota adalah ketika melakukan pengereman maka dapat menimbulkan daya listrik yang kemudian disalurkan ke baterai untuk disimpan. Hal tersebut berkat putaran motor listrik yang dibalik sehingga bisa menghasilkan tenaga listrik.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi aki mobil adalah dengan membuat setelah pedal rem mobil jadi lebih tinggi.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan mesin mobil  Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross menggunakan mesin full hybrid

6. Ketika Mobil Dalam Kondisi Berhenti

Pada saat mobil dalam kondisi berhenti maka secara otomatis mesin full hybrid akan mati. Kita ambil contoh ketika berada di lampu lalu lintas dan kondisi yang menyala adalah lampu merah. Maka dalam kondisi tersebut mesin akan mati secara otomatis, begitupun ketika terjebak dalam kemacetan.

Setelah mengetahui cara kerja mobil hybrid dan keunggulan yang dimiliki apakah Sobat tertarik membelinya. Sobat bisa menghubungi pihak diler untuk melakukan test drive agar merasakan secara langsung sensasinya dan membuat hati lebih mantap.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International