Beberapa Tips Mudik Ala Bengkel Toyota yang Perlu Diperhatikan

12/05/2018

Perjalanan mudik merupakan salah satu hal yang terbilang menyenangkan, terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah perkotaan. Meskipun rasa lelah menghinggapi saat dalam perjalanan dengan Mobil serta menghadapi macet yang panjang, namun semua itu terobati dengan kebersamaan bersama keluarga tercinta di kampung halaman. Untuk itu tips mudik ala bengkel Toyota ini bisa menjadi referensi buat Anda yang menggunakan Mobil, supaya tetap aman dan nyaman dalam perjalanan.

Namun disamping hal tersebut para pengendara harus memperhatikan kondisi Mobilnya supaya tetap prima dan mampu menemani sampai tujuan tanpa adanya masalah. Menurut Indra Basuki yang merupakan Service Advisor PT Tunas Ridean Tbk (Bengkel resmi Toyota), bahwasanya kondisi mesin pada Mobil yang akan digunakan untuk melakukan perjalanan mudik harus benar-benar siap.

Untuk tips mudik ala bengkel Toyota pihaknya juga mengatakan, bahwasanya masalah yang kerap terjadi pada kendaraan yang digunakan untuk melakukan perjalanan jauh adalah pada mesin Mobil yang terlalu panas atau overheating. Biasanya hal tersebut terjadi karena adanya masalah pada radiator. "Sebenarnya jika radiator tidak bocor tidak akan panas. Pada servis berkala pasti dicek masalah itu," ujar dia.

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil dengan berbaga warna sedang melewati tikungan

Perawatan Mobil perlu dilakukan sebab musim mudik jalanan seringkali terjadi kemacetan

Indra juga menambahkan bahwa ketika indikator radiator mesin menunjukkan bahwa temperatur terlalu tinggi, maka lebih baik untuk melakukan pemberhentian dahulu. Tujuannya adalah membuat mesin Mobil menjadi dingin."Habis itu kalau menemukan bengkel segera melakukan pengecekan," katanya. Dalam mengatasi masalah radiator yang bocor bisa dilakukan dengan menggantinya dengan yang baru.

>>> Mungkin Anda tertarik, inilah daftar Harga Mobil Toyota terbaru yang ditawarkan oleh Cintamobil.com

Selain hal tersebut, tips mudik ala bengkel Toyota selanjutnya adalah memperhatikan kondisi ban Mobil. Jadi kondisi ban yang baik adalah masih terdapat ukiran atau kembangan sehingga terbentuk ruang kosong pada ban. "Jika terlihat tidak ada sela di antara kembangan ban dan terlihat licin, harus segera diganti," ucap indra.

Gambar ini menunjukkan seorang mekanik bengkel sedang membuka kap mobil

Sebelum diajak mudik Mobil perlu dilakukan servis

Bagian selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah aki Mobil. Memastikan kondisi cairan aki masih berada dalam posisi upper sangat diperlukan, jangan sampai posisinya berada pada low. Karena jika berada pada posisi low dapat mengganggu kinerja aki untuk menyalurkan listrik ke komponen Mobil. Pada saat melakukan pengisian harus dalam kondisi mesin Mobil mati. Jika mesin masih hidup namun memaksa untuk mengisi cairan aki malah dapat merusak kinerja dari aki. "Umur aki satu setengah tahun untuk mobil transmisi matic dan dua tahun untuk transmisi manual," kata Indra.

>>> Klik di sini untuk mengetahui review Mobil Toyota

Tips mudik ala bengkel Toyota selanjutnya adalah memeriksa kondisi rem Mobil. Dalam melakukan pergantian kampas rem dilakukan setelah mencapai 40.000 sampai 60.000 km untuk Mobil dengan transmisi otomatis. Sedangkan untuk Mobil transmisi manual dapat dilakukan pergantian setelah menempuh perjalanan mencapai 80.000 sampai 100.000 km. Jangan mengabaikan kondisi dari bagian ini, karena sistem pengereman sangat berperan dalam menjaga keselamatan ketika sedang berkendara.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa rem yang blong dapat membahayakan diri sendiri dan juga pengendara lainnya. Pergantian bisa saja lebih cepat atau lebih lama tergantung seberapa sering Mobil dipakai untuk melakukan perjalanan.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil warna silver dalam eadaan basah dak kaca depan telah diusap oleh wiper

Memastikan kondisi wiper dan Ac Mobil tetap prima dapat menambah kenyamanan berkendara

>>> Mungkin tertarik, Beberapa Tips Mengurangi Biaya Servis Mobil Toyota

Selain hal di atas, terdapat bagian lain yang perlu diperhatikan seperti karet wiper  dan juga Ac Mobil. Untuk wiper sendiri sangat berguna di saat hujan turun, mengingat cuaca yang tidak menentu dan berbeda satu sama lain. Memastikan kondisi karet wiper dalam kondisi yang baik sebelum melakukan perjalanan sangat disarankan. Selain itu, Ac Mobil juga sangat berperan saat cuaca panas. Kadangkala ketika cuaca sedang panas-panasnya di tambah kemacetan yang panjang dapat membuat tubuh kita berkucuran keringat. Oleh sebab itu dengan kinerja Ac yang maksimal hal tersebut bisa diatasi dengan mudah. "Agar perjalanan menjadi lebih nyaman, lebih baik periksa kondisi AC terlebih dahulu." Tutup Indra.

>>> Klik di sini jika anda berniat membeli Mobil bekas Toyota

Abdul Kosim
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • 3 Hal Saat Mengemudi Mobil Bagi Ibu Hamil Yang Perlu Diperhatikan

    3 Hal Saat Mengemudi Mobil Bagi Ibu Hamil Yang Perlu Diperhatikan

    Abdul

    Mengendarai Mobil memang bukan perkara yang sulit apabila sudah terbiasa. Namun bagi ibu hamil mungkin ini bisa jadi pikiran, apakah boleh atau tidak. Pada standar keamanan dalam mengemudi Mobil, sebenarnya tidak jauh berbeda antara ibu hamil dan tidak. Akan tetapi saat mengandung tentu ada rasa kekhawatiran jika harus mengemudi Mobil. Lantas sebenarnya boleh tidak sih mengemudi Mobil bagi ibu hamil?

  • Beberapa Teknik Parkir Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Beberapa Teknik Parkir Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Abdul

    Dalam mengemudi Mobil dituntut supaya mahir dalam mengendalikannya dalam segala situasi. Dengan begitu akan tercipta rasa nyaman saat berkendara, baik bagi diri sendiri dan pengendara lain. Begitu juga teknik parkir Mobil yang perlu diketahui, supaya dapat menempatkan kendaraan dengan baik dan aman. Mengingat saat parkir kadang berada di tempat yang sempit karena penuh.

  • Beberapa Tips Berkendara Yang Aman Di Jalan Perlu Diperhatikan

    Beberapa Tips Berkendara Yang Aman Di Jalan Perlu Diperhatikan

    Abdul

    Berkendara menggunakan Mobil memang menyenangkan dan nyaman. Namun jangan sampai lupa untuk berkendara yang aman di jalan. Apalagi di jaman sekarang banyak kendaraan yang berada di jalanan, sehingga memerlukan daya konsentrasi dan kewaspadaan tinggi ketika berkendara.